Avtur

Avtur adalah salah satu jenis bahan bakar berbasis minyak bumi yang berwarna bening hingga kekuning-kuningan, memiliki rentang titik didih antara 145 hingga 300oC, dan digunakan sebagai bakar pesawat terbang. Secara umum, avtur memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan bahan bakar yang digunakan untuk pemakaian yang kurang ‘genting’ seperti pemanasan atau transportasi darat. Avtur biasanya mengandung zat aditif tertentu untuk mengurangi resiko terjadinya pembekuan atau ledakan akibat temperatur tinggi serta sifat-sifat lainnya.

Avtur memiliki sifat yang menyerupai kerosin karena memiliki rentang panjang rantai C yang sama. Komponen-komponen kerosin dan avtur terutama adalah senyawa-senyawa hidrokarbon parafinik (CnH2n+2) dan  monoolefinik (CnH2n) atau naftenik (sikloalkan, CnH2n) dalam rentang C10 – C15. Sifat ini dipilih karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan bahan bakar jenis lain. Contohnya adalah volatilitas; dibandingkan dengan bensin, avtur memiliki volatilitas yang lebih kecil sehingga mengurangi kemungkinan kehilangan bahan bakar dalam jumlah besar akibat penguapan pada ketinggian penerbangan. Hal lain yang menguntungkan dari avtur adalah kandungan energi per volumnya lebih tinggi dibandingkan dengan bensin sehingga mampu memberikan energi bagi pesawat untuk penerbangan jarak yang lebih jauh.

Avtur sebagai bahan bakar pesawat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu yang berbasis bahan mirip kerosin (Jet A dan Jet A1) dan yang berbasis campuran nafta-kerosin (Jet B). Tabel 2.1. menampilkan spesifikasi persyaratan mutu jenis-jenis avtur tersebut menurut standar ASTM. Jet A1 adalah jenis avtur yang paling sering digunakan untuk bahan bakar pesawat di seluruh dunia karena memenuhi standar ASTM, standar spesifikasi Inggris DEF STAN 91-91, dan NATO Code F-35. Jet A adalah bahan bakar pesawat yang memiliki sifat yang sangat mirip dengan kerosin, diproduksi hanya untuk memenuhi standar ASTM sehingga umumnya hanya dapat ditemukan di kawasan Amerika Serikat. Jet B jarang digunakan karena sulit untuk ditangani (mudah meledak), dan  hanya digunakan pada daerah beriklim sangat dingin.

  1. Zuingli S Bandaso

    kalau ,mirip kerosin kenapa avtur bisa lebih mahal ya harganya?

    • pertama karena penggunaannya untuk pesawat jet,
      kedua karena persyaratan avtur lebih ketat daripada kerosin
      ketiga, karena derajat fraksionasi avtur lebih tinggi dari pada kerosin

  2. kaka, maaf sebelumnya.. boleh ga tau sumber nya dari mana?? Trus, pngen tanya, kira-kira cari sumber literatur tentang avtur di daerah jakarta dimana yah?? heee.. mksih sebelumnya..

    • sumbernya dari jurnal dan file ASTM dek. file ASTM saya dapat dari dosen pembimbing TA. Literatur avtur di Jakarta, hmmm di mana ya, gatau spesifiknya sih dek, mungkin bisa dicari di pertamina (selaku yang produksi avtur) atau di PT DI. kurang tahu, dulu saya cuma studi literatur aja dan lebih fokus ke bio-avtur nya daripada avtur itu sendiri

  3. mau tanya, untuk bio avtur bisa minta penjelasan rinci

    • penjelasan rinci sepeti apa yang ingin diketahui?
      sejauh ini informasi mengenai bioavtur telah banyak beredar di khazanah internet dan jurnal. saya pun mencari dari sumber sumber tersebut.

  4. maaf mau tanya, avtur memiliki oktan berapa ?

    • di standar ASTM 1655, tidak disebutkan persyaratan nilai angka oktan. karena avtur sendiri memang bukan bensin yang memang dipersyaratkan mengandung isooktan. Avtur memiliki sifat yang menyerupai kerosin karena memiliki rentang panjang rantai C yang sama. Komponen-komponen kerosin dan avtur terutama adalah senyawa-senyawa hidrokarbon parafinik (CnH2n+2) dan monoolefinik (CnH2n) atau naftenik (sikloalkan, CnH2n) dalam rentang C10 – C15.
      yang lebih penting dari persyaratan avtur sepert yang diperlihatkan di tabel dari ASTM 1655.

      Demikian yang bisa saya jawab

  5. saya pernah magang di pertamina, terus saya pernah bikin kesimpulan kalau avtur bisa didapatkan dari proses pengubahan senyawa sulfida pada merkaptan yang korosif menjadi disulfida yang tidak korosif menggunakan katalis tertentu. tapi dosen penguji saya nggak setuju dan minta perbaikan. padahal dari orang pertamina sendiri pernyataan ini keluar. kalau penelitian kakak waktu itu sampai mana ya kak? makasih sebelumnya..

    • Pada dasarnya reaksi kimia ditujukan untuk menggapai senyawa final kan ya ^_^. Punya saya, cracking asam risinoleat, asam linoleat dengan menggunakan proses pirolisis dan ozonolisis. kalau teman saya yang lain pake hidrogenasi asam lemak dalam minyak sukun yang memiliki gugus terpen dan seskuiterpen.
      Jadi mungkin tidak mustahil mengubah senyawa sulfida pada merkaptan yang korosif menjadi disulfida yang tidak korosif seperti yang adek sebutkan. cuma mungkin penjelasan kimiawi nya yang ditunggu oleh bapak dosen ^_^. Kalau memang berminat di dunia avtur, digali saja terus, dibuktikan kalau proses itu memang bisa. Tapi maaf, saya sendiri tidak mendalami sampai ke proses pengubahan senyawa merkaptan ^_^ berhubung dunia saya dunia kemurgi dan biomassa..

      Semangat dan salam kenal
      Iin

  6. kenyataannya di kilang emang kaya gitu sih kak…hmmm, sebenarnya sudah saya jelaskan ke beliau kalau pengubahan ini menggunakan proses oksidasi. berarti apakah perlu dijelaskan secara rinci prosesnya? tapi yang kakak buat itu hasil akhirnya avtur juga ya? berarti senyawa RSSR gitu kan kak?

    • yang saya produksi dari asam risinoleat butuh penelitian lebih lanjut terutama untuk pemrnian, dan operasi kondisi proses reaksi yang memang cenderung tidak stabil,
      tapi yang diperoleh dari asam lemak dari minyak kelapa (Medium Fame) via sintesis alam, menunjukan performa yang justru bagus. titik asapnya jauuh melebihi standar. dengan kategori titik asap yang dipenuhi, artinya parameter lain bisa diatasi (begitu kata dosen saya hehehehe).

      kalau buat meyakinkan pak dosen, selain sudah menunjukan hasil dari kilang. mungkin adek bisa mendukung statement dengan mengkaji jurnal yang pernah melakukan produksi avtur seperti proses yang adek sebutkan tadi. mungkin dari science direct atau springer link-atau kalau sulit bisa pake us-paten atau euro patent. zaman sekarang insyaallah dipermudah kok. coba cek di google scholar deh

      ^_^

  7. askum wr wb ….
    kak mau nanya kalo LHV (Lower Heating Value) nilainya brp ya??? untuk bahan skripsi ruang bakar pada turbojet kak …

    • wa’alaykumussalaam warrahmatullahi wabarakatuh

      wah punten, saya ga nyari data LHVnya dek. coba aja cek cek di jurnal science direct, springer link dan teman2nya. moga sukses ^_^

  8. bang..mau tanya.,. tau gak perkembangan avtur dr pertma digunakan ampe skrg,..aq pusing bang nyari di buku ruwet,.. aduuhhh,.. nhon bantuan’a ya…

    • kayaknya jelas deh di blognya kalo gender saya F alias Female bukan M (male).
      dan mohon maaf, tidak mngkaji perkembangan avtur. mungkin bisa dicari di referensi yang lain

  9. sifat benda avtur apa ya

  10. saya belum pernah mendengar kenaikan harga avtur apakah ini benar?
    atau hanya angan-angan saya saja?

    • sama saya juga belum pernah dengar harga avtur naik. hehehe.. hal ini dikarenakan penggunaan avtur bukan untuk masyarakat, sehingga popularitasnya tidak se-tenar bensin dan solar. biaya2 ini saya yakin diketahui oleh maskapai tentunya, heheh.. jadi kemungkinan kenaikan itu ada hanya saja kita masyarakat awam tidak tahu. lagipula, setahu saya avtur dari dulunya udah mahal

      • berarti, harga BBM hanya untuk keperluan bisnis dan ketenaran dong …
        kunjugi juga web saya, di toko online nya ada banyak barang yang tidak dijual di indonesia, http://www.spansa.net :D

      • ga juga. terlalu sederhana jika dikatakan seperti itu. saya bukan ekonom yang bisa menyatakan dari mana angka harga penetapan BBM. tapi dari kaca mata teknik kimia yang mngkin sedikit ngeh dengan proses fraksionasi dll, memang pada dasarnya harga perolehan BBM sebenarnya memang mahal, tapi kan di Indonesia ada subsidi, makanya jadi murah ^_^

  11. Ismie Nurhiqmah

    selamat sore

    harga avtur sekarang kira2 berapa ya?

    • hehehe.. bisa cek mas google, mba ^_^
      setahu saya per april 2012 tahun lalu harganya 10rb/liter. awal 2013 malah 9rb. tapi gatau deh pastinya. mungkin biar lebih pasti ditanya ke pertamina aja. semangaat….

  12. salam kenal, saya boleh minta contoh atau gambar dri muatan avtur itu sendiri?
    terima kasih :)

  13. tolong infonya berat jenis aftur brp yach……..

  14. Mau nanya bisa menjelaskan tentang diagram alir dari avtur? makasih

  15. aq mw tnya harga avtur brapa ya… knapa kadarya bsa tnggi gtu… dn knapa avtur bsa jdi bhan bkar pesawat^

    by bayu

  16. sensor ketinggian level tangki pendam avtur , berapa ?

  17. thank’s atas informasinya sangat bmanfat skali bagi kami

  18. untuk limbah avtur sendri apakah karakteristik sifatnya sudah berubah atau belum ya?
    Untuk limbah avtur itu sndiri bagaimana y?
    Thanx.. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 104 other followers

%d bloggers like this: