Di balik layar pembuatan artikel kompetiblog neso 2013


Tahun ini, dr awal aku sudah bertekad untuk mengikuti kembali lomba kompetiblog neso berhadiah summer school di urecht university. Bahkan sebelum countdown nya dimulai, aku udah nyiapin bahan sedikit dan bermaksud menulis 3 artikel tentang lingkungan, energi, dan satu lagi belum kutentukan apa bidang yg akan kugarap. Tahun kemarin temanya kreativitas belanda, nah mulai deh nebak2 tema tahun ini apa…
Setelah tahu tema besarnya adalah tentang pionir. Aku sebenarnya udah ngeh sama pola kompetiblog yang rata2 mengaitkan inovasi belanda sama tema. Jadi pikiranku saat itu adalah bagaimana mengaitkan inovasi dengan ke-pionir-an mereka.
Nyatanya, pikiran ga semudah eksekusi. Sempet ganti2 bidang yg mau kutulis. Asalnya pengen bahas reaktor uasb dmn prof Lettinga menginspirasi dunia dengan jenis reaktor yg dikembangkannya tsb. Tp terus berubah ke penemuan d bidang energi. Ganti2 terus sambil ngumpulin bahan yang banyak.
Waktu submit laporan sebenarnya 1 bulan. Tapi ntah kenapa waktu.sebulan tersebut lagi mumet banget sampai jadi bingung mau nulis apa.. Dung dung dung… Padahal bahan udah banyak banget. Makin dibaca makin banyak kepengen nulis ini nulis itu.. Bahkan saat itu pengen bahas aspek agrikultur belanda yang memang ekspor produk pertanian dg lahan seuprit begitu.
Tiap hari aku maen k blog kompetiblog, sekedar pengen tahu peserta yang lain nulis apa. Kebanyakan nulis tentang water management, tulip, smart-way, atur Pernikahan gay, dll. Sedikit lega karena bahasan reaktor uasb belum dibahas. Tapi sayangnya, lama kelamaan, ngerasa kok ga bakal menarik ya? Akhirnya fokus ke bahan energi.
Tanggal 8 belum juga nulis. Padahal itu deadline nya. Tapi sempet lega karena deadline diundur sampe tanggal 12. Kayanya jumlah peserta yang ikut tahun ini cukup berkurang banyak karena pada hari H pengumpulan, jumlah artikel yang masuk baru 200. Padahal seingatku tahun kemarin, hari H pengumpulan, artikel yang masuk udah 500an. Mungkin karena sekarang pemenang ga boleh milih summer school yang dipengenin kayak kemarin, hanya terbatas pada 2 courses dan itupun ga ada yang tentang ilmu eksak.
Tapi yowes, nyoba mah nyoba aja..
Naah si aku teh yang punya watak deadliner ngerasa dengan adanya tambahan 3 hari bisa nuntasin si tulisan. Tapi eeeh tahukah kawan, target tinggal target.. Karena ga mampu bakar kapal (pinjam istilah pak kholik btl, ga fokus; red) maka artikel yang tuntas hanya 1 dan itupun selesai jam 10, hanya 2 j sebelum submisi ditutup total. Mau lanjut bikin ngerasa udah ga sanggup, dan akhirnya terlelap dengan kondisi ga pede banget sama si artikel.
Argh… Karena tiap hari ngikutin update kompetiblog, makanya tahu banget mana artikel yang istimewa mana yang ngga (pake parameter diri sendiri) dan ngerasa gak pede sama tulisan yang kukirim, meski benar bahwa tulisan ku punya karakter unik tersendiri. Ahahahah…
Sudahlah, gatau juga karena gabisa nebak2.. Kita tunggu saja pengumumannya.

Advertisements

About iinparlina

Seorang Insan manusia yang diciptakan Allah dengan segala kekurangan dan kelebihannya, yang mencoba menjadi seorang yang dicintaiNya, dan salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menulis, membagi sedikit sekali ilmu yang dimilikinya. Meskipun sedikit, dia berharap dari yang sedikit itu, ilmu itu bisa bermanfaat untuk orang lain sebagaimana dia pun membutuhkan Ilmu untuk membuatnya bisa menjejakan kakinya di surga.

Posted on May 17, 2013, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: