kisah penutupan pembinaan Etos Bandung semester ganjil 2010


Penutupan Pembinaan Etos Bandung Semester Ganjil 2010

Pembinaan Etos Semester Ganjil direncanakan ketika dulu perancangan pembinaan semester ganjil akan diakhiri dan ditutup pada tanggal 25 Desember 2010. dan tak terasa waktu berlalu sedemikian cepatnya sehingga tanggal 25 Desember itu menjadi sesuatu yang di depan mata. Kami manajemen daerah segera merencanakan bentuk yang akan diselenggarakan pada acara penutupan ini. Terpikirlah beberapa bentuk acara misalnya direncanakan penutupan akan diadakan di Pangelengan dengan konsep acara yang fun, lalu muncul lagi ide akan menjalankan bentuk semacam acara amazing race di mana Etoser nantinya akan berputar berkeliling Bandung mengunjungi beberapa tempat di Bandung dan mengerjakan tugas yang diberikan. Namun karena beberapa kendala, akhirnya konsep yang ini pun tidak jadi dilakukan. Dan akhirnya rapat H-2 memutuskan bahwa konsep acara hanya akan bersifat fun. Lalu kami dibingungkan dengan pemilihan tempat,, ahh Maribaya kayanya udah pernah deh. Untungnya saat itu ingatanku berputar seketika mengingat satu tempat amazing yang pernah aku kunjungi awal Agustus lalu. Tempat yang memberikan kenangan yang cukup dalam tentang akhir amanahku sebagai pembina asrama Salman. Yang terpikir dalam benakku adalah keinginanku memberikan tempat terbaik yang kutahu untuk adik-adikku di Etos. Makanya dengan sekuat tenaga kuperjuangkan agar kami bisa menggunakan tempat tersebut untuk acara penutupan pembinaan semester ganjil tersebut. Akhirnya kuhubungi 2 orang yang dulu terlibat dalam peminjaman tempat Outbond Nurul Fikri Boarding School. Satu adalah patner kerjaku ketika di asrama Salman, dialah yang pertama kali memunculkan nama tempat ini, dan yang kedua adalah saudariku tersayang yang sekarang mengajar di sekolah tersebut. Keduanya memberikan informasi yang sangat berguna termasuk memberikan nomor kontak yang harus kuhubungi.

Akhirnya jadilah hari itu, dengan beberapa perencanaan acara yang kami buat, kami menginformasikan supaya semuanya bisa hadir sebelum pukul 7.00 di tempat janjian sebelum berangkat, namun musibah tak dapat diterka tak bisa dikira, asrama Ikhwan kemalingan tepat pada hari tersebut. Ketika mengetahui hal tersebut, kekawatiran muncul,, takut kalau-kalau ada yang terluka, kehilangan benda berharga atau hal2 buruk yang lainnya. Yang terpikir lagi saat itu adalah gmana acara bisa fun kalo sebagian dari kami dilanda kesedihan .. ahh.. smoga semuanya baik-baik saja.

Pukul 07.00 semua akhawat sudah siap di tempat, tapi cuma satu ikhwan saja yang muncul yang selidik punya selidik anak ini tidak menginap di asrama, so ga tahu menau tentang kejadian kemalingan yang terjadi di asramanya. Beberapa menit berlalu, satu per satu anak2 itu muncul, yang ada adalah interogasi tentang kejadian kemalingan. Dari informasi yang diperoleh, diketahui bahwa Etoser 2010, 2009, dan alumni Etoser yang jadi korban. Adapun barang yang jadi korban adalah hardisk, beberapa pasang sepatu bserta kaos kakinya, dan dompet beserta isinya.

Sekitar pukul 8 kami baru bisa berangkat. Target tempat kami adalah Nurul Fikri Boarding School, yang tidak ada satupun dari kami tahu letak persisnya kecuali aku. Perjalanan dengan angkot dihentikan di area wisata Maribaya, dilanjutkan dengan prosesi jalan kaki yang banyak menuai protes. Hehehe.. biar terjadi kebersamaan maksudnya mah, hehe, kan lumayan tuh perjalanan kaki selama satu jam bersama pasti ada hal-hal baru yang bisa diketahui dari saudara perjalanan kita. Aku sendiri, berhasil mendengarkan cerita 4 orang adek selama berjalan kaki tersebut. Dan yahh.. dasar bakat narsis semua memang,, perjalanan kami juga diwarnai acara foto-foto. Tapi emang view-nya memang bagus banget, jadi sayang buat dilewatkan.

Satu jam perjalanan dilalui dan sampailah kami di tempat yang kami tuju.. hehe benar saja mereka senang melihat kerennya tempat outbond tersebut. Dalam hati kuberkata, sayang ya.. kalo outbond ini tempat yang paling OK tapi di sini kami hanya numpang singgah sebenarnya ga pake fasilitas apa-apa..

Setelah sebelumnya berdiskusi dengan Pak Atep, yang menginformasikan bahwa sebenarnya tempat itu saat itu sedang digunakan rombongan dari Bekasi. Hmm,, hampir putus harapan-lah, karena beberapa tempat favorit yang view-nya benar-benar mantap juga sedang digunakan. Untunglah Sang Bapak berbaik hati, setelah mengontak Bapak yang lain akhirnya kami diperbolehkan menggunakan salah satu spot di belakang barak.. aku ingat betul, di sana adalah tempat pentas seni asrama salman dulu..kamilah yang dulu menjadi orang pertama yang menggunakan tempat itu. Dan kini, Etos menjadi orang kedua yang menggunakan tempat itu..sebuah panggung bambu yang dikelilingi dinding tebing yang kayanya biasa dipake panjat tebing.. sebenarnya agak kecewa sih, karena di balik tebing ini-lah tempat favoritku, cuman sayang ga punya kesempatan ke sana.. ahh,, mungkin di lain kesempatan..bagaimana pun Pak, terima kasih sudah mengizinkan kami di sini..

acara berikutnya adalah bercengkerama lalu bertukar kado. Ada yang menarik ketika acara tukar kado ini,, ada orang paling beruntung dan ada orang paling tidak beruntung.. haha siapakah mereka?? orang paling beruntung adalah Wawan, karena dengan modal paling kecil, Wawan mendapatkan hadiah paling bagus (versi anak2, karena bungkusnya yang sangat cantik dan niat yang bener2 sungguh2 dari orang yang mempunyai kado tersebut). Sementara orang yang paling tidak beruntung adalah sidik yang mendapat hadiah dari Wawan.. hihihi,,, kasihan kau dek,, (hehe tenang aja, beruntung ga beruntung kan di mata manusia, yang penting, di mata Allah-nya Ok!!!)

selanjutnya acara cerdas cermat,, buat tahu sejauh mana penguasaan materi halaqah, tahsin, dan tahfidz mereka. Lombanya aga sedikit kacau sebenarnya hehehe, tapi lumayan menghibur,,dan satu yang pasti tahsin, tahfidz, shirah, tafsir kami semua harus di-upgrade lagi…PR besar buat pembinaan semester besok..

hasilnya adalah juara satu timnya Mas Udhi.. hahahah wajar banget-laah kalo Mas Udhi yang menang,, hehe,, beliau kan paling senior, bahkan lebih senior dari aku,,

pukul 12.30 acara selesai, selanjutnya kami naik ke atas untuk menunaikan shalat Dhuhur dan menunaikan amanah dari cacing2 perut kami untuk segera diisi..setelah rehat sejenak karena kelelahan naik, dengan muka yang sedikit terbakar, kami menghadapkan jiwa raga kami mengharap ridha Sang Rabb..menjadikan shalat kami sebagai istirahat..tersungkur kami di peraduan akan kekerdilan jiwa kami yang penuh dengan dosa… ahh.. indaah..

dan tibalah saat yang dinanti-nanti,, haha apakah itu??? apalagi kalo bukan makan siang. Untungnya Sang Ibu pemilik warung baik banget menyediakan rumahnya sebagai tempat kami makan. Enak beut lah kayak makan ngeriung asyik. Suasana riuh ramai dengan bunyi adu sendok dengan piring plus candaan anak2 tentang apa aja yang bisa dijadikan sasaran bercanda..

setelah makan usai, kami belum beranjak, acara berikutnya adalah pengumuman Etoser Award 2010.. kategori2nya memang sengaja dibikin lucu, hadiahnya pigura plus piagam yang ada tanda tangan kami bertiga (aku, tgan, nur). Adapun para peraih penghargaan itu adalah:

Etoser terkocak: Kiki

Etoser terjail: Zaki

Etoser ter-online: Sidik

Etoser terdiam: Linda

Etoser ternarsis: Halim

Etoser tertidur: Ulfi

Etoser terakus: harusnya Ulfi, tapi karena Ulfi udah dapet di nominasi tertidur, jadinya yang ini diisi Wawan

Etoser tercerewet: Susi

Etoser ter-etos: Opik

Etoser terdandan: Njuz

nah, barulah setelah pengumuman Etoser Award, aku mengumumkan secara resmi rencana kepindahanku. Agak terisak sedikit di awal, namun kupaksakan untuk kulanjutkan. Beberapa sorot mata nampak terkejut. Agak banyak aku bicara menyampaikan bagaimana berkesannya kebersamaan mereka dalam hidupku. Dan juga permohonan maaf karena kekurangoptimalan aku sebagai supervisor mereka.. ahh.. sediih..(tapi dasar mereka emang wataknya suka bercanda, forumnya juga berubah ngakak ngakak lagi). Beberapa orang memberikan testi untukku, ada yang bilang aku di luar perkiraan, suka nyuruh-nyuruh, ga banyak pertimbangan kalo beli barang, dst.. ahaha lucu lah. Sempet terharu juga terhadap beberapa ungkapan yang membuatku terhenyak, termasuk juga ada sosok yang (katanya) jarang bicara justru saat itu ngasih testi untukku.. yang spechless adek yang aku dampingi ketika Tens dan selama ini yang paling suka berantem dan ngajak perang, he said that he won’t say anything. Its speechless… ahaha.. tenang Dek, masih bisa ikut d MSDA Toenas kok..

tausiyah dari Mas Udhi saat itu begitu menyejukan hati, di mana pun kita, apapun pilihan kita selama konteks dari apa yang kita pilih itu adalah Ibadah kepada Allah maka lakukanlah..yup benar, aku pindah pun, itu adalah rangkaian impian yang akan kulukis di kanvas kehidupanku, sebagai saranaku untuk menjadikan ilmu yang kumiliki menjadi ilmu yang bermanfaat..

acara penutupan pembinaan secara resmi ditutup Bu Korwil,, dan kami pun melaju menuju kehidupan kami yang berikutnya,, apapun itu, tapi selama itu konteks dan niatnya adalah Ibadah maka tak ayal lagi kita harus mengejar dan melaksanakannya secara sungguh-sungguh..

tangisan dari salah satu adik membuatku terisak lagi, adik kecilku yang namanya pun sama dengan adik kandungku. Kami pun berpelukan,,(kaya teletubbies), dalam hati aku berkata ini bukan akhir dari segalanya,, di depan aku pun membuat rencana untuk tetap dapat berinteraksi dengan mereka, menjadi bagian mereka meskipun gelar supervisor tak melekat lagi..


adek..uhibbukumfillah

Advertisements

About iinparlina

Seorang Insan manusia yang diciptakan Allah dengan segala kekurangan dan kelebihannya, yang mencoba menjadi seorang yang dicintaiNya, dan salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menulis, membagi sedikit sekali ilmu yang dimilikinya. Meskipun sedikit, dia berharap dari yang sedikit itu, ilmu itu bisa bermanfaat untuk orang lain sebagaimana dia pun membutuhkan Ilmu untuk membuatnya bisa menjejakan kakinya di surga.

Posted on January 4, 2011, in riak-riak jiwa. Bookmark the permalink. 8 Comments.

  1. wah teh, angga kayaknya yang dapat hadiah cukup menarik.
    *masih inget, aksinya yang akan nyebur ke sungai karena dapat hadiah…. :’) saking senangnya kayaknya sih…

  2. haha.. of course i remember it correctly..
    iya iya saking senagnya makanya mau nyebur,, teteh inget banget

  3. klo posting2 tentang etos kaya gini bisa dikirimin ke pusat jg lho, terutama klo mereka nanya kegiatan etos bdg. sering2 aja nulis ttg kegiatan etos bdg 😀

  4. klo resmi mah ga enak dibaca, mending apa adanya aja. sepertinya pusat juga enjoy2 aja ngebaca yg ga formal. kpn2 nulisnya deh, ada tulisan lain yg mendesak untuk dibuat 😀

  5. emang pusat baca?? waduh ini kan blog curhat haha..
    wah ada tulisan lain yang mendesak untuk dibuat?? jadi penasaran tulisan apa??

  6. nambahin teh, baru inget dan selesai baca lagi… hoho saya nggak merasa nggak beruntung kok teh. karena saya nggak melihat nilai kadonya kok. kado apapun, yang penting esensinya. hihi. jadinya makasih banget yang udah memberikan kado ke saya. haha. #bijak mode on.
    @Kang nur + teh iin : lucu ya, kalo etoser yang nulisin cerita kaya gini, buka berarti supervisor nggak boleh nulis.. wkwkkw…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: