Monthly Archives: February 2011

28 Februari 2011

Bercerita dengan Gambar

ini tiket kereta api pertama parungpanjang-jakarta yang aku punya,, 28 JAnuari bersama Iping ketika mengembara ke Jakarta menemukan jalur dari rumah Paman di parung ke BPPT

Pemandangan yang kutemui setiap hari sebelum kerja,, anak2 desa riang gembira berangkat sekolah.. jadai generasi masa depan yang baik ya dek

Pemandangan permadani hijau yang ada di depan rumah paman,, seger bukan???

batagor yang kunikmati bersama adik2 Etos H-2 sebelum hijrah ke Parungpanjang

secuplik jalan yang kuabadikan ketika berkunjung ke rumah salah seorang adik Etos

Kereta Api, Sang Guru kehidupan yang memberi banyak hikmah

kereta yang menemaniku setiap shubuh, ketika berangkat kerja

kereta yang selalu menemaniku setiap sore ketika pulang kerja

Pesan dari Seorang Adik

di malam yang terlelap dalam kelamnya kehidupan, kubuka piranti ibadahku, stelah sebelumnya mengucek-ngucek mata membangunkan segenap kasadaranku akan ingatan betapa banyak yang harus dilakukan malam ini. Dan terbukalah laptop kecilku-kupasangkan modem mobi-8 yang biasa menemaniku ber-seluncur di dunia maya,, dan lalu open Mozilla Firefox, karena sebelumnya ketika kututup windows Mozilla ku-klik save maka otomatis yang keluar adalah page yang aku buka kemarin malam..
dan terbukalah
dan termangulah aku di hadapan laptopku ketika melihat yang ada di depanku…
di hadapanku terpampang page Facebook yang memperlihatkan sebuah post-an di wall.. sebuah peasn dari seorang adik kecil.. seorang adik yang Allah titipkan pembinaannya semester yang lalu..kira2 beginilah bunyi pesan itu..

Bismillaah…Assalaamu’alaikum…
bersajak sejenak,
Hana nguni hana mangke
Tan hana nguni tan hana mangke *
Aya baheula, aya ayeuna
Moal aya ayeuna mun euweuh baheula
Du’a indung jadi jimat^
Jampe^ bapa jadi ubar
Pikeun lengkah
Pikeun tandang
Ngadekeun ajen Qur’an
Sakabeh nu gumelar didunya
Bakal panggih jeung ajalna
Ngan nu mangpaat pikeun sasama
Anu bakal abadi
Laku lampah nu utama
Nyebarkeun asih kasasama
Tingkah polah sing merenah
Sangkan panggih
kamulyaan
Kajembaran
Kawaluyaan
Karahayuan
Congkrang kujang ngajirim nonoman
Nu gede WAWANENA !
Panceg dina galur
“Salawasna akur jeung dulur”
Panceg dina galur
Babarengan ngajaga lembur
Panceg dina galur
Moal ingkah najan awak lebur
(*dikutip dari Naskah Amanat Galunggung, Rakeyan Darmasiksa, Raja Sunda ( 1175 M -1297 M ) dengan beberapa editan…)
semoga menjadi pembakar semangat di tengah hiruk pikuk metropolitan yang sarat akan ketidakadilan, ketidakteraturan, pun pada keteraturan yang berlandaskan pada kutipan dari kitab-kitab versi nafsu kristian dan yahudi, yang hanya pantas diletakkan jauh di bawah terompah pengemis perkasa dan kaya harta dan keserakahan tanpa tersendak hati saat mereka semakin sesat karena semakin berhasrat untuk meminang harta dan kekuasaan tanpa peduli siapa yang belum mampu menelan nasi hari ini karena tak punya kertas atau koin bernominal/ jika kau bertanya kenapa maka mereka mungkin kan jawab dengan pertanyaan, ” Apakah Tuhan hanya berpihak pada mereka yang kaya dan berkuasa, sehingga kami begitu susah untuk hidup layak? ”
Teteh Bageur, tetap tebarkan kasih sayang di manapun Teteh berada tanpa membedakan siapa dia dan kepercayaan apa yang dia anut karena Al Qur’an diturunkan untuk MANUSIA, bukan hanya muslimin/at.
Jangan pernah mau menjadi alat para para lalim yang hanya mementingkan kepentingan kaum kapitalis yang menuhankan harta dan kekuasaan, jangan teteh menjadi representasi kelemahan Bani Sadr maupun Bazargan yang telah nyata menjadi pengikut negara2 donor yang dianggap sebagai penyelamat bagi pemimpin2 jongkok banyak negeri… dannn…
jangan pernah malu menjadi suku sunda, sehingga harus mengadopsi budaya2 luar dan atau menghilangkan sisi kesundaan dari diri teteh…
(nahaa jd kamana-mana mendi ieu teh? padahal tadina mah hoyong nyapa hungkul.. :D)
Emut !
Sakabeh nu gumelar didunya
Bakal panggih jeung ajalna
Ngan nu mangpaat pikeun sasama
Anu bakal abadi(yang paling bertaqwa di mata Allah)
Teh, di sini kuingat teteh dalam harap kepada-Nya, berharap semoga Dia senantiasa membimbing Teteh dalam hal apapun tanpa bigotisme…
wassalaam… ^^
Sejenak kepalaku terhentak, sunyi senyap menyambut pikiranku yang terpesona dengan isi pesan sang adek..speechless tak mengira akan mendapatkan hal seperti ini hari ini..
terima kasih..jazakumullah khayran katsira, semoga teteh bisa memenuhi pesanmu ini dan kebaikan yang sama untukmu bahkan yang jauh lebih baik..
(sebenarnya pengen komen lebih panjang lagi,, apa daya tak sampai,, kali lain ya ^_^)

Slide Foto yang Berbicara Banyak Hal

Komputer yang kupakai sejenak kutinggalkan.. lalu muncullah gambar itu satu per satu,, screensaver laptop yang isinya foto-foto yang kusimpan. Bukti-bukti kongkrit yang memperlihatkan perjalanan hidupku, ada susah ada senang, ada tawa, ada tangis, ada pertemuan, ada perpisahan, ada yang datang dan ada yang pergi, semua silih berganti merangkai kehidupan hingga jadilah aku seperti ini.

Senyumku tersungging otomatis, melihat kelucuan masa lalu yang kulalui, ceria, gembira, lincah..seakan-akan foto foto itu ingin mengingatkanku diriku yang dahulu. Sosok-sosok yang turut serta tampil dalam foto itu, membuatku mengingat event-event kebersamaan yang kami lalui.. argh..rindu,,

Karena kumpulan foto ini kumulai ketika TPB, otomatis kenangan ma temen2 SMU dan SMP jadi tak bisa kujadikan bahan bernostalgila, tapi,, ini juga yang jadi masalah.. maaf teman-teman tak ada maksud bagiku melupakan kalian, hanya saja kadang hidupku lebih banyak terisi kondisi kekinian.

Komunitas itu hadir dengan sendirinya,, bergulir begitu saja, temen2 teknik kimia, saudara-saudara di Mata’, sahabat dan kakak2ku serta adik-adikku di asrama-terutama asrama yang kutinggali selama kurang lebih 4 tahun lamanya-asrama Salman tercinta, dan asrama yang menjadi pembinaan bagiku sebagai seorang saudara-asrama Etos yang tersayang,, komunitas lain yang pernah menjadi bagian hidupku juga adalah Unilever meskipun hanya 2 bulan, anak2 Indramayu dari program ALC yang silaturahimnya masih terjalin, komunitas C-ITB, ahaha maaf adek2 teteh kalian ini jarang banget nimbrung kegiatan, tapi mohon jangan ragukan ke-Cianjuranku, adik2 ajar terutama adik-adik Edulab, para karyawan: teh aci, the fitkom, dll,, PM KM ITB, tempatku menimba kekuatan kepedulian dan kapasitas sebagai seorang relawan, serta tim-tim kepanitiaan yang pernah kuikuti: LMD, Dauroh2, Feskul taga, dan lain-lainnya yang tak bisa kusebutkan satu satu..

aku sadari orang-orang ini datang dan pergi dalam hidupku-ada yang masih sih, hehe,, ada yang datang lalu berlalu begitu saja, ada yang datang dan berlalu dengan meninggalkan kenangan yang mendalam, dan ada juga yang datang dan tak mau pergi dari kehidupanku.. ahaha,, atau salah kata mungkin lebih tepatnya aku yang tak mau pergi dari kehidupan mereka..tapi yang pasti yang kurasakan saat ini adalah betapa sekenario ini teramat indah untuk kujalani. Meskipun halangan dan rintangan menghadang, kadang tangis pilu terpaksa mengiringi langkahku, kadang tawa gembira yang memberikan warna hidupku,, tapi overall aku suka perjalanan hidupku, dan meskipun juga aku belum bisa memberikan hal yang seharusnya untuk sebuah perjalan kehidupan.. sebuah perjalanan kehidupan yang kuharapkan akan mengantarkanku ke depan pintu gerbang keabadian yang indah-surga Allah dan pertemuan sejati dengan Dzat Yang Maha Menciptakan Kehidupan..

aku hanya berharap kini, dengan pergantian slide foto itu dan kondisiku kini juga sedang menyusun slide foto yang lain, yang aku pinta adalah semoga di sisa usiaku, aku bisa melaksanakan tugas yang sudah diembankan Allah padaku dengan semestinya, hingga suatu ketika kala slide foto amal dan perbuatanku ditampilkan di persidangan akhir dunia-hari di mana segala amal kan diperhitungkan, dengan Rahmat Allah Swt, aku bisa diputuskan untuk memasuki jannah itu..aku tak ingin apa yang ditampilkan nanti justru merupakan bukti akan ketidakbecusanku dalam menjalani hidup hingga akhirnya aku diputuskan menjadi bagian dari sebuah kehidupan yang berisi derita yang berkepanjangan-neraka yang apinya menyala-nyala, na’udzubillahimin dzaalika.

iseng iseng gali hikmah

Ketika perjalanan berangkat ke Bandung penuh perjuangan, ternyata perjalanan pulang juga tak kalah penuh perjuangan.. jadi teringat masa kepulangan KP dulu dari Cikarang menuju Bandung.. dan inilah aku kepayahan dengan membawa satu dus, satu kantong, dan satu tas gendong yang berisi buku…terasa semua bagian aktin dan miosin tubuhku bersatu padu menghimpun tenaga untuk bisa membawa diri beserta bawaannya menuju kebon kacang… untunglah bukan ke parungpanjang.. bisa gempor abis..setelah ide cerdas mampir di kepala hingga akhirnya bisa berangkat dari Bandung lebih lama yang asalnya setelah mentoring adek2 geng motor mau langsung ngabur,, ternyata hehe,, laporan keuangan Etos minta perhatian nih.. akhirnya yowess berharap bisa berangkat dengan Argo Parahyangan yang jam 3 akhirnya aku berangkat pukul 02.30 menuju stasiun Bndung..

dan naas.. semua tiket kereta dari Bandung ke Jakarta hari Minggu itu termasuk pula yang nanti malam, sudah habis terjual.. geleng geleng kepala sambil berpikir.” berapa puluh ribu orang Bandung kah yang minta ditransportasikan oleh kereta hari ini..akhirnya kembali memutar otak.. Baray travel adanya jam 4 dan itu pun waiting list, bus?? hmm sempet deh kayanya.. lagipula lebih murah kan dari pada travel.. hmm kalo ga salah ke Kp Rambutan kan?? hmm atau juga bisa ke Pulogadung, ah, yang Pulogadung gatau gmana jalur buswaynya, Kp Rambutan ajah.. dan akhirnya dengan menyeret-nyeret si dus itu aku pun menunggu bus damri lewat.

Setelah sampai di Leuwi Panjang, akupun memilih bus,, apapun lah jadi. Dan berangkatlah aku ternyata di pukul 4, hmm cukup lama di jalan. Dan dengan kecepatannya yang rata2, ternyata sampailah aku di Kp Rambutan, dan kembali dengan menyeret-nyeret si dus, aku mncari busway dan melajulah aku ke dalam temaramnya Jakarta di sore hari.. dengan dua kali transit, di PGC dan di Harmoni, akhirnya sampailah aku di jalan Thamrin.. heuheu kayanya emang jodoh banget sama jalan yang satu ini laah.. udah mah selalu jadi jalan tempat aksi,, hehe sekarang jadi tempat Allah menitipkan impian2ku..

dan nkembali dengan menyeret-nyeret si dus, aku melangkah ke gelapnya jalan kebon kacang,, haha setiap beberapa meter aku berhenti, menghimpun energi, lalu melanjutkan langkah. Berkali kali kugumamkan di kepalaku aku bisa aku bisa,, meskipun kedua tangan dan urat leherku sudah menunjukkan tanda tanda fermentasi anaerobik asam laktat yang mengirim sinyal ke otakku tanda badanku kelelahan..yosh dikit lagi aah..

dan tepat pukul 08,00 badanku rebah dengan keringat yang membanjir,, ahaha.. alhamdulillah nyampe juga..

ketika sampai aku hanya berpikir.. tiada satupun peristiwa yang terjadi di muka bumi ini yang tiada memberikan hikmah dan pelajaran.. dan inilah aku dipertunjukanNya hari ini tentang hikmah2nya.. sekaligus cara berpikir dengan sudut pandang berbeda.. ah,, perjalanan hidupku akan seperti apakah dirimu.. mampukah kau memberikan arti yang hakiki dalam perjuangan yang kau jalani ataupun dalam menjadi bagian dari perjalanan kehidupan insan yang lain..

maka di sini lah aku.. mengharap ridho Mu, mengharap kekuatan keimanan untukku sehingga mampu bagiku menangkap sinyal-sinyal yang Kau berikan, mengubah yang nampak biasa menjadi sesuatu yang berharga dalam memberikah hikmah dan pelajaran…

sekelumit kisah perjalanan pulang ke Bandung,, lho Pulang?? bukannya harusnya pulang k cianjur??hehe

Bismillahirrahmanirrahim

hanya berusaha menuangkan kenangan ada di dalam kepala yang kurasa sayang jika tidak kutuliskan.. sebuah prasasti yang mengukir kenangan indah atas pertunjukan Allah Yang Maha Kuasa..

Tanggal 12 Februari adalah tanggal yang sudah sejak lama kualokasikan untuk kugunakan pulang ke Bandung.. buat apa?? ada banyak hal yang harus dilakukan,, yang paling utama adalah melepas kerinduan yang telah melanda selama ini, rindu teteh murabbi, rindu teman2 seliqo, rindu adek2 asrama Salman, asrama Etos, adik2 mentee yang lucu-lucu,,Selain itu juga berniat mengambil buku2 limbah yang tak kusangka akan begitu menyedot kepalaku selama seminggu ini dan waktu2 ke depannya, selain itu janji kepada dua orang adik kecil yang berulang tahun di tanggal 29 Januari dan 11 Februari kemarin.. sebenarnya bisa aja dititip ke yang lain atau dikirim via post..tapi ntahlah pengen aja pulang..

Rencana berangkat dari rumah di Parungpanjang adalah pagi sebelum jam 8, apa daya harus mngurus surat domisili buat askes dahulu, tapi yaa berangkat dari rumah akhirnya jam 12.30 tanpa tahu jadwal kereta api ke jakarta jam berapa dan naik apa ke stasiun Gambir-nya, yang kepikiran buat ke Bandung hanyalah Argo Parahyangan, kereta kesayanganku..ga kepikiran naek bus atau travel.. padahal mah penting ternyata pemikiran ini.

Ternyata pukul 12.40 ketika aku sampai di stasiun parungpanjang, kereta yang jam 12.30 baru berangkat.. heuheu sayang sebenarnya. Tapi ini adalah indikasi bahwa kayanya keretaku yang akan berangkat jam 13.19 juga akan mengalami keterlambatan. Aku bertanya pada Pak Petugas,, “Pak, saya harus turun di stasiun apa yang paling dekat ke Gambir??” si Bapak dengan enteng menjawab “Tanah Abang aja,, trus naek bajai ke Gambir.. itu yang paling deket” aku mikir bener juga yaa.. padahal asalnya aku berpikir 2 cara, cara pertama adalah ke Stasiun Kota dan naek kereta ke Gambir, dan yang kedua adalah ke Stasiun Kebayoran dan naek busway ke Gambir.. ternyata opsi dari si Bapak oke..

Pukul 14.00 kereta datang—hehe telatnya 40 menit dari jadwal, dan aku pun melaju. Seperti biasa dalam kereta aku menemukan hal yang menarik lagi.. kisah pencopetan dan hikmah bahwa zaman sekarang ini, yang namanya kepedulian nampaknya udah makin jarang ditemukan.. seorang Ibu tua yang bergelantungan sementara, di kursi dekatnya seorang anak muda duduk dengan nyaman sambil merokok..hmm.. di mana tenggang rasa ya?? terlalu sering aku menemukan pemandangan seperti itu baik di perjalanan berangkat maupun di perjalanan pulang kerja..

Pukul 15.15 kereta sampai di stasiun tanahabang. Segera ku turun dan kucari bajai.. haha ini pertama kalinya naek bajai.. dan belakangan baru tahu kalo ongkos bajai mahal yaa.. astagfirullah Bapak Bajai maaf kalo saya mendzolimimu..

Pukul 15.30 sudah mengantri di loket kereta berharap dapet tiket argo yang bisnis.. yang parah ternyata, yang argo keberangkatan jam 4.15 sudah penuh baik itu bisnis maupun eksekutif, aku termangu,, ya sudah aku beli saja yang jam 7.. janji adalah janji itu yang aku pikirkan lagipula masa mau balik lagi, udah kepalang maju ya hajar ajaa!!..tapi,, setelah dipikir, nunggu 4 jam di sini?? hmm,, ga deh,, maen dulu ke mana?? ga juga ah, dan yang paling penting adalah ketika melihat jam tiba di bandung adalah jam 22.30 astagfirullah adakah angkot stasiun dago yang hadir jam segitu?? kalo diputar ke bis,, harus ke manakah aku? Ke Kp Rambutan?? subhanallah jam perjalanan dulu dari Kp Rambutan ke Jakpus adalah 1 jam 30 menit.kalo nyampe pun di Leuwipanjang, adakah Damri?? tentu tidak..argh!!.travel?? inget Ayu dulu ketika pulang ga jadi kereta di gambir dapet travel yang di sekitar stasiun..ahh kucari tapi tak ketemu, kucoba datang ke customer services, kali aja ada yang cancel keberangkatannya..ternyata tidak. Dan pukul 3.45 barulah kepikiran BPPT.. aha,, Baraya Travel ada setiap sejam, dan lokasinya ada seberang BPPT, di dalam kompleks Sarinah.. akhirnya bismillah kuputuskan meng-cancel keberangkatanku yang jam 6 heuheu meskipun kena denda.. tapi ya sudahlah,, dan ku berlari menuju busway..yang subhanallah adalah betapa lancarnya perjalananku apalagi yang bikin tercengang adalah ketika di Shelter Harmoni yang biasanya antrinya bikin OGAH setengah idup karena saking padat merayapnya, tapi saat itu begitu lenggang. Jam 4 aku pun melaju ke jalan Thamrin, tempat My Sweeet Building berdiri..Pukul 4.09 nyampe di Baraya Travel dan alhamdulillah dapet keberangkatan yang jam 4.15.. dan di sini lah aku sekarang.. keberangkatanku ke Bandung jam 4.15 seperti yang kurencanakan, meskipun gajadi pake Argo Parahyangan melainkan Baraya Travel..

Kisah perjalanan kali ini menyapa dengan sekian hikmah..yang kurasakan adalah betapa Allah sebenarnya menunjukkan jalan, hanya saja bisa jadi kita yang terlambat menyadari jalan yang dipilihkan. Dan benar bahwa bisa jadi kita menyangka bahwa jalan yang kita pilih adalah yang terbaik.. tapi ternyata ada jalan lain yang jauh lebih baik,, yang jauh lebih memberikan kesempatan diri untuk berkembang..selain itu hikmah bahwa kedekatan kita dengan Allah dan Rasulnya adalah jalan untuk membuat sensitifitas kita terhadap petunjuk2 Allah semakin terlihat. Kali ini aku merasa aku tidak cukup cepat untuk menangkap petunjuk yang diberikan Allah.. artinya kedekatanku terhadap Allah, Rasulullah, Al Quran dan Hadits harus ditingkatkan lagi..

yosh bismillah!!!

Akhirnya nulis juga– its my life now

Bismillahirrahmanirrahiim…akhirnya nulis jugaaa… kebeleet laah udah lama banget pengen nulis, rasanya kepalanya udah ga kuat pengen numpahin isinya (haha ini makna konotasi,, kalo denotasi serem ateuuh)

mungkin ini gambaran umum aja kali yaa.. ringkasan umum.. insyaallah jika ada kesmpatan mau dibahas secara detail da.. (heu jadi inget hutang tulisan yang masih nunggak: SDP, PEB, Acara pindahan dari asrama lama ke asrama baru, dan hari terakhirku bersama Etoser, ingin banget nulis ini tapi untunglah sementara ini tulisan tentang SDP sudah bisa dibaca di blog Sidik, tulisan PEB sudah bisa dibaca di blog halim, yang lainnya dihutang hehe..^_^).. dan di kepala ini sekarang pengen banget nulis tentang: Parungpanjang dan tetek bengeknya, awal-awal kehidupan di Parungpanjang, daily activities di Parungpanjang sebelum kerja, hari pertama orientasi Karyawan BPPT, Acara kemping CPNS baru di Cibubur bersama BPPT, hari pertama kerja bener2 kerja, lokakarya Sampah dengan LKPD, dan betapa merasa beruntungnya aku di BPPT… hahahah banyak yooo…cicil satu satu ah… mumpung sempet.. padahal mah ada dua buku tebel yang nunggu buat dibaca.ya sudahlah ya..

 

pertama dari cerita kepindahanku di suatu pagi tanggal 25 Januari 2011..hari yang terasa begitu berat.. hari hijrahnya diriku pada suatu tempat baru bersama seperangkat kehidupan baru tanpa Etos, tanpa Salman, tanpa saudara2 lingkaran cahayaku bersama adik2 mentee.. argh seperti kata Sherina.. akankah kutemukan kebahagiaan seperti yang kutemukan di sini ketika ku pindah ke sana..bersama Ummi, Aa, Emma, Bapak, Kang Ahul, dan adik kecilku Iis, akhirnya kami pergi membawa setumpuk barang yang bejibun banyaknya menuju satu desa kecil di perbatasan kabupaten Bogor dengan Tanggerang, tempat Paman dan Bibiku tinggal selama ini.. meskipun ada masalah kecil ketika pindah, akhirnya bismillah pada pukul 10.00 WIB aku pun hijrah..

Di Awal kehidupan baruku yang kulihat adalah kesan pertama yang lumayan menggoda. Sejak dulu aku begitu menginginkan bertempat tinggal di dekat persawahan, dan kini Allah mengabulkannya, di depan rumah Paman terbentang permadani hijau yang selalu membuatku nyaman menatapnya.. begitu menawan akan kesegarannya yang memukau.. ah.. Allah Engkau Memang Maha Mengetahui. Paman dan Bibi menjaga warung kecil dan pnggilingan beras di belakang rumah. Ketika di awal sebelum aku kerja, ketika Paman bertugas menggiling beras, maka akulah yang jaga toko.. hehe.. jadinya ngerasain gmana dagang dan melayani pembeli.. banyak pengalamn lucu juga di sini..keren laah..

Pada awal Minggu pagi pertama, aku berlari-lari kecil menyusuri jalan di sekitar rumah.. woow… desa abis laaah.. seneng banget di sini.. asyik..hari Jumat tanggal 28 Januari aku juga jalan-jalan ke Jakarta, ceritanya mah survey jalan buat tanggal 1 nanti.. hehe,, berhubung aku adalah seorang train-addicted, maka seneng banget ketika tau bakal naek kereta tiap hari.. hmm tapii,, ada juga unsur2 yang AMAT TIDAK DISUKAI: ikhtilath dan asap ROKOK… argh.. ya Allah jauhkan aku dari hal2 yang tidak Kau Ridhai..tanggal 29 Januari juga jalan2 ke Pasar Tanah Abang.. hehe kali ini nyiapin seragam buat dipakai orientasi..wow lebih keren dari Pasar BARU!!.. kayanya ya orang2 makmur kalo cukup uangnya belanja ksini mulu da.. habis barangnya bikin mata seger laah.. kreatifitas manusia yang amat menawan.. bagus bagus!!!

Tanggal 1 Februari, orientasi dimulai.. pertama kali menjajaki kehidupan BPPT.. DAN KESAN PERTAMA yang begitu sangat menggoda.. hahaha.. jadi teringat tahun 2005 silam ketika pertama kali menjejakakn kaki di gedung ini.. perasaan aneh yang membawaku melayang ke masa lalu juga berlari ke masa depan..

Mereka KEREEEEEN teramat KEREEEEENN.. Pak Marzan menyebutkan beberapa anak buahnya yang mengukir prestasi nasional dan internasional bikin NGILER laaah.. trus pemaparan tentang BPPT juga bikin melongoo.. Subhanallah,, ngerasain perasaan syukur yang begitu meluap-luap,, EMANG REJEKI MAH GA AKAN KE MANA… Bisa jadi BPPT emang jadi ladang iin… apalagi ternyata setelah dipikir-pikir,, beberapa list IMPIAN iin bener2 bisa terwujud di sini..ARGH!! Ga Sabar nunggu!!!hehe..

perkenalan dengan teman satu angkatan CPNS BPPT 2010, asyikkk.. lucu, gokil, ramah,, itu kesan yang kudapatkan. Dan mereka seangkatan hobi banget ngegodain logat Sunda yang aku miliki.. teh.. mah..dan ternyata banyak juga yang udah ga single lagii… wow.. banyak juga ikhwahnya lhooo… di Msjid Iqro-BPPT nemuin beberpa yang mendawamkan sunnah2 Rasulullah.. trus setelah ngobrol2 ma beberapa orang juga ternyata emang bener ikhwah..kalo yang akhawat kurang lebih ada 8 orang dari 63 orang.. masih dikit sihh tapi lumayan laah.

aku merasakan GEMURUH SEMANGAT yang bukan main besarnya di sini.. dan satu hal yang kuazzamkan adalah ALLAH, AKU GA AKAN NGULANGI KESALAHAN YANG AKU LAKUKAN SEMASA AKU KULIAH!!!! AKU TAHU AKU BISA BERPRESTASI, DAN AKAN KUBUKTIKAN DI SINI BAHWA GRAFIK PRESTASIKU AKAN KEMBALI MENANJAK,, SAMA HALNYA KETIKA DI SD, SMP DAN SMU… BAHKAN KUAZZAMKAN BAHWA DI SINI-LAH GRAFIK ITU AKAN MENCAPAI TITIK MAKSIMUMNYA…

Azzam ini telah membawaku menjadi penerima hadiah terbanyak ketika orientasi!!! hahaha Ga ada yang ngalahin, mulai dari jumlah pertanyaan yang kuajukan, jumlah jawaban yang dengan lantang kugema-kan, keaktifan di kelompok yang juga ga maen2 aku keluarkan.. dan akhirnya baik Small team Outbond maupun team kedeputian yang menjadi kelompok terbaik selama orientasi.. YEEAH!!! awal yang baik,, dan aku pun semakin termotivasi dan termotivasi lagi..

Sepanjang hari-hariku di sini,, yang cukup membuatku semakin tersenyum dan bersemangat lagi adalah SMS SMS yang kuterima dari adik2 kecilku.. tiap hari ada aja obrolan2 kecil,, ledek2an, ada yang laporan kegiatan, ada yang konsultasi keuangan, sampe curhat ketika sang adik2 lain pada ga mau dibawa pleno.. wkk.. yang paling manis adalah SMS yang kemarin aku terima “kakak… aku kangen…” dan dari SMS di awal2 (lupa tanggal berapa) yang isinya.. teteh tak tergantikan,, di Bandung pun ada yang kurang…terharu, sekaligus bahagia..bukan riya atau gmana tapi untuk orang sepertiku, penguatan perasaan akan semakin kuat dengan adanya ungkapan2 seperti ini..sperti ada energi besar yang mengalir yang membuatku semakin termotivasi dan semakin termotivasi lagi untuk terus berbuat yang terbaik..atau yang kadang suka bikin ngakak adalah postingan mereka di fb yang kadang aku komen2..ada yang pengen laptop, ada yang lagi semangat ber-IP tinggi.. argh!!! kalian makin keren aja dek!!! LANJUT GAN!!!

kalo ngeliat aktifitas mereka via foto2 yang diupload juga makin menguatkanku bahwa di sana adik2ku berjuang dengan begitu gigihnya maka harusnya demikian halnya juga dengan diriku di sini!!! YOSHH terbakar lagi deh semangatnya..

tanggal 7 Februari adalah hari pertama terjun ke unit kerja.. meskipun di awal aku sempat mendambakan kemurgi menjadi unit kerjaku, dan Serpong menjadi tempat kerjaku,, ternyata pilihan Allah LAGILAGI adalah yang terbaik.. tak akan terbantahkan..

oiya..bagian dari kehidupanku yang tak terpisahkan kini adalah kereta api,, hihi, karena Parungpanjang dengan Jakarta Pusat cuma oke jika ditempuh dengan kereta, maka setiap harinya, aku menghabiskan waktu sekitar 2,5 sampai 4 jam di jalan..jam 5 udah ngabur dari rumah, nunggu kereta yang datang jam 5.23 pagi dan akhirnya bergelantungan di kereta selama satu jam lebih (jarang banget dapat tempat duduk soalnya) dan nyampe di Stasiun Tanahabang sekitar pukul 7 kurang, naek kopaja 502, jalan dikit dan nyampelah di my sweeet building!! pulangnya jam 4 lebih dikit udah lari ke lift lalu jalan, naek kopaja ke stasiun dan lari dari Jakarta jam 5 sore dan dengan kereta Rangkas Jaya bisa nyampe Parungpanjang jam 6, naek angkot.. nyampe deeh.. biasanya kalo udah pulang langsung bersih2, makan dan nongkrongin TB (film Islam KTP: red) bareng Paman..maklum belum banyak kerjaan di awal2 mah..begitulah setiap hari,, nah soal berkereta api ada ceritanya sendiri.. setiap hari selalu ada cerita unik yang selalu sukses bikin aku mikir (mungkin pada sesi lain insyaallah diceritakan).

PTL atau singkatan dari Pusat Teknologi Lingkungan, adalah unit kerja yang Allah pilihkan untukku..heuhue.. nginget nginget materi Limbah yang dulu diberikan Pak Tjandra sama Bu Gelang.. yang cuma 6 SKS ( Mata kuliah Pengolahan Limbah Industri dan matkul Bioteknologi Lingkungan), dan kini nampaknya aku harus belajar cukup banyak lagi.. gapapa deh dijalanin aja..

eeh yang bikin terkejut, setelah hari pertama cuma baca Renstra dan Jurnal Teknologi Lingkungan, hari kedua ga disangka banget kalo akan terjebak pada dua aktifitas yang amat OK.. pertama adalah mengotak atik isi komputer touchscreen nya Pak Direktur,, liat2 materi, poster, film2 yang pernah dibikin PTL, subhanallah.. kembali dada ini bergemuruh melihat karya anak2 bangsa Indonesia yang luar biasa keren-nya!!! KEREN ABIZZZ… subhanallah subhanallah.. dan alhamdulillah alhamdulillah.. atas skenario yang aku alami ini

Yang luar biasa kedua adalah Pak Direktur mengajak aku mengikuti lokakarya yag dibuat Bidang 1 di lantai 3 di bawah.. akhirnya ngikut dan woooooowww.. aku tercengang melihat peserta Lokakarya yang isinya adalah pejabat tinggi kabupaten-kabupaten yang ada di Indonesia-dari Aceh sampai Papua,, subhanallah lengkap.. hahaha birokrat2 boo..di ujung baru tau kalo harga lokakarya ini 3,5 juta.. subhanallah, dan di sana aku nimbrung materi, makan, dan jalan-jalan, FREE!!! alhamdulillah lagi jadinya..

Cerita lokakarya ini adalah tentang persampahan!!! haha Ga sesimple apa yang dilihat ternyata!!!! perpaduan yang kompleks antara permasalahan teknologi, birokrasi, dan sosial!! wow!! meskipun pada awalnya agak asibg dengan istilah2 para pejabat itu tentang RPJP, RPJMN, RPJMD, MGDs.. haha pusinf juga birokrasi Indonesia..tapi yang luar biasa yang kurasakan dari pancaran para peserta lokakarya itu adalah kemauan yang begitu terasa untuk memberikan yang terbaik bagi daerahnya.. aku sih asyik,, dah beres lokakarya paling cuma bkin laporan singkat,, hehe tapi mereka balik ke daerah harus bikin master plan persampahan kabupatennya..alamak jadi pemangku kebijakan berat juga ya tanggungjawabnya…dan dalam lokakarya itu aku merasakan kebermanfaatan BPPT untuk daerah.. arghhh.. dan sekali lagi Allah SUKSES dengan indah memperlihatkan hal itu kepadaku yang membuatku terkesima dan terpacu lagi terpacu lagi…apalagi di bagian terakhir lokakarya hari ini aku diperlihatkan sosok Pak Hengki yang sudah sekian tahun lamanya di BPPT Menangani perancangan TPA Ramah Lingkungan.. yang bikin tercengang lagi..adalah konsep yang dibawa si Bapak yang jurusan Arsitek ini KEREEEEENN ABBIZZ, sampai gabisa ngedip tadi saking terpesona sama pemaparan si Bapak..

 

Allahu Rabbii,, tiada Tuhan Selain Engkau dan Nabi Muhammad adalah UtusanMu yag mulia…..Allahu Rabbiii, tiada keraguan dalam diri ini menatap kuasaMu,, dan betapa Engkau Maha Pemurah lagi Maha Penyayang yang selalu menyajikan pemandangan pemandangan mencengangkan yang selalu sukses membuatku meyakini KEKUASAANMu, skenarioMu..arghh.. sampai bingung mau ngucapin apa..

Allahu Rabbi, aku gantungkan diriku padaMu, tiada daya dan tiada Upaya kecuali Hanya Kau yang memberikannya padaku.. dan izinkan aku menggunakan segenap potensi diri ini untuk berjuang di atas jalanMu.. ketika kulihat di depanku kini,, kesempatan berkiprah begitu sngt besar, betapa kesempatan untuk menjadi KHAYRUN NAAS begitu terbuka lebar, betapa jalan untuk segera mencoret beberapa impianku tanda keterwujudannya juga nampak memperlihatkan celahnya.. dan hari ini aku bermimpi lagi bermimpi yang lebih besar karena impian2 yang kutulis kemarin nampak akan bisa segera kuwujudkan..bismillah,, dan dengan kuasaMu jagalah aku, jagalah aku di jalan ini,, dan prasangka baikku adalah skenario terbaik lagi yang akan kualami dan terus kualami.. semoga dengan smua ini aku semakin bertakwa dan bertakwa lagi…