Buka Rahasia: Arti Palestina Bagi Saya

Ada 2 topik tulisan yang saat ini menggema di kepala dan menuntut untuk dituliskan. Kedua topic tersebut adalah topic tentang Palestina dan Ramadhan di Kansas. Namun topic tentang Palestina yang menang. Rasa-rasanya urgensi menulis tentang ini bisa sedikit banyak membantu pertambahan keimanan si saya.. mumpung masih Ramadhan.. biar bisa jadi pengingat untuk tetap terus berjuang di manapun berada, termasuk juga di sini.. di tanah Paman Sam, Negara pertama yang saya jajaki cukup lama…(tapi cerita yang ini mah nanti dulu ya..)

Palestinian_flag_by_AlHurriya

Palestina, apa yang special darinya? Jika dijelaskan satu-satu di sini ga akan muat tempat ma waktu. Terlebih lagi ada banyak buku yang bisa dengan lebih komprehensif membahas Palestina.. misalnya buku Palestine Emang Gue Pikirin yang diterbitkan Proyou Media. Buku ini memiliki arti yang sangat sangat sangat signifikan dalam perubahan hidup saya.

Saya tahu Negara Palestina sejak kecil. Sejak TK tepatnya, inget isra miraj kan ya?. Hehhehe.. tapi eksistensi Negara Palestina sejati, bagi saya baru muncul ketika saya menginjakan kaki di kampus ITB tercinta. Kala dengan takdir Allah ketemu dengan teh Yeti, Teh Icha, Teh Linda,.. dan bergabung di Mata.. dan dengan bangga saya katakan bahwa Demonstrasi pertama yang saya lakukan juga adalah Demo tahun 2006 untuk rakyat Palestina. Artinya apa? Ini Negara Israel emang tidak ada henti-hentinya melakukan upaya penaklukan Masjid Al Aqsa.

Tahun 2005, saya bergabung dengan Mata. Bakat saya di rohis yang mulai terasah sejak SMU kelas 3 akhirnya merasa menemukan jalan. Mulai deh lebih sering baca buku Islam. Dua buku yang pertama kali mengawali langkah tersebut adalah buku “Palestine Emang Gue Pikirin” dan buku “Agar Bidadari Cemburu Padamu”. Keduanya adalah buku terbitan Proyou Media, Jogjakarta, yang saat ini juga masih menempati posisi pertama untuk buku2 langganan si saya.

Dari Buku itu saya kemudian menyadari banyak hal, mulai dari posisi saya sebagai salah satu umat muslim, mulai dari arti dakwah dan perjuangan, bagaimana kekuatan iman bisa mengalahkan kelumpuhan seperti yang terjadi pada Syekh Ahmad Yassin, atau bagaiamana saat itu dulu ingin sekali si saya bergabung dengan barisan barigade Izzudin Al Qassam. Kesadaran ini didukung oleh assisstansi dari kedua teteh tersayang saya, juga pembinaan yang saya terima di Mata, mulai dari Liqa Akhawat, DPAA, DPKD, hingga DPAL. Pembinaan dukungan lain saya dapatkan dari pembinaan kader muda Gamais, dan Gamistek.

Sejak bergabungnya saya di Mata Salman, kecintaan terhadap Negara ini mulai tumbuh dan tumbuh. Masih kuat di ingatan saya dalam simulasi DPAL di Tasikmalaya pada tahun 2006 (akhir tingkat 1 di ITB), ketika dilakukan simulasi muhasabah pre qiyamul lail sebagai I’dad untuk outbond hari itu, seorang Iin Parlina dengan gerakan reflex memanggul tas dan bermaksud pergi ke Negara tersebut.. rasa-rasanya emosi saat itu bahkan masih saya rasakan hingga sekarang, meskipun sangat saya sadari bahwa level keimanan saat ini dan saat itu cukup berbeda. (tapi efek nulis ini mudah2an minimal ningkatin lagi semangatnya lah). Kecintaan terhadap Palestina bertambah dan bertambah dengan masuknya asupan asupan materi dan video yang sering diputarkan teh Icha. Takdir Allah.. itu yang saya yakini… yang kemudian menjajarkan Palestina sebagai Negara kedua yang saya cintai setelah Indonesia.. bahkan hingga sekarang.. saya suka Belanda, saya sangat suka Jerman, saya suka Bangladesh dan Malaysia, tapi tak ada yang bisa menggantikan posisi Palestina.. tak ada..

Jadi ketika jihad qital pecah lagi di bumi Gaza di Ramadhan tahun ini, rasanya emosi-emosi yang tertanam dalam kepala dahulu meluap kembali, menghempaskan segala memori yang ada ketika pembinaan menjadi bagian yang tak bisa dilepaskan dari dalam diri saya, meskipun saya sadari bahwa saya tak lagi saya yang dulu..

Bagi saya, Palestina menjadi sebuah sumber kekuatan di mana keimanan bisa menjelma menjadi ruhul istijabah dan militansi yang menggema dan membahana ke bumi cakrawala.. Yang saya tahu hingga kini adalah bahwa impian kematian syahid bagi para pejuang Palestina adalah sebuah semangat tak terkalahkan yang membuat mereka tegar dan menjadi bara api semangat bagi hamba2 Allah yang mampu menangkap sinyal2 semangat itu. Syahid adalah yang diinginkan oleh mereka. Tapi kata perjuangan untuk melawan tirani Negara Israel yang tetap harus dilakukan untuk menjaga kesucian bumi Allah.. Al Quds. Ah saya ingat ketika harus berlari-lari bersama akhawat dan ikhwan lainnya di Bandung, meneriakan Allahu Akbar dan meneriakan semangat-semangat perjuangan yang terinspirasi dari negeri para anbiya tersebut.. menjadi segar ingatan ini ketika saya seroang mahasiswa baru ITB yang saat itu belum lama mengenyam pendidikan di kampus, punya keberanian untuk turun ke jalan..

Sungguh mudah bagi Allah untuk memenangkan perjuangan rakyat dan tentara Palestina. Karena tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah.. tapi dengan dibukanya tabir perjuangan mereka terhadap mata-mata manusia lainnya, adalah sebuah maksud yang bisa seharusnya dipahami.. lagipula,.di sana terlihat, mana yang benar2 berjuang karena Allah.. ah, si saya juga gabisa melakukan banyak hal. Hanya modal selemah2 iman yang terwujud dalam doa2.. saya tahu saya pun tidak sempurna, saya pun menyadari bahwa kondisi keimanan saya juga tidak seperti masa lalu.. saya hari ini harus lebih banyak mengandalkan kekuatan pembinaan diri sendiri.. ketika tak bisa menoleh ke sana kemari.. hanya mengandalkan ikatan hati.. tapi Palestina adalah Palestina.. dan itu cukup bagi saya untuk mengingat semuanya… saatnya kembali menegakan bahu dan mengencangkan ikat pinggang seraya tak berhenti melantunkan doa.

Menu saur dan buka… (pantesan orang amerika ndut ndut)

image

Menu sahur

image

Menu buka

The Creation of Mom and Me

20140621_152817

Cilok Goreng ^_^ buatan si saya yang dimodif dari Cilok buatan Mommy ^_^

The Creation of Mom and Me

tau Cilok? I am one of the loyal fans of Cilok.
and Mom always facilitates me to cook cilok in our own home.
Yesterday, I modified my mom’s creation by using frying and make it Cilreng (Not Cireng yaaa)
It was cilok with the egg. I get this inspiration from Bandung hehehhe.. the most comfortable place for culinary. ^__^

Produk seblak si sayah hehehe

image

image

image

If You Don’t Like Drinking Milk ^_^

image

image

image

image

Kredibilitas Sumber Berita Online

iinparlina:

ini yang saya maksud dari tulisan sebelumnya

Originally posted on Padepokan Budi Rahardjo:

Kualitas dari sebuah karya ilmiah (makalah, artikel, atau tulisan secara umum) bergantung kepada referensi yang digunakan. Salah satu cara yang lazim digunakan oleh reviewer adalah melihat daftar referensinya. Jika referensinya dari sumber-sumber yang terpercaya dan pakar di bidangnya, maka karya ilmiah tersebut memiliki potensi untuk mendapat nilai baik. Jika sumbernya tidak terpercaya, lemah, meragukan, atau tidak dapat ditelusuri kebenarannya maka karya ilmiah tersebut diragukan untuk mendapat penilaian yang baik.

Salah satu masalah yang dihadapi saat ini adalah kredibilitas dari sumber online. Banyak jurnal dan bahkan institusi pendidikan yang tidak memperkenankan mahasiswa menggunakan Wikipedia sebagai sumber rujukan. Bahkan dapat digeneralisir, penggunaan sumber online tidak disarankan. (Frowned upon.) Salah satu alasan yang digunakan adalah ketidakjelasan orang (sumber) yang mengisi data di Wikipedia. Hal berikutnya adalah sumber di Wikipedia sering berubah. Akan menjadi masalah jika pada saat ini fakta yang ditulis adalah A dan kemudian pada saat yang lain faktanya adalag…

View original 185 more words

Cuma pendapat pribadi

ini pendapat pribadi dan bisa diabaikan, dan ini juga mungkin tanda dangkalnya kepahaman saya tentang politik indonesia. 

Tapi sungguh, saya sangat mengharapkan isi timeline saya dipenuhi pembicaraan kebaikan2 yang bisa membangkitkan optimisme terhadap kebangkitan Indonesia dan bukan sebaliknya. Saya sangat mengharapkan media2 yang dicuplik dan dishare adalah buah2 pikiran para pemuda bangsa Indonesia yang mampu membandingkan kedua kubu secara komprehensif namun positif.. maksudnya yang dibahas adalah visi misi ke depan, dibahas ampe detail bagaimana pendanaan riset, target ekonomi, prioritas kebijakan, pembangunan infrastruktur, komoditas ekspor, peningkatan kesehatan, dan lain sebagainya.. sehingga rakyat bisa diajak berpikir secara kritis tentang bagaimana membangun Indonesia ke depannya siapapun presiden yang ditakdirkan untuk Indonesia. (karena kita hanya mampu berikhtiar tapi Allah Yang Maha Berkehendak menentukan semua yang terjadi termasuk milihin presiden)
Saya menyaksikan saat ini ketika tulisan2 yang bertebaran di dunia maya menjadi piranti-piranti yang dijadikan rujukan, terlepas terbuktinya kebenaran dari tulisan2 tersebut. Semoga kita yang ga sengaja baca atau memang meniatkan baca diberikan kejernihan hati untuk bisa membedakan mana yang benar dan mana yang bohong. Dibukakan hati dan pikiran untuk menerima materi bacaan tersebut dan bisa secara komprehensif menyeleksi informasi2 yang ada menjadi asupan fikriyah kita. 

Bukan berarti saya menolak kebenaran (meskipun isinya pahit, karena manusia manapun ga ada yang lepas dari kekurangan). Tapi sungguh dampak hanya melihat judul2 link, kepala saya lebih kena energi negatifnya dibanding yang positifnya (sekali lagi ini mah saya nya aja yang ga bener), 

Mari kita sama2 berdoa dalam shalat2 kita semoga Allah memberikan kejernihan hati kepada kedua capres beserta rengrengannya, memberikan mereka kekuatan untuk bekerja secara ikhlas untuk membangun bangsa dan bermaslahat untuk orang banyak, memberikan mereka kekukuhan iman karena kesadaran bahwa amanah menjadi pemimpin adalah amanah yang sangat besar dan pertanggungjawabannya di akhirat juga sangat besar..

Laporan singkat studi banding teknologi ke Malaysia Palm Oil Board (MPOB)

Setelah melakukan kunjungan lapangan dan diskusi terkait dengan stakeholder mengenai perkembangan dan pengembangan teknologi konversi limbah biomassa batang kelapa sawit dan berbagai jenis limbah biomassa yang dihasilkan dari perkebunan dan industry kelapa sawit, diperlukan suatu studi banding komprehensif dengan lembaga yang muncul dalam diskusi tersebut yang selama ini dijadikan referensi tidak hanya dalam teknologi melainkan juga dari segi kelembagaan dalam perkelapasawitan di Indonesia. Lembaga tersebut adalah MPOB atau Malaysia Palm Oil Board atau Lembaga Sawit Malaysia.

MPOB adalah lembaga resmi pemerintah di bawah kementerian Perusahaan Perladangan dan Komoditi Malaysia yang memiliki kewenangan penuh mengenai perkelapasawitan secara kebijakan maupun teknologi. Lembaga ini memiliki beberapa divisi teknologi, salah satunya adalah divisi teknologi biomassa yang memiliki tugas untuk mengkaji teknologi konversi biomassa kelapa sawit menjadi produk-produk unggulan yang tidak hanya diharapkan dapat mengurangi beban lingkungan akibat limbah melainkan juga meningkatkan keuntungan ekonomi yang bisa diperoleh dari implementasi teknologi pada produk limbah tersebut. Hal ini bisa meningkatkan motivasi perusahaan untuk pengelolaan limbah yang berbasis keuntungan.

Pada dasarnya MPOB telah memiliki berbagai teknologi konversi limbah yang kini statusnya sudah banyak yang masuk ke dalam proses komersialisasi, misalnya produk medium Density Fireboard (MDF), kayu lapis, kayu kelapa sawit, komposit, dan lain sebagainya. Sebagai lembaga penelitian yang dianggap sangat maju, MPOB memang memiliki banyak kelebihan yang pembelajarannya dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing perkelapasawitan Indonesia khususnya di bidang konversi limbah biomassa. 

Hutang tulisan

Si saya teh punya banyak banget hutang tulisan, hehehhe.. mulai dari tulisan tentang Bangladesh yang sampe sekarang ga kelar2 hehhe.. juga hutang tulisan nadzar kalo saya dapet loa tanpa shortfall buat bikin tulisan tentang fulbright di sini.. belum lagi mau bikin yulisan tentang pendapat saya yang tiba2 muncul tentang anime jepang dan pengaruhnya pada pendidikan.. juga tentang pengalaman pertama berurusan ma dokumen pribadi buat si dokumen kuning wkwk

Eh, dan sekarang malah bikin akun kompasiana hehehehehe

Mari kita liat bagaiman kaki ini akan melangkah, dan bagaimana tangan ini akan bergerak..

until i can’t count anymore

it has been so long..
so long that i can’t count anymore
but the feeling is still same, when i see the silhouette of yours
and the memories are still there
they stay strongly in the the deepest of my unconscious mind
and it is because your smiles never change
although the pathway is different
Let fate embraces us strongly.. and let us meet once again
if not in dunya, perhaps in the afterlife 
But still i gently expect that Allah will let us..and I know He will…

hey you.. 
just be the way you are..
because that way that i have known you
and that why you can inspire me for these loong.. so long until i can’t count anymore

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 104 other followers