sekelumit kisah perjalanan pulang ke Bandung,, lho Pulang?? bukannya harusnya pulang k cianjur??hehe


Bismillahirrahmanirrahim

hanya berusaha menuangkan kenangan ada di dalam kepala yang kurasa sayang jika tidak kutuliskan.. sebuah prasasti yang mengukir kenangan indah atas pertunjukan Allah Yang Maha Kuasa..

Tanggal 12 Februari adalah tanggal yang sudah sejak lama kualokasikan untuk kugunakan pulang ke Bandung.. buat apa?? ada banyak hal yang harus dilakukan,, yang paling utama adalah melepas kerinduan yang telah melanda selama ini, rindu teteh murabbi, rindu teman2 seliqo, rindu adek2 asrama Salman, asrama Etos, adik2 mentee yang lucu-lucu,,Selain itu juga berniat mengambil buku2 limbah yang tak kusangka akan begitu menyedot kepalaku selama seminggu ini dan waktu2 ke depannya, selain itu janji kepada dua orang adik kecil yang berulang tahun di tanggal 29 Januari dan 11 Februari kemarin.. sebenarnya bisa aja dititip ke yang lain atau dikirim via post..tapi ntahlah pengen aja pulang..

Rencana berangkat dari rumah di Parungpanjang adalah pagi sebelum jam 8, apa daya harus mngurus surat domisili buat askes dahulu, tapi yaa berangkat dari rumah akhirnya jam 12.30 tanpa tahu jadwal kereta api ke jakarta jam berapa dan naik apa ke stasiun Gambir-nya, yang kepikiran buat ke Bandung hanyalah Argo Parahyangan, kereta kesayanganku..ga kepikiran naek bus atau travel.. padahal mah penting ternyata pemikiran ini.

Ternyata pukul 12.40 ketika aku sampai di stasiun parungpanjang, kereta yang jam 12.30 baru berangkat.. heuheu sayang sebenarnya. Tapi ini adalah indikasi bahwa kayanya keretaku yang akan berangkat jam 13.19 juga akan mengalami keterlambatan. Aku bertanya pada Pak Petugas,, “Pak, saya harus turun di stasiun apa yang paling dekat ke Gambir??” si Bapak dengan enteng menjawab “Tanah Abang aja,, trus naek bajai ke Gambir.. itu yang paling deket” aku mikir bener juga yaa.. padahal asalnya aku berpikir 2 cara, cara pertama adalah ke Stasiun Kota dan naek kereta ke Gambir, dan yang kedua adalah ke Stasiun Kebayoran dan naek busway ke Gambir.. ternyata opsi dari si Bapak oke..

Pukul 14.00 kereta datang—hehe telatnya 40 menit dari jadwal, dan aku pun melaju. Seperti biasa dalam kereta aku menemukan hal yang menarik lagi.. kisah pencopetan dan hikmah bahwa zaman sekarang ini, yang namanya kepedulian nampaknya udah makin jarang ditemukan.. seorang Ibu tua yang bergelantungan sementara, di kursi dekatnya seorang anak muda duduk dengan nyaman sambil merokok..hmm.. di mana tenggang rasa ya?? terlalu sering aku menemukan pemandangan seperti itu baik di perjalanan berangkat maupun di perjalanan pulang kerja..

Pukul 15.15 kereta sampai di stasiun tanahabang. Segera ku turun dan kucari bajai.. haha ini pertama kalinya naek bajai.. dan belakangan baru tahu kalo ongkos bajai mahal yaa.. astagfirullah Bapak Bajai maaf kalo saya mendzolimimu..

Pukul 15.30 sudah mengantri di loket kereta berharap dapet tiket argo yang bisnis.. yang parah ternyata, yang argo keberangkatan jam 4.15 sudah penuh baik itu bisnis maupun eksekutif, aku termangu,, ya sudah aku beli saja yang jam 7.. janji adalah janji itu yang aku pikirkan lagipula masa mau balik lagi, udah kepalang maju ya hajar ajaa!!..tapi,, setelah dipikir, nunggu 4 jam di sini?? hmm,, ga deh,, maen dulu ke mana?? ga juga ah, dan yang paling penting adalah ketika melihat jam tiba di bandung adalah jam 22.30 astagfirullah adakah angkot stasiun dago yang hadir jam segitu?? kalo diputar ke bis,, harus ke manakah aku? Ke Kp Rambutan?? subhanallah jam perjalanan dulu dari Kp Rambutan ke Jakpus adalah 1 jam 30 menit.kalo nyampe pun di Leuwipanjang, adakah Damri?? tentu tidak..argh!!.travel?? inget Ayu dulu ketika pulang ga jadi kereta di gambir dapet travel yang di sekitar stasiun..ahh kucari tapi tak ketemu, kucoba datang ke customer services, kali aja ada yang cancel keberangkatannya..ternyata tidak. Dan pukul 3.45 barulah kepikiran BPPT.. aha,, Baraya Travel ada setiap sejam, dan lokasinya ada seberang BPPT, di dalam kompleks Sarinah.. akhirnya bismillah kuputuskan meng-cancel keberangkatanku yang jam 6 heuheu meskipun kena denda.. tapi ya sudahlah,, dan ku berlari menuju busway..yang subhanallah adalah betapa lancarnya perjalananku apalagi yang bikin tercengang adalah ketika di Shelter Harmoni yang biasanya antrinya bikin OGAH setengah idup karena saking padat merayapnya, tapi saat itu begitu lenggang. Jam 4 aku pun melaju ke jalan Thamrin, tempat My Sweeet Building berdiri..Pukul 4.09 nyampe di Baraya Travel dan alhamdulillah dapet keberangkatan yang jam 4.15.. dan di sini lah aku sekarang.. keberangkatanku ke Bandung jam 4.15 seperti yang kurencanakan, meskipun gajadi pake Argo Parahyangan melainkan Baraya Travel..

Kisah perjalanan kali ini menyapa dengan sekian hikmah..yang kurasakan adalah betapa Allah sebenarnya menunjukkan jalan, hanya saja bisa jadi kita yang terlambat menyadari jalan yang dipilihkan. Dan benar bahwa bisa jadi kita menyangka bahwa jalan yang kita pilih adalah yang terbaik.. tapi ternyata ada jalan lain yang jauh lebih baik,, yang jauh lebih memberikan kesempatan diri untuk berkembang..selain itu hikmah bahwa kedekatan kita dengan Allah dan Rasulnya adalah jalan untuk membuat sensitifitas kita terhadap petunjuk2 Allah semakin terlihat. Kali ini aku merasa aku tidak cukup cepat untuk menangkap petunjuk yang diberikan Allah.. artinya kedekatanku terhadap Allah, Rasulullah, Al Quran dan Hadits harus ditingkatkan lagi..

yosh bismillah!!!

Advertisements

About iinparlina

Seorang Insan manusia yang diciptakan Allah dengan segala kekurangan dan kelebihannya, yang mencoba menjadi seorang yang dicintaiNya, dan salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menulis, membagi sedikit sekali ilmu yang dimilikinya. Meskipun sedikit, dia berharap dari yang sedikit itu, ilmu itu bisa bermanfaat untuk orang lain sebagaimana dia pun membutuhkan Ilmu untuk membuatnya bisa menjejakan kakinya di surga.

Posted on February 12, 2011, in riak-riak jiwa. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: