Akhirnya nulis juga– its my life now


Bismillahirrahmanirrahiim…akhirnya nulis jugaaa… kebeleet laah udah lama banget pengen nulis, rasanya kepalanya udah ga kuat pengen numpahin isinya (haha ini makna konotasi,, kalo denotasi serem ateuuh)

mungkin ini gambaran umum aja kali yaa.. ringkasan umum.. insyaallah jika ada kesmpatan mau dibahas secara detail da.. (heu jadi inget hutang tulisan yang masih nunggak: SDP, PEB, Acara pindahan dari asrama lama ke asrama baru, dan hari terakhirku bersama Etoser, ingin banget nulis ini tapi untunglah sementara ini tulisan tentang SDP sudah bisa dibaca di blog Sidik, tulisan PEB sudah bisa dibaca di blog halim, yang lainnya dihutang hehe..^_^).. dan di kepala ini sekarang pengen banget nulis tentang: Parungpanjang dan tetek bengeknya, awal-awal kehidupan di Parungpanjang, daily activities di Parungpanjang sebelum kerja, hari pertama orientasi Karyawan BPPT, Acara kemping CPNS baru di Cibubur bersama BPPT, hari pertama kerja bener2 kerja, lokakarya Sampah dengan LKPD, dan betapa merasa beruntungnya aku di BPPT… hahahah banyak yooo…cicil satu satu ah… mumpung sempet.. padahal mah ada dua buku tebel yang nunggu buat dibaca.ya sudahlah ya..

 

pertama dari cerita kepindahanku di suatu pagi tanggal 25 Januari 2011..hari yang terasa begitu berat.. hari hijrahnya diriku pada suatu tempat baru bersama seperangkat kehidupan baru tanpa Etos, tanpa Salman, tanpa saudara2 lingkaran cahayaku bersama adik2 mentee.. argh seperti kata Sherina.. akankah kutemukan kebahagiaan seperti yang kutemukan di sini ketika ku pindah ke sana..bersama Ummi, Aa, Emma, Bapak, Kang Ahul, dan adik kecilku Iis, akhirnya kami pergi membawa setumpuk barang yang bejibun banyaknya menuju satu desa kecil di perbatasan kabupaten Bogor dengan Tanggerang, tempat Paman dan Bibiku tinggal selama ini.. meskipun ada masalah kecil ketika pindah, akhirnya bismillah pada pukul 10.00 WIB aku pun hijrah..

Di Awal kehidupan baruku yang kulihat adalah kesan pertama yang lumayan menggoda. Sejak dulu aku begitu menginginkan bertempat tinggal di dekat persawahan, dan kini Allah mengabulkannya, di depan rumah Paman terbentang permadani hijau yang selalu membuatku nyaman menatapnya.. begitu menawan akan kesegarannya yang memukau.. ah.. Allah Engkau Memang Maha Mengetahui. Paman dan Bibi menjaga warung kecil dan pnggilingan beras di belakang rumah. Ketika di awal sebelum aku kerja, ketika Paman bertugas menggiling beras, maka akulah yang jaga toko.. hehe.. jadinya ngerasain gmana dagang dan melayani pembeli.. banyak pengalamn lucu juga di sini..keren laah..

Pada awal Minggu pagi pertama, aku berlari-lari kecil menyusuri jalan di sekitar rumah.. woow… desa abis laaah.. seneng banget di sini.. asyik..hari Jumat tanggal 28 Januari aku juga jalan-jalan ke Jakarta, ceritanya mah survey jalan buat tanggal 1 nanti.. hehe,, berhubung aku adalah seorang train-addicted, maka seneng banget ketika tau bakal naek kereta tiap hari.. hmm tapii,, ada juga unsur2 yang AMAT TIDAK DISUKAI: ikhtilath dan asap ROKOK… argh.. ya Allah jauhkan aku dari hal2 yang tidak Kau Ridhai..tanggal 29 Januari juga jalan2 ke Pasar Tanah Abang.. hehe kali ini nyiapin seragam buat dipakai orientasi..wow lebih keren dari Pasar BARU!!.. kayanya ya orang2 makmur kalo cukup uangnya belanja ksini mulu da.. habis barangnya bikin mata seger laah.. kreatifitas manusia yang amat menawan.. bagus bagus!!!

Tanggal 1 Februari, orientasi dimulai.. pertama kali menjajaki kehidupan BPPT.. DAN KESAN PERTAMA yang begitu sangat menggoda.. hahaha.. jadi teringat tahun 2005 silam ketika pertama kali menjejakakn kaki di gedung ini.. perasaan aneh yang membawaku melayang ke masa lalu juga berlari ke masa depan..

Mereka KEREEEEEN teramat KEREEEEENN.. Pak Marzan menyebutkan beberapa anak buahnya yang mengukir prestasi nasional dan internasional bikin NGILER laaah.. trus pemaparan tentang BPPT juga bikin melongoo.. Subhanallah,, ngerasain perasaan syukur yang begitu meluap-luap,, EMANG REJEKI MAH GA AKAN KE MANA… Bisa jadi BPPT emang jadi ladang iin… apalagi ternyata setelah dipikir-pikir,, beberapa list IMPIAN iin bener2 bisa terwujud di sini..ARGH!! Ga Sabar nunggu!!!hehe..

perkenalan dengan teman satu angkatan CPNS BPPT 2010, asyikkk.. lucu, gokil, ramah,, itu kesan yang kudapatkan. Dan mereka seangkatan hobi banget ngegodain logat Sunda yang aku miliki.. teh.. mah..dan ternyata banyak juga yang udah ga single lagii… wow.. banyak juga ikhwahnya lhooo… di Msjid Iqro-BPPT nemuin beberpa yang mendawamkan sunnah2 Rasulullah.. trus setelah ngobrol2 ma beberapa orang juga ternyata emang bener ikhwah..kalo yang akhawat kurang lebih ada 8 orang dari 63 orang.. masih dikit sihh tapi lumayan laah.

aku merasakan GEMURUH SEMANGAT yang bukan main besarnya di sini.. dan satu hal yang kuazzamkan adalah ALLAH, AKU GA AKAN NGULANGI KESALAHAN YANG AKU LAKUKAN SEMASA AKU KULIAH!!!! AKU TAHU AKU BISA BERPRESTASI, DAN AKAN KUBUKTIKAN DI SINI BAHWA GRAFIK PRESTASIKU AKAN KEMBALI MENANJAK,, SAMA HALNYA KETIKA DI SD, SMP DAN SMU… BAHKAN KUAZZAMKAN BAHWA DI SINI-LAH GRAFIK ITU AKAN MENCAPAI TITIK MAKSIMUMNYA…

Azzam ini telah membawaku menjadi penerima hadiah terbanyak ketika orientasi!!! hahaha Ga ada yang ngalahin, mulai dari jumlah pertanyaan yang kuajukan, jumlah jawaban yang dengan lantang kugema-kan, keaktifan di kelompok yang juga ga maen2 aku keluarkan.. dan akhirnya baik Small team Outbond maupun team kedeputian yang menjadi kelompok terbaik selama orientasi.. YEEAH!!! awal yang baik,, dan aku pun semakin termotivasi dan termotivasi lagi..

Sepanjang hari-hariku di sini,, yang cukup membuatku semakin tersenyum dan bersemangat lagi adalah SMS SMS yang kuterima dari adik2 kecilku.. tiap hari ada aja obrolan2 kecil,, ledek2an, ada yang laporan kegiatan, ada yang konsultasi keuangan, sampe curhat ketika sang adik2 lain pada ga mau dibawa pleno.. wkk.. yang paling manis adalah SMS yang kemarin aku terima “kakak… aku kangen…” dan dari SMS di awal2 (lupa tanggal berapa) yang isinya.. teteh tak tergantikan,, di Bandung pun ada yang kurang…terharu, sekaligus bahagia..bukan riya atau gmana tapi untuk orang sepertiku, penguatan perasaan akan semakin kuat dengan adanya ungkapan2 seperti ini..sperti ada energi besar yang mengalir yang membuatku semakin termotivasi dan semakin termotivasi lagi untuk terus berbuat yang terbaik..atau yang kadang suka bikin ngakak adalah postingan mereka di fb yang kadang aku komen2..ada yang pengen laptop, ada yang lagi semangat ber-IP tinggi.. argh!!! kalian makin keren aja dek!!! LANJUT GAN!!!

kalo ngeliat aktifitas mereka via foto2 yang diupload juga makin menguatkanku bahwa di sana adik2ku berjuang dengan begitu gigihnya maka harusnya demikian halnya juga dengan diriku di sini!!! YOSHH terbakar lagi deh semangatnya..

tanggal 7 Februari adalah hari pertama terjun ke unit kerja.. meskipun di awal aku sempat mendambakan kemurgi menjadi unit kerjaku, dan Serpong menjadi tempat kerjaku,, ternyata pilihan Allah LAGILAGI adalah yang terbaik.. tak akan terbantahkan..

oiya..bagian dari kehidupanku yang tak terpisahkan kini adalah kereta api,, hihi, karena Parungpanjang dengan Jakarta Pusat cuma oke jika ditempuh dengan kereta, maka setiap harinya, aku menghabiskan waktu sekitar 2,5 sampai 4 jam di jalan..jam 5 udah ngabur dari rumah, nunggu kereta yang datang jam 5.23 pagi dan akhirnya bergelantungan di kereta selama satu jam lebih (jarang banget dapat tempat duduk soalnya) dan nyampe di Stasiun Tanahabang sekitar pukul 7 kurang, naek kopaja 502, jalan dikit dan nyampelah di my sweeet building!! pulangnya jam 4 lebih dikit udah lari ke lift lalu jalan, naek kopaja ke stasiun dan lari dari Jakarta jam 5 sore dan dengan kereta Rangkas Jaya bisa nyampe Parungpanjang jam 6, naek angkot.. nyampe deeh.. biasanya kalo udah pulang langsung bersih2, makan dan nongkrongin TB (film Islam KTP: red) bareng Paman..maklum belum banyak kerjaan di awal2 mah..begitulah setiap hari,, nah soal berkereta api ada ceritanya sendiri.. setiap hari selalu ada cerita unik yang selalu sukses bikin aku mikir (mungkin pada sesi lain insyaallah diceritakan).

PTL atau singkatan dari Pusat Teknologi Lingkungan, adalah unit kerja yang Allah pilihkan untukku..heuhue.. nginget nginget materi Limbah yang dulu diberikan Pak Tjandra sama Bu Gelang.. yang cuma 6 SKS ( Mata kuliah Pengolahan Limbah Industri dan matkul Bioteknologi Lingkungan), dan kini nampaknya aku harus belajar cukup banyak lagi.. gapapa deh dijalanin aja..

eeh yang bikin terkejut, setelah hari pertama cuma baca Renstra dan Jurnal Teknologi Lingkungan, hari kedua ga disangka banget kalo akan terjebak pada dua aktifitas yang amat OK.. pertama adalah mengotak atik isi komputer touchscreen nya Pak Direktur,, liat2 materi, poster, film2 yang pernah dibikin PTL, subhanallah.. kembali dada ini bergemuruh melihat karya anak2 bangsa Indonesia yang luar biasa keren-nya!!! KEREN ABIZZZ… subhanallah subhanallah.. dan alhamdulillah alhamdulillah.. atas skenario yang aku alami ini

Yang luar biasa kedua adalah Pak Direktur mengajak aku mengikuti lokakarya yag dibuat Bidang 1 di lantai 3 di bawah.. akhirnya ngikut dan woooooowww.. aku tercengang melihat peserta Lokakarya yang isinya adalah pejabat tinggi kabupaten-kabupaten yang ada di Indonesia-dari Aceh sampai Papua,, subhanallah lengkap.. hahaha birokrat2 boo..di ujung baru tau kalo harga lokakarya ini 3,5 juta.. subhanallah, dan di sana aku nimbrung materi, makan, dan jalan-jalan, FREE!!! alhamdulillah lagi jadinya..

Cerita lokakarya ini adalah tentang persampahan!!! haha Ga sesimple apa yang dilihat ternyata!!!! perpaduan yang kompleks antara permasalahan teknologi, birokrasi, dan sosial!! wow!! meskipun pada awalnya agak asibg dengan istilah2 para pejabat itu tentang RPJP, RPJMN, RPJMD, MGDs.. haha pusinf juga birokrasi Indonesia..tapi yang luar biasa yang kurasakan dari pancaran para peserta lokakarya itu adalah kemauan yang begitu terasa untuk memberikan yang terbaik bagi daerahnya.. aku sih asyik,, dah beres lokakarya paling cuma bkin laporan singkat,, hehe tapi mereka balik ke daerah harus bikin master plan persampahan kabupatennya..alamak jadi pemangku kebijakan berat juga ya tanggungjawabnya…dan dalam lokakarya itu aku merasakan kebermanfaatan BPPT untuk daerah.. arghhh.. dan sekali lagi Allah SUKSES dengan indah memperlihatkan hal itu kepadaku yang membuatku terkesima dan terpacu lagi terpacu lagi…apalagi di bagian terakhir lokakarya hari ini aku diperlihatkan sosok Pak Hengki yang sudah sekian tahun lamanya di BPPT Menangani perancangan TPA Ramah Lingkungan.. yang bikin tercengang lagi..adalah konsep yang dibawa si Bapak yang jurusan Arsitek ini KEREEEEENN ABBIZZ, sampai gabisa ngedip tadi saking terpesona sama pemaparan si Bapak..

 

Allahu Rabbii,, tiada Tuhan Selain Engkau dan Nabi Muhammad adalah UtusanMu yag mulia…..Allahu Rabbiii, tiada keraguan dalam diri ini menatap kuasaMu,, dan betapa Engkau Maha Pemurah lagi Maha Penyayang yang selalu menyajikan pemandangan pemandangan mencengangkan yang selalu sukses membuatku meyakini KEKUASAANMu, skenarioMu..arghh.. sampai bingung mau ngucapin apa..

Allahu Rabbi, aku gantungkan diriku padaMu, tiada daya dan tiada Upaya kecuali Hanya Kau yang memberikannya padaku.. dan izinkan aku menggunakan segenap potensi diri ini untuk berjuang di atas jalanMu.. ketika kulihat di depanku kini,, kesempatan berkiprah begitu sngt besar, betapa kesempatan untuk menjadi KHAYRUN NAAS begitu terbuka lebar, betapa jalan untuk segera mencoret beberapa impianku tanda keterwujudannya juga nampak memperlihatkan celahnya.. dan hari ini aku bermimpi lagi bermimpi yang lebih besar karena impian2 yang kutulis kemarin nampak akan bisa segera kuwujudkan..bismillah,, dan dengan kuasaMu jagalah aku, jagalah aku di jalan ini,, dan prasangka baikku adalah skenario terbaik lagi yang akan kualami dan terus kualami.. semoga dengan smua ini aku semakin bertakwa dan bertakwa lagi…

 

 

 

About iinparlina

Seorang Insan manusia yang diciptakan Allah dengan segala kekurangan dan kelebihannya, yang mencoba menjadi seorang yang dicintaiNya, dan salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menulis, membagi sedikit sekali ilmu yang dimilikinya. Meskipun sedikit, dia berharap dari yang sedikit itu, ilmu itu bisa bermanfaat untuk orang lain sebagaimana dia pun membutuhkan Ilmu untuk membuatnya bisa menjejakan kakinya di surga.

Posted on February 9, 2011, in riak-riak jiwa and tagged , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. tulislah apa yang kamu lakukan dan lakukan apa yang kamu tulis. sukses buat kamu…

  2. Salam kenal Teh Iin, Saya sudah kerja 9 tahun, ingin masuk BPPT karena lokasi kerja deket rumah, karena sekarang jauh dari keluarga. Tapi sempet ragu-ragu mengenai pendapatan yang pastinya bakal turun jauh, selain itu juga stigma negatif masyarakat mengenai PNS.. alhamdulillah.. setelah baca blog teteh, jadi makin yakin pengen masuk bppt. kemaren udah tes TKD, hasilnya lumayan, tinggal tunggu pengumuman lolos atau nggak..

    • Salam kenal.

      alhamdulillah kalo tulisan saya memberi sedikit informasi tentang BPPT dengan baik. intinya yang saya alami sih, no place is perfect. ^__^

      even bppt juga banyak kelemahannya, cm yang saya rasakan advantages nya masih overweights kekurangan2nya. di sini saya nemu passion untuk berkontribusi ke masyarakat secara lebih luas… insyaallah ^_^

      semoga berhasil, sya doakan yang terbaik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: