A review- my first journey to Germany


Mendapat kesempatan untuk bisa mengunjungi negara Hitler, sungguh sangat menyenangkan, meskipun di awal ada beberapa masalah yang harus dilewati, namun akhirnya alhamdulillah dengan izin Allah, pada tanggal 26 November 2011, aku pun menjalani penerbangan pertamaku ke luar negeri yang juga merupakan kali pertamaku merasakan dahsyatnya teknologi aeronautika dan aerodinamikanya pesawat terbang.

Dengan berbekal satu koper dan satu tas ransel, aku berangkat dari kosan pukul 14.30 dan terbang dengan menggunakan pesawat KLM-Royal Dutch pada pukul 19.30. sempat transit di Kuala Lumpur, dan mengintip kecanggihan Malaysia yang tampak di bandara, plus transit di negeri kincir angin, negeri yang kujadikan impian untukku jadikan tempat menimba ilmu teknik kimia lebih dalam.

Setelah mengalami perjalanan selama kurang lebih 18 jam, akhirnya sampai di airport Dusseldorf, Jerman, dan akhirnya menginap di kota Essen.

Ada banyak hal yang kudapat selama perjalanan sampai Essen,, banyak sekali hikmah yang mampir di kepala, renungan tentang nasib, perjalanan waktu, perbedaan antara Indonesia dengan Malaysia dan bangsa Arya lainnya, termasuk pula renungan teknologi aerodinamika yang membuatku terpukau,, bagaimana tidak, teknologi inilah yang bisa membuatku terbang melayang di langit setinggi 3500 feet. Melayang di belahan benua dan samudera yang luas,, mengitari belahan bumi… ya… perjalanan ke Jerman ini sangat menakjubkan… alhamdulillah alhamdulillah.. Segala puji hanya untuk Allah.

Satu hal yang ingin kulihat ketika menginjakan kaki ke jerman adalah salju. Hehe,, namun ternyata, winter di Jerman belum sampai pada tahap salju turun.. meskipun begitu, di hari ketiga ketika perjalanan ke Glessenwasser aku melihat salju putih di rerumputan dan atap-atap rumah Jerman yang bentuknya sangat khas itu.. sangat efektif.

Hal yang membuatku begitu exciting juga adalah kesadaran bahwa aku kini berada dalam level pertemuan internasional, di mana bahasa Inggris menjadi bahasa yang digunakan,, menyadari bahasa inggrisku agak pas2an aku kawatir juga sebenarnya, cuma ya.. namanya juga belajar!!! kapan lagi!!

Aku di sini bersama 15 orang peserta lainnya yang berasal dari Indonesia dan India, 5 termasuk aku adalah Indonesian, dan 11 orang lainnya adalah Indian,, ada banyak hal yang menarik antara India dan Indonesia di sini.. banyak hal… hehehe

Yang mejadi sedikit kekawatiran di kepalaku adalah bahwa aku bersama para petinggi dari masing masing perusahaannya. Of course, aku yang baru menjalani 10 bulan masa kerja di instansi pemerintahan merasa aku tidak ada apa2nya dibandingkan mereka,, namun bismillah saja, dengan niat belajar aku pun berusaha mengikuti flow acara ini.. meskipun di kenyataan pun juga bener2 mereka menunjukan keahlian dan pengalaman mereka yang benar2 membuatku terpana—haha berhubung aku yang dari instansi pemerintah, agak agak gimana gitu. Pada beberapa hal, aku memang tidak bisa mengimbangi mereka, udah mah bahasa inggris, hahah bahasa dan istilah yang digunakan dalam program training ini juga teknis banget.. hahaha untungnya bawa diktat Sistem Utilitas II yang cukup banyak membantu, karena jujur bahan traingin energy effisiensi ini adalah pure dari SU,,, sempet gimana gimana juga berhubung aku pun tidak menguasai materi SU yang dominasinya sebenarnya memang garapan teknik mesin.. tapi lumayanlah.. sedikit sedikit mah dapet dan nyangkut di kepala.. Banyak hal baru bagiku, termasuk misalnya trigeneration, photovoltaic system, energy management system, building management system, green building, green retailing system, dan masih banyak lagi.. dan buat ini alhamdulillah banyak sekali ilmu baru yang membuatku semakin bersemangat dalam menimba ilmu—haha termasuk mempertanyakan kembali cita-citaku heuheu karena ternyata di sini kusadari bahwa aplikasi keteknikkimiaanku ternyata belum semantap yang kukira, jika mau benar2 aplikasi ya mau tidak mau ke swasta, hehehhe…. untuk ini, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan karena ku tahu bahwa Allah yang menunjukan jalan, tapi pada hakekatnya kita juga yang milih, benar??

Di sini banyak sekali renungan tentang komparasi antara banyak hal, misalnya kebijakan antara pemerintah jerman dengan pemerintah Indonesia, integritas dan kepribadian antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat jerman, teknologi yang mendarahdaging di Jerman dan belum di Indonesia,, heuheu,, asa banyak kepikiran pisan.. banyak pelajaran, banyak pertanyaan, banyak kesan, banyak pemikiran,, namun yang jelas, akan menuntun pada aksi yang nantinya akan kulakukan..

Semoga Allah membimbing jalan yang kutempuh… aamiin.

Hal menarik lain yang kudapat misalnya, kecenderungan masyarakat Jerman yang lebih suka berbahasa Jerman daripada Inggris.. bukan karena mereka gabisa, tapi karena prinsip bahwa sebenarnya mereka merasa bahwa negara Inggris (England) tidak jauh lebih baik.. gengsi kali ya.. tapi kalo di ranah bisnis dan akademik sih mereka mau juga.

Hal yang lain2 mungkin berkisar antara betapa bangsa Arya dikaruniakan Allah penampilan yang subhanallah.. di sini banyak mengucap subhanallah juga karena terpana kecantikan rupa yang diberikan Allah kepada mereka. Bukan berarti aku tidak bersyukur atas apa yang Allah berikan kepada rumpun bangsa melayu toh setiap bangsa punya kelemahan dan kelebihan, tapi ya cuma subhanallah aja…hehe agak wajar juga kalo mereka mementingkan banget yang namanya penampilan, makanya fashion di sini bener2 waah… dan harganya pun waaah.. mahal mahal!!!

Jerman negara yang kaya ini memang tidak terlalu banyak menemui kesulitan dalam aplikasi teknologi yang canggih sekalipu.. beda pisan ma Indonesia, udah mah miskin banyak pula korupsinya, tapi ntah mengapa aku punya feel, meskipun kaya-kaya, negeri2 bangsa Arya tetep punya keinginan menjajah.. hahha,,, dalam bentuk yang modern tentunya..

Seminggu di sini juga menumbuhkan keinginan bagiku untuk mencoba menjadikan Jerman sebagai salah satu tujuan sekolah nanti hehehhe… meskipun Netherland is the best for me, but Deustchland is also good.. ^_^. kalo dapet Ermun mungkin bisa dua duanya sekaligusss.. hahaha ngarepdotcom.

Di sini aku bersama 1 akhawat cantik yang menjabat CRO PT Energi Management Indonesia, satu orang bapak yang menjabat sebagai Estate General Manager di PT Besland Pertiwi, satu orang Bapak yang menjabat sebagai President Director-nya PT Mitra EnergI Batam-Medco, dan satu orang Bapak yang menjabat sebagai Technical Superintendent PT Riau Andalan Pulp and Paper. Look how the precious person they are, and me?? hohoho… insyaallah…. orang yang mencoba baik di hadapan Allah.. aamiiin.

Di sini banyak sekali apotek, mall, tapi lebih banyak lagi lahan lahan kosong dan indah.. deeuuuh betapa mereka menjaga lingkungannya agar tetap asri. Jadinya seger terus, meskipun dominasi warna pohonnya merah-karena winter, tapi tetep we indah.. jadi bertekad bisa kesini lagi di musim semi iiih.. moga Allah mengabulkan. Aamiiin.

Hawa jerman sekarang sampai 5 derajat, untung ga 0 atau bahkan minus, karena 5 derajat the udah dingin pisaaan.. alhamdulillah peralatan untuk ngadepin dngin ini sudah disiapkan cukup maksimal, meskipun ternyata tetep aja ada yang ga kepake ^___^.

Segitu dulu aah.. ini hari kelima kutulis, masih tentang gambaran umum perjalanan.. insyallah kalau sempat mau nulis tentang yang lainnya.

 

About iinparlina

Seorang Insan manusia yang diciptakan Allah dengan segala kekurangan dan kelebihannya, yang mencoba menjadi seorang yang dicintaiNya, dan salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menulis, membagi sedikit sekali ilmu yang dimilikinya. Meskipun sedikit, dia berharap dari yang sedikit itu, ilmu itu bisa bermanfaat untuk orang lain sebagaimana dia pun membutuhkan Ilmu untuk membuatnya bisa menjejakan kakinya di surga.

Posted on December 6, 2011, in riak-riak jiwa and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Barakallah Teh Iin🙂

  2. baarakallah in..kangeeeeen pisan ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: