My Lovely spacsa 02


Jika kau bertanya, masa apakah yang merupakan masa-masa yang paling indah bagiku?? Jawabannya banyak hehe,, banyak event yang menjadi masa-masa yang sangat indah, tentu yang paling mengesankan adalah masa-masa pertambahan keimanan. Namun ada masa-masa yang indah yang kurasakan menuju kedewasaan yang juga memiliki kesan yang cukup mendalam, dan secara umum masa yang kulalui ketika SLTP adalah masa yang sangat berkesan di mana setelah kupikirkan sekarang, bahwa masa itu adalah masaku menapaki masa kedewasaan yang Allah jaga keberadaannya, meskipun aku tahu bahkan saat itu jilbab juga belum kukenakan..

Satu hal yang menggali kenangan-kenangan ini adalah acara buka bareng spacsa02 kemarin pada tanggal 28 Agustus 2011. Jika standar penyebutan angkatan adalah tahun masuk, sebenarnya ga tepat sih disebut angkatan 2002 karena tahun 2002 adalah tahun keluar kami dari SLTPN 1 Pacet, karena kami bareng bareng masuk pada tahun 1999 makanya NIS (Nomor Induk Siswa) kami berawal dari angka 99, seperti diriku yang punya NIS 99001022 haha masih inget banget karena kelas 1 aku bernomor absen 22 dan berada di kelas 1A, kelas paling awal di angkatan kami.

Mengapa masa-masa yang kulalui sangat berkesan bahkan jauh lebih berkesan dari masa SMU yang kulalui.. bukan apa2, tapi merasa produktifitas dan pemanfaatan masa muda yang begitu terasa, plus kedekatan bersama teman2 yang kurasakan juga menjadi pengikat hati kami,, bahkan setelah 9 tahun lamanya kami berpisah..aku ingat di SLTPN 1 Pacet ini aktifitas yang sangat bermanfaat seperti menjabat sebagai sekretaris umum OSIS Spacsa periode 2000-2001, pramuka, dan lomba gerak jalan. Banyak kegiatan ikutan yang menjadi bagian dari kehidupan kami saat itu, seperti MOS/Masa Orientasi Siswa, LDKS/Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, Pelantikan Pramuka Penggalang, pengisian buku saku, PMR, classmeeting atau apa ya namanya dulu, seleksi Lomba Gerak Jalan Indah (LGJI), Mencari Jejak (wadegame), persami (perkemahan sabtu minggu), serah terima jabatan OSIS 2001-2002, lomba cerdas cermat di Universitas Suryakencana-Cianjur, pertempuran 5 hari di SMAKBO-Bogor, kasus tahi ayam di kelas 3A, dan terakhir kelulusan angkatan kami.. tentu peristiwa-peristiwa itu hanya sebagian kecil dari menyenangkannya kegiatan belajar mengajar yang begitu sangat mempengaruhi kehidupanku,, terutama kecintaanku terhadap ilmu pengetahuan, dan munculnya cita-citaku sampai sampai kuingat betul nama ITB kusebut ketika aku menginjak kelas 3 SLTP..

Mungkin aku tak bisa menyebutkan setiap kejadian indah yang kurasakan ketika itu dengan detail karena sedemikian banyaknya.. dokumentasi pun juga jarang karena aku tak punya kamera dan zamanku hape belum jadi kebutuhan sekunder bahkan tersier pun masih belum, so.. momen2 itu hanya bisa tertangkap memori dan terukir dalam benak kami..

Aku ingat betul saat itu aku datang dengan rasa berdebar memasuki SLTP terbaik kecamatan Pacet, dan menempati urutan rengking ke 12 urutan NEM. Aku masuk kelompok pangeran Diponegoro bersama beberapa orang yang kuingat betul namanya bahkan hingga sekarang: Gita Rianti, Irma Yusnita, Flori Indrasanti, Indriati Putri Hasan.. heheh.. yang lainnya lupa2 ingat ^_^. MOS yang sangat berkesan yang mengantarkanku kepada perkenalan dengan Guru Terbaik yang kupunya: Bapak Dayat Kosasih atau biasa dikenal dengan nama Pak Dakos, hehehe Bapak Dakos yang mengantarkanku pada Guru Terbaik lainnya di SMUN 1 Cianjur: Bapak Fatah Asyarie atau kaisar langit atau Pak Ntah..

Nah kembali ke MOS, aku ingat betul, masa itu yang menjadi titik awal prestasiku karena dengan sandiwara canggih yang dimainkan Pak Dakos, Pak Dadan, dan segenap Panitia MOS yang membuatku nangis sedih di awal dan diakhiri dengan nangis bahagia karena aku menempati urutan pertama di 10 siswa terbaik MOS Spacsa angkatanku saat itu.. ah.. masa2 yang tak terlupakan. Hmm kalo ga salah 10 orang itu adalah: Iin Parlina, Gita Rianti, Flori Indrasanti, Indriati Putri Hasan, Purnama Sidik, haha sisanya lupa—katanya tak terlupakan?? Gimana sich?? ^_^

Berikutnya kami ber-10 disatu kelaskan bersama sekitar 30an teman yang lain, dan menjalani kelas 2 sesi.. hehe.. kelas kami digilir antara kelas pagi dan sore dengan kelas F. Haha.. ternyata kelas kami disebut kelas unggulan bersama kelas 1-H dan kelas 1-I, banyak kasus juga gara2 status itu, hehe..yang ini mah ga usah diceritain aah..

Tentang orang2 sekelasku; aku sekelas dengan Indra Khaerul Shaleh yang merupakan anak dari guruku di Sekolah  Dasar.. trus duduk deketan Citra suciani amalia, Devi Aryani, Euis Beti Hardian. Yang jadi rival sejatiku bahkan hingga kami kuliah (beda univ padahal) yaitu Flori Indrasanti—rival terbaik yang sekaligus juga jadi sohib deket wkwkw,, si jangkung yang tomboy dan tentunya sangat pintar—haha banget banget… kalo diliat di rapot kami, maka selama di kelas 1-A, 3 caturwulan, maka angka 1 selalu aku perebutkan bersama Flor, kalo aku 1, Flor di 2. Seingatku aku 2 kali juara 1 dan sekali juara 2.. hihi..dan juara 2nya juga pernah barengan ma seorang siswa cowok satu-satunya yang rengkingnya pernah bareng-Purnama Sidik, biasa dipanggil Mpur. Perebutan juara di kelas 1-A ternyata sama dengan perebutan juara umum hehe.. otomatis ketika itu aku terbilang pinter ^_^. Persaingan yang ketat antara kami bertiga yang mengantarkan kami pada posisi hmm apa ya namanya ,, mungkin pengantin wisuda kelulusan kali yaa.. di mana Siswa dan Siswi Juara Umum NEM tertinggi bersanding kaya pengantin trus sungkeman ma kepala sekolah dan pejabat sekolah ketika wisuda kelulusan.. ahahaha.. yang spesial dari angkatanku adalah jika pada tahun sebelum2nya yang disandingkan hanya siswa dan siswi terbaik (berdua:red, bener2 kaya pengantin),, nah kalo pas angkatanku yang maju ternyata tiga orang.. bisa nebak siapa aja?? Hehehe ^_^ benar, aku, Mpur, dan Flor. Aku dan Flor Cuma bareng di kelas 1-A aja, semntara kelas 2 dan 3 kami dipisah, sementara aku dan Pur, bareng di kelas 1 dan 3. Hahaha.. banyak pisan ceritanya..di kelas 3 kami bertiga banyak menghabiskan waktu bareng hehe,, buat ikut lomba2.. yang paling berkesan adalah LCTE Smakbo (Lomba Cepat Tepat Eksakta Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor) yang mempertemukan kami dengan jawara2 sejabotabek katanya mah.. dan alhasil kami dapat juara 2 ^_^. Setelah lulus, kami berpisah, aku ke SMUN1 Cianjur, Flor ke SMUN1 Bogor dan Mpur ke SMAKBO.

Teman2 1-A lainnya yang masih bisa kuingat: Gita Rianti si cantik yang jago nyanyi, Devi, Citra, Euis Bet, Euis Fitri, Indra KHS, Indra Cipta, Aceng Sirojudin dan Astri Permatasari(sekelas 3 tahun loo), Abdul kholik, Gian, Gifta, Iis Maesaroh, Meda Yuliani, Indriati Putri Hasan, Ita Fuspitawati, Bayu Rizki, Dewi, Feri Herdiman, Feri Irwan, Muhammad iqbal, Putra Setiawan, Resti, Sunarti, Yulia, Rahmat Setiawan, Rina Siti Sholihat, Nurul Ashfiani, Nurvina Achdiani, Agus Supriatna, Ricky Febriansyah, Regi Febriawan, ahaha.. maaf teman ga ingat semuanya..

Kalo 2-C: Siti Munawaroh, Siti Marina, Dian Anggraeni, Masbullah, Asep Yuniarto, Riri Andriasari, Herni, Asri Maharani, Yulianti, Iedham Regian R, Santi, huaa lupaaa

Kalo 3-A: Tia Nuralifah, Puri Arum Lestari, Bayu, Ari Permana, Friska Nia Safitri, Rini Agustini, Titin Sumarni, Novi, Puji, Delih Ratnasari, makin lupa heuuuuuuu…

Juga ada sahabat Osis yang lainnya macem Deni Mulyandi, Imam, Neneng Rodiah, temen2 pramuka, temen2 beda kelas tapi kenal.. dan lain sebagainya..Subhanallah.. persahabatan yang telah terjalin tak semestinya kandas karena terpisahkan oleh waktu dan tempat.

Haha.. satu hal lagi yang kuingat adalah cinta2 monyet ketika di SLTP.. pas zamanku, cinta monyet masa SLTP belum se-umum seperti sekarang, jumlah yang pacaran dibanding yang belajar masih jauuuuuh banget.. tapi memang masa indahnya kali yaa,, ada we yang suka-sukaan.. hahaha.. tapi memang kalo jodoh ga ke mana dan kita gatau jodoh kita siapa,, buktinya sahabat baikku bernama N yang menyukai sahabatku yang bernama R. Gayung bersambut dan akhirnya keduanya pacaran, dan kini R menikah dengan N yang lain dan N menikah dengan pria lain juga.. itulah kehidupan, kita gatau pasti masa depan kita kayak gimana, tapi yang jelas tetep berusaha terbaik buat Allah..

Kusadari bahwa ternyata aku lemah dalam mempertahankan hubungan lama yang pernah terjalin. Dan kemarin ketika moment buka bersama datang kusempatkan hadir bersilaturahim dengan sahabat2 yang telah terpisah sekian lama-misalnya kaya Iqbal yang masih satu SMU paling pisahnya Cuma 5 tahun, juga dengan Puji, Irvan alias Moeng, kalo Flori mah emang sering ketemu heheh,, terakhir ketemu sebelum di sini adalah di gedung BPPT Lantai 6 pas mau ketemu Kemenristek katanya..kalo sama Purdik, Iedham, Eman, Ari, dll yang bener2 kepisa setelah lulus SMP mungkin rentang waktunya bisa nyampe 9 tahun lamanya.. waktu yang cukup lama untuk bisa mengenali wajah dan suara.. kayak kata Mpur-katanya pangling banget ma aku heheh.. ya eyalah wong iin di SMP kan ga jilbaban ^_^.

Ukhuwah memang mudah dkatakan tapi sulit untuk diwujudkan, bahkan dalam diriku kurasakan ada hambatan internal yang membuatu terkadang susah untuk sekedar menyapa dan bersilaturahim dengan teman lama, dan momen bubar ini bener2 menyadarkanku tentang arti penting hal itu semua. Meskipun aku pun sudah banyak mengenal orang lain:ITB, Salman, Etos, BPPT, Mata, dll,, dan demikian juga dengan yang lainnya,, ada komunitas2 baru yang menjadi bagian hidup mereka, namun mudah2an kenangan kami masa SLTP tetep terkenang dan menjadi momen bersejarah yang menyatukan kami smua.. tidak hanya SLTP sebenarnya bahkan temen2 SMU, ITB, dan lain2nya pun juga tetap harus bisa kujaga dengan baik..

Tapi… yang pasti aku kangen dengan yel yel yang satu ini!!! SLTP Negeri 1 Pacet????SATRIAAA!!!!

Uhibbukumfillah Akhi wa ukhti, berharap di mana pun kita berada, Allah senantiasa menjaga kita dalam keistiqamahan mencintaiNya…

Advertisements

About iinparlina

Seorang Insan manusia yang diciptakan Allah dengan segala kekurangan dan kelebihannya, yang mencoba menjadi seorang yang dicintaiNya, dan salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menulis, membagi sedikit sekali ilmu yang dimilikinya. Meskipun sedikit, dia berharap dari yang sedikit itu, ilmu itu bisa bermanfaat untuk orang lain sebagaimana dia pun membutuhkan Ilmu untuk membuatnya bisa menjejakan kakinya di surga.

Posted on September 5, 2011, in cahaya pelangi and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. ngasih makan ikan dulu ahh mas,,, hihi

  2. hmmm.,,…
    jadi teringat lagi masa-masa sekolah dulu nich mba,,,, tentunya gak jauh beda sama pengalaman mba waktu sltp,, banyak sekali hal-hal yang sangat berkesan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: