di balik layar pembuatan tulisan untuk kompetiblog Neso


Take your dream seriously!!!!  Itulah 4 kata yang terngiang di kepalaku ketika aku berada dalam proses pembuatan artikel untuk kuikutkan di kompetiblog 2012-nya Neso. Mimpiku jelas bukan memenangkan hadiah Neso yang menggiurkan itu. Memenangkan lomba blog Neso merupakan satu langkah yang bisa membuatku semakin dekat kepada impianku yang sebenarnya dan membuatku semakin bersemangat mengejar mimpi-mimpi itu. Hadiah summer school ke Utrecht memang menggiurkan. Sebagai seorang yang sangat kagum akan Negara kincir angina, tentu ini menjadi salah satu sarana pengenalan sekaligus penyemangat diri untuk bisa benar2 ke sana untuk mengenyam pendidikan tinggi di master, doctor atau bahkan Phd.

Sebenarnya aku tahu keberadaan kompetiblog sejak bulan April, hanya saja, karena satu dan lain hal jadinya aku baru bisa baca semua petunjuk informasi pada tanggal 12 Mei 2012. Si informasi sudah ku-pin sebagai application tab di Mozilla, tapi yaaaaaa beneran baru bisa  kubaca dengan benar pada tanggal 12. Mataku blink blink ketika melihat deadline penulisan adalah tanggal 15. Ngek!!! Belum ngumpulin bahan, belum dapat ide, belum nulisnya dan lain sebagainya, mana tugas di kantor lagi numpuuuuuk senumpuk numpuknya.

Namun, perasaan membara membuatku bertekad aku akan memasukan tulisanku apapun yang terjadi !!!! dan dengan tekad membakar tersebut, akhirnya dengan selamat sentosa meski dengan banyaaaaaaaaak sekali hambatan, dua tulisan yang kubuat kuregister untuk dimasukan ke dalam lomba. Artikel kedua terregister pada pukul 23.20, hanya beberapa menit menjelang penutupan.

Terdapat banyak sekali hikmah yang kuperoleh dengan mengikuti lomba ini, apapun hasilnya nanti. Pertama, aku menikmati perjuangan dan setiap detik yang kuhabiskan dengan sungguh sungguh untuk membaca satu demi satu artikel bahan dan kemudian menuliskannya. Sangaaaaat menikmati hingga ga sadar menghabiskan waktu di kantor sampai jam 9 karena keasyikan baca. Yang membuatku sangaaaat asyik mengerjakan ini adalah you know, Belanda adalah Negara yang sangaaaaaaaaaaat ingin kuinjak untuk belajar. Sejak tingkat 4 jatuh hati pada kuliah Kemurgi dari Pak Tatang yang merupakan lulusan dari Delft, ditambah dengan penelitian biofuel berbasis biomassa yang membuat keinginanku semakin bertambah dan bertambah lagi. Memang sih pernah menginjak Belanda di bulan November 2011 yang lalu. Menginjak untuk singgah di bandara Schipol dan melayang di atas Negara itu untuk selanjutnya meninggalkan jejak di negeri Jerman. Pengalaman yang sangat menyenangkan memang. Soooooo ketika temanya adalah Dutch Creativity, aku membaca banyak artikel tentang Belanda, and all of my article I read are very exciting… sangaaaaaaat exciting. Apalagi yang datangnya dari univ TU Delft, hohohohoho… senangnya bisa mengenal ITBnya Belanda lebih dekattttt (calon kampus yeeeuuuuh, aaaamiiiiiiiinn). Inti dari bacaan2 itu adalah Belanda adalah Negara yang sangat sangat sangat sangat sangaaaaaaaaaaaat kreatif!!! Assssliii ga pake boong. Bener2 dah!!!! Jadi makin semangat kuliah di Belanda.

Hal kedua yang kudapatkan adalah aku mendapatkan kembali semangatku yang hilang selama setaun ini.. (ya hari2 biasa sih semangat tapi bukan merupakan semangat yang kudefinisikan sebagai semangat). Aku jadi teringat masa sekolah SMP sampai SMA di mana aku benar2 berjuang gigih segigih gigihnya untuk menguasai banyak pelajaran. Di kampus dulu ga terlalu serius belajarnya, ga sekeren semangat belajar di SMP maupun SMA soalnya… ya tapi 2 hari ini (senin dan selasa :red) bener2 kepicu bahkan buat tidur aja bener2 bisa dikontrol. Bener2 ngusahain soalnya.

Hal ketiga, insyaallah tujuan di balik perjuangan ini adalah step yang cukup panjang dari perjalanan seorang Iin Parlina dalam persiapan bekalnya menuju akhirat. Cuman memang sekilas tampaknya sangat duniawi sekali. Intinya begini, manusia diiming-imingi hadiah yang nampaknya duniawi bisa seriusssssss banget buat dikejar, nah yang jelas-jelas macem SURGA??? MAKA SEHARUSNYA TIDAK ADA ALASAN UNTUK SELALU BERIBADAH DAN MENINGKATKAN KEIMANAN SETIAP WAKTU!!!! Wong hadiahnya tiket ke surge, GA ADA BANDINGANNYA!!!! Kita pun akan merasa semangat dan menyukai aktifitas2 dalam proses pengejaran hadiah yang diiming-imingi tersebut.

Hal yang keempat adalah pengingkatan kemampuan menulis yang kurasakan, meskipun yaaa beberapa ada yang masih rancu, kurang dalam diksi, dan lain sebagainya, tapi jelas aktifitas ini membuatku serius menekuni dunia tulis menulis. Hehehehehe… jadi inget point impian di nomor  40, 45, dan 58!!!!

Hal yang lainnya adalah terasanya efektifitas waktu hehehhe, THE POWER OF KEPEPET!!!! Dalam 2 hari di sela2 kesibukan ber-REEEP ria, aku merasa waktu yang kupakai sangat efektif, termanage lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya, insyaallah ini kebaikan, jadi aku merasa Alhamdulillah disibukkan dengan aktifitas kebaikan. Semoga kedepannya pun begitu ^__^, teruuuuuuuus dijaga Allah dengan aktifitas kebaikan. Nah soal dedline, aku the ngerasa kalo aku adalah tipe orang yang terpicu dengan masalah dedline, udah beli dan buku Solikhin Abu Izzudin tentang Deadline Your Life dan sebenarnya kita bisa mendedline diri kita sendiri looo…

Karena sudah setengah jam aku nulis ini, akhirnya yaaa… aku berharap Allah memberikan yang terbaik.. dan yakin kok kalo Allah akan memberikan yang terbaik.

About iinparlina

Seorang Insan manusia yang diciptakan Allah dengan segala kekurangan dan kelebihannya, yang mencoba menjadi seorang yang dicintaiNya, dan salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menulis, membagi sedikit sekali ilmu yang dimilikinya. Meskipun sedikit, dia berharap dari yang sedikit itu, ilmu itu bisa bermanfaat untuk orang lain sebagaimana dia pun membutuhkan Ilmu untuk membuatnya bisa menjejakan kakinya di surga.

Posted on May 22, 2012, in riak-riak jiwa and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Ikut mendoakan semoga menang dengan kontesnya Mbak, dan belajar di Belanda🙂

    • terima kasih banyak doanya. sudah ada pengumuman 30 besar dan dinyatakan tidak masuk kategori tersebut. ^__^, ndak apa, insyaallah masih ada jalan lain. Sekali lagi terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^__^, salam kenal juga

      Iin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: