Al Quran Dalam Dunia Teknik Kimia atau Teknik Kimia Dalam Al Quran


Teknik Kimia adalah salah satu ilmu teknik yang sangat erat kaitannya dengan dunia industri kimia di seluruh dunia. Di sini kami belajar berbagai macam proses kimia yang biasa digunakan dalam industri kimia. Kurikulum yang dirancang juga mengarah pada pembentukan kemampuan setiap mahasiswanya dalam perancangan pabrik kimia dimulai dari input, proses, sampai pada penentuan output.

Adapun pernyataan secara tersurat dalam Al Quran tentang dunia teknik kimia mungkin belum saya temukan. Pernyataan-pernyataan tersebut hanya diperoleh secara tersirat saja.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kimia adalah central of science, dan dunia teknik kimia adalah dunia di mana central of science tersebut dapat teraplikasikan dalam skala besar untuk kesejahteraan umat di dunia.

Dunia teknik kimia menjadi sebuah dunia yang mempunyai peran vital bagi kehidupan umat manusia di muka bumi. Hampir seluruh produk yang kita gunakan merupakan produk hasil rekayasa teknik kimia baik secara sederhana maupun secara kompleks. Misalnya kain yang kita gunakan adalah hasil polimerisasi baik secara alami maupun secara sintetis dari monomer-monomer senyawa kimia tertentu. Demikian pula dengan gelas yang kita pakai adalah salah satu contoh produk. Dan yang sangat sering kita dengar akhir-akhir ini yaitu tentang salah satu sumber energi alternatif yang disebut biodiesel. Bahkan bahan bakar sebelum biodiesel yang sering kita pakai juga seperti minyak tanah, bensin, gas, dan lainnya  merupakan hasil pengolahan bahan berbasis ilmu kimia tentunya dalam skala besar..

Beberapa ayat yang menyatakan proses teknik kimia misalnya dalam pengolahan besi dan pakaian yang terjemahnya adalah sebagai berikut

“Berilah Aku potongan-potongan besi”. hingga apabila besi itu Telah sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu, berkatalah Dzulkarnain: “Tiuplah (api itu)”. hingga apabila besi itu sudah menjadi (merah seperti) api, diapun berkata: “Berilah Aku tembaga (yang mendidih) agar Aku kutuangkan ke atas besi panas itu”. (QS. Al Kahfi ayat 96)

“Sesungguhnya kami Telah mengutus rasul-rasul kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan Telah kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. dan kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa. (QS. Al Hadiid ayat 25)

“Dan Sesungguhnya Telah kami berikan kepada Daud kurnia dari kami. (Kami berfirman): “Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud”, dan kami Telah melunakkan besi untuknya, (QS Sabaa ayat 10)

“Dan Allah menjadikan bagimu tempat bernaung dari apa yang Telah dia ciptakan, dan dia jadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan dia jadikan bagimu Pakaian yang memeliharamu dari panas dan Pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikianlah Allah menyempurnakan nikmat-Nya atasmu agar kamu berserah diri (kepada-Nya). (QS An Nahl ayat 81)

Ayat-ayat Al Quran di atas menyatakan betapa Allah mengatur hal-hal sedemikian rupa sampai besi pun Allah tundukkan untuk kepentingan umat manusia. Proses pengolahan besi itu dibahas cukup detil dalam teknik kimia, misalnya bagaimana besi diperoleh dari batuan dan bijihnya smpai dapat digunakan untuk reaktor-reaktor skala besar dalam produksi senyawa-senyawa kimia lain yang dibutuhkan.

Ayat berikut ini adalah ayat-ayat yang erat kaitannya dengan aliran fluida yang kami pelajari:

19.  Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya Kemudian bertemu,

20.  Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing (QS Ar Rahman 19-20)

Bahwa pada saat kepolaran dua buah fluida berbeda satu sama lainnya, maka kedua fluida tersebut tidak akan bersatu melainkan menjadi 2 fasa seperti yang disebutkan pada ayat di atas antara air laut dan air tawar pada muara bertemu.

Adapula ayat yang menceritakan kemahatahuan Allah SWT bahkan terhadap sebuah atom sekalipun

” Kamu tidak berada dalam suatu keadaan dan tidak membaca suatu ayat dari Al Quran dan kamu tidak mengerjakan suatu pekerjaan, melainkan kami menjadi saksi atasmu di waktu kamu melakukannya. tidak luput dari pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar zarrah (atom) di bumi ataupun di langit. tidak ada yang lebih kecil dan tidak (pula) yang lebih besar dari itu, melainkan (semua tercatat) dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh). (QS Yunus ayat 61)

Selama ini, yang menguasai ilmu-ilmu vital seperti ini kebanyakan adalah orang-orang yang berasal dari golongan non-muslim bahkan yang memusuhi Islam dan menjadikan keilmuannya sebagai senjata untuk menghancurkan Islam secara langsung maupun tidak langsung. Sehingga menjadi wajib bagi sebagian umat muslim menguasai dan berhasil memaksimalkan kemampuan teknik kimia untuk kemaslahatan umat dalam rangka mencapai Islam sebagai rahmatan lil’alamin. Karena pada dasarnya ilmu-ilmu teknik kimia tersirat juga dalam Al Quran, petunjuk yang Allah berikan untuk kita. Hal ini disampaikan oleh firman Allah SWT berikut ini :

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.(QS. Annisa ayat 9 )

“Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan). (QS Al Anfal ayat 60)

Kekuatan pemikiran manusia begitu luar biasa. Bumi dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dapat diolah sedemikian rupa sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan umat manusia itu sendiri. Teknik kimia menjadi salah satu pilihan bagi umat Islam agar dapat menunjukkan keeksistensian sebagai rahmatan lil’alamin tersebut.

Sebagai seorang mahasiswa teknik kimia, saya tentu harus dapat menginternalisasikan Al Quran dalam dunia keprofesian saya. Karena semakin dalam ilmu teknik kimia saya pelajari maka seharusnya keimanan saya semakin bertambah karena semakin paham tentang ilmu-ilmu yang bisa membawa kesejahteraan bagi Umat Islam dan semakin takjub atas Keagungan Allah yang memperhatikan manusia sampai kepada hal yang kecil sekalipun.

Bahwa Allah sudah mengatur semuanya dalam Al Quran  memang dapat dirasakan sendiri. Petunjuk Allah kepada seluruh umat manusia memang bisa kita temukan asalkan kita mau menggali, memahami Al Quran serta mau mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Manusia terbaik adalah manusia yang paling berguna untuk orang lain, dan salah satu amalan yang tidak akan pernah hilang meskipun kita sudah berada dalam kubur adalah ilmu yang bermanfaat. Dan teknik kimia adalah salah satu pilihan tepat bagi umat Muslim yang ingin bermanfaat bagi orang lain dan mendapat keberkahan ilmu atas kemanfaatan yang dirasakan oleh umat manusia. Semoga kaum muslimin berjaya di tangan kita….

About iinparlina

Seorang Insan manusia yang diciptakan Allah dengan segala kekurangan dan kelebihannya, yang mencoba menjadi seorang yang dicintaiNya, dan salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menulis, membagi sedikit sekali ilmu yang dimilikinya. Meskipun sedikit, dia berharap dari yang sedikit itu, ilmu itu bisa bermanfaat untuk orang lain sebagaimana dia pun membutuhkan Ilmu untuk membuatnya bisa menjejakan kakinya di surga.

Posted on June 30, 2009, in teknik kimia.... and tagged , , , . Bookmark the permalink. 24 Comments.

  1. Salam kenal dari pertanyaan.com, sebuah media tanya jawab online, kamu bisa bertanya berbagai macam hal dan berbagi ilmu disini, dan aq rasa tidak ada ruginya bagi kamu untuk memberi blogroll buat penyebaran web ini … Thanks and yuk berbagi ilmu disini

  2. syukron jiddan.
    semakin menambah keyakinan saya pada Islam.

  3. Teknik Kimia !!!

    semoga dengan artikel ini sya jd bisa menikmati TK

  4. lam kenal yah.
    saya lagi mau mengambil jurusan teknik kimia..
    susah ngga sih..?
    mohon dijawab ya?

    • susah tidak susah itu realtif, karena bgantung sama kekuatan ikhtiar kita untuk mnguasainya..namun kalo dilihat dari pasiing grade,, lumayan tinggi sih,,ya dicoba saja,teknik kimia adalah salah satu bidang strategis yang mnguasai hajat hidup orang banyak,,

  5. tx bt infonya.smg sy bs mem-presentasikan dg baik.so,org bs lbh yakin dg al quran.

  6. Muhfidlatulqira'ati

    Assalamu’alaikum wr.wb…

    Jazakillah..Karya mba menggugah semangat,,
    Semakn menambah wawasan sya ttg Ilmu Teknik Kimia,serta mengasah naluri utk menggali Al Qur’an & Teknik Kimia.ternyta ilmu teknik kimia istimewa..Hmm,,mba,untuk seorang perempuan dlm tek.kimia,lebih tepat di bdang prospek pekerjaan yang seperti apa saja ?.Dlm mmplajari ilmu Teknik Kimia,prnahkh kesulitan mmpelajarinya mengalahkn smangat mba untuk tetap menekuninya,?.jzakillah.

  7. assalamualaikum ww. salam kenal semua. aku tamatan D3 teknik kimia 07 di atip. Tp aku kesulitan mengaplikasikan ilmunya, bìsa di bantu g? aku jg ingin berguna buat muslim lainnya.

    • wa’alaykumussalaam warrahmatullah, sebenarnya dunia aplikasi keteknikkimiaan sangat terbuka luas, mulai dari berwirausaha sendiri (technopreneur) hingga bekerja di industri, BUMN, lembaga pemerintah, atau bahkan di luar negeri. dicoba aja dicari dulu passionnya ke mana lalu didalami, insyaallah bidang keahlian apapun yang ada di teknik kimia akan berguna untuk umat

  8. aku mau nanya dong,,
    kalo tentang reaksi endoterm dan eksoterm itu ayat al-qur’an surat apa ayat berapa? makasih

    • Waah.. spesifik sekali yaa.. tapi punten, belum pernah nemu ayatnya di AlQuran secara spesifik yang menyebutkan adanya reaksi eksoterm atau endoterm..
      coba aja ditelusuri ayat2nya siapa tahu ada,,

  9. Menambah pengetahuan saya, dan menambah keimanan saya. Thanks ya.

  10. thanks for info :)

  11. mau tanya, wanita di teknik kimia itu bagaimana setelah lulus, apakah saingan dengan pria atau sudah ada porsinya masing2? trims

    • pada dasarnya prsaingan wanita dan pria terletak pada kualitas diri masing-masing. yang jelas, ketika seorang wanita berprestasi dia bisa mencapai posisi yang juga penting. kalau di bidang teknik kimia sendiri yang saya tahu, sebenarnya bergantung pada pilihan wanita itu sndiri. misalnya teman2 saya atau kakak2 angkatan saya banyak yang bekerja di Pertamina, Total EP, dan perusahaan off shore lainnya. cuma ya namanya juga di lapangan, kadang kalau tidak kuat ya collapse juga. ada juga wanita2 lulusan TK yang memilih membuka usaha teknopreuneur, menjadi pegawai negeri, meneruskan kuliah, atau menjadi peneliti.

  12. safwat ardy, ST

    menarik sekali. sebagai seorang sarjana teknik kimia muslim, saya cukup senang membaca artikel ini, dimana dikaitkan antara ilmu teknik kimia dengan ayat-ayat Al-Qur’an. syukran jazakumullah kpd penulis…^^

    • waiyyakum , semoga tulisan ini bisa memperkuat keyakinan dan menambah semangat untuk meningkatkan kinerja dan kontribusi di dunia untuk kemaslahatan umat, yang benar datang dari Allah dan yang salah, semata-mata adalah kekurangan saya pribadi

  13. Izin share boleh ga mba ? Mau bagi ilmu ke temen-temen yg lain :)

  14. ijin share ya mbak :D jazzakumulloh khoiron katsiro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 94 other followers

%d bloggers like this: