Karakteristik Bahan Bakar Ester Metil Asam Lemak Rantai Sedang


Karakteristik Bahan Bakar Ester Metil Asam Lemak Rantai Sedang

Kelompok B.78.3.40

Iin Parlina (13005105) dan Iqbal Sa Putra (13005113)

Pembimbing

Dr. Tatang Hernas Soerawidjadja

 

ABSTRAK

 

Biofuel dewasa ini tidak hanya digunakan dalam bahan bakar alat transportasi darat, tetapi juga digunakan dalam dunia penerbangan sebagai bahan bakar pesawat terbang jet. Berdasarkan informasi yang berasal dari Brazil yang mengembangkan teknologi tersebut, jet biofuel terbuat dari fraksi ester yang diperoleh dari minyak nabati pohon Babassu, yaitu sejenis pohon asli Brazil yang memiliki kekerabatan cukup dekat dengan kelapa dan kelapa sawit. Jika ditinjau dari persyaratan mutu avtur dan data fisik ester metil, ester yang terdapat pada jet biofuel tersebut diduga kuat adalah ester metil asam lemak rantai sedang. Ester metil asam lemak rantai sedang dapat diproduksi dari asam lemak yang disintesis melalui pirolisis dan ozonolisis minyak nabati berupa minyak kapok, dan minyak kastor yang merupakan minyak dari tumbuhan-tumbuhan yang terdapat di Indonesia.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengkonfirmasi informasi penggunaan ester metil asam lemak rantai sedang dalam jet biofuel dari Brazil tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan dengan cara melakukan uji titik asap ester metil yang diperoleh dari hasil esterifikasi asam lemak yang disintesis dengan pirolisis terhadap minyak kastor dan ozonolisis terhadap minyak kapok. Jika ternyata data titik asap ester metil asam lemak rantai sedang tersebut memiliki kesesuaian dengan data titik asap avtur, maka terbukti bahwa ester metil asam lemak rantai sedang memang merupakan komponen biofuel bagi pesawat terbang yang digunakan di luar negeri.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ester metil asam lemak rantai sedang yang berasal dari minyak nabati memiliki nilai titik asap lebih dari 43 mm (yang merupakan kemampuan maksimum instrumen pengukuran yang dipakai) padahal yang disyaratkan bakuan mutu hanya minimal 25 mm, namun rute sintesis pirolisis dan ozonolisis yang digunakan pada percobaan ini perlu dikaji lebih lanjut karena masih belum dapat menghasilkan produk sesuai dengan kriterium yang diharapkan.

 

Kata kunci: ester metil asam lemak rantai sedang, jet biofuel, titik asap

 

Advertisements

About iinparlina

Seorang Insan manusia yang diciptakan Allah dengan segala kekurangan dan kelebihannya, yang mencoba menjadi seorang yang dicintaiNya, dan salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menulis, membagi sedikit sekali ilmu yang dimilikinya. Meskipun sedikit, dia berharap dari yang sedikit itu, ilmu itu bisa bermanfaat untuk orang lain sebagaimana dia pun membutuhkan Ilmu untuk membuatnya bisa menjejakan kakinya di surga.

Posted on November 9, 2010, in teknik kimia..... Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: