about Enzim..


Karakteristik

Pengolahan sekunder merupakan proses degradasi senyawa organic dalam air  oleh organism menjadi senyawa gas sederhana. Jika degradasi berlangsung smpurna, tidak akan muncul garam inorganic, ion logam, dan mikroba.

Hamper setiap perubahan dalam pemrosesan senyawa organic yang dilakukan oleh mikroooganisme merupakan hasil dari enzim2 spesifik.

Apa itu enzim:

Enzim merupakan molekul protein yang memiliki fungsi untuk laju dari berbagai proses reaksi kimiawi dalam kehidupan berbagai organism. Enzim merupakan katalis organic yang dapat meningkatkan laju reaksi kimia berbagai proses yang penting dalam tubuh organism yang akan terbentuk kembali di akhir reaksi. Setiap reaksi kimia dalam tubuh memerlukan enzim khusus dan spesifik.

Apa yang dilakukan oleh enzim?

Enzim mengikat molekul reaktan (substrata tau limbah) dan membebaskannya dengan bentuk yang sudah berubah (sudah bereaksi, berupa produk, air, dan molekul gas sederhana) . enzim tidak menyebabkan suatu reaksi terjadi, melainkan hanya meningkatkan laju reaksinya.

Enzim dapat bekerja dengan mengkatalisis pemecahan substrat , memisahkannya, menjadii molekul yang lebih kecil, atau ikut serta  dalam molekul substrat dan membentuk molekul yang lebih besar. Substrat yang dimaksud dapat berupa karbohidrat, protein, maupun lemak.

Klasifikasi enzim berdasarkan lokasinya di dalam sel

Berdasarkan lokasi kerjanya, enzim diklasifikasikan menjadi dua kelas besar yaitu enzim yang bekerja di luar sel  dan enzim yang bekerja di dalam sel. Enzim yang bekerja di luar sel disekresikan oleh sel ke lingkungan.  Pada umumnya, terdapat enzim pencernaan

Bagaimana nutrisi dapat mencapai sel

Nutrisi merupakan bahan kimia yang dibutuhkan oleh sel untuk menunjang kehidupannya dan berkembang biak. Untuk memungkinkan sampainya nutrisi ke dalam sel, nutrisi harus terlebih dahulu larut dalam sejenis fluida yang mengelilingi sel. Beberapa nutrisi dapat melewati membrane sel dengan mengikuti gradient konsentrasi yaitu dari konsentrasi tinggi di luar sel menuju konsentrasi rendah di dalam sel. Beberapa nutrisi ditransportasikan dengan menggunakan enzim pembawa, beberapa ditransportasikan dengan menggunakan energi dan ada pula yang tanpa menggunakan energi.

Dari mana enzim datang

Sell organisme hidup mengandung cetak biru berupa gen2 yang dibutuhkan dalam setiap produksi enzim dengan menggunakan mekanisme tertentu. Cetak biru tersebut diproduksi dari bahan material yang disebut gen dan terbuat dari  asam deoksiribonukleat (DNA). Setiap enzim dibuat secara spesifik berdasarkan kode2 tertentu untuk enzim tertentu. Beberapa gen dapat diaktifkan dalam produksi enzim dalam berbagai kondisi, tapi ada pula yang hanya dapat aktif pada kondisi tertentu saja.

Sensitivitas terhadap perubahan lingkungan

Perubahan lingkungan dapat berpengaruh tidak hanya pada aktivitas enzim secara individu, tetapi juga jumlah dan tipe enzim yang dihasilkan sel. Faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi enzim  di antaranya adalah:temperatur, oksigen, keasaman atau kebasaan (pH) dan kehadiran atau ketidakhadiran logam dan garam-garaman.

About iinparlina

Seorang Insan manusia yang diciptakan Allah dengan segala kekurangan dan kelebihannya, yang mencoba menjadi seorang yang dicintaiNya, dan salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menulis, membagi sedikit sekali ilmu yang dimilikinya. Meskipun sedikit, dia berharap dari yang sedikit itu, ilmu itu bisa bermanfaat untuk orang lain sebagaimana dia pun membutuhkan Ilmu untuk membuatnya bisa menjejakan kakinya di surga.

Posted on June 12, 2009, in teknik kimia..... Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: