Mimpi adalah…..


miscellaneus (5)

Berjalan di pematang kehidupan untuk menggapai impian itu seperti memiliki personal  compass yang bias membuat hidup kita memiliki arti yang sesungguhnya, karena pada dasarnya mimpi itu menarik diri kita dari orbit zona nyaman menuju tantangan-tantangan yang mengaduk-aduk emosi, mempertemukan kita dengan dunia yang sama sekali belum kita tahu sebelumnya, serta membuka kesempatan-kesempatan emas yang pada dasarnya  memiliki fungsi untuk memberikan pemahaman dan pengalaman baru yang membuat hidup menjadi lebih indah dan berwarna. Tapi di antara semua fungsi mimpi, yang paling penting adalah mimpi menjadi jembatan bagi perasaan diri manusia akan pengharapan-pengharapan lebih terhadap Tuhannya, yang bisa mengekspresikan ketidakberdayaan yang memiliki dampak pada menambah kedekatan dan keyakinan pada Tuhannya, serta menjadi dialog yang memfasilitasi niat dan ikhtiar tulus untuk bisa memiliki dedikasi terhadap aktualisasi kehidupan.

Jika kita paham arti ini sebenarnya, maka pada dasarnya, kita sudah berada pada jalan yang benar. Hanya dibutuhkan kekuatan yang demikian besar untuk bisa menjaganya tetap pada koridor ilahiah yang bisa memberikan fungsi-fungsi tersebut dengan baik. Dan untuk tetap tegar di pematang itu, bukanlah hal yang mudah, karena ada driving force yang membuat kita membutuhkan energy lebih dan lebih lagi. Artinya harusnya ada asupan energy dan motivasi yang tiada berbatas untuk bisa membuatnya bersahaja di atas hayalan-hayalan sesaat yang mengenyahkan konsentrasi kita dari arah yang seharusnya diraih.

Well, itu semua adalah lintasan-lintasan pikiran yang menjelma dari pemahaman diri terhadap apa yang kujalani saat ini. Mengejar impian bukanlah kata-kata tanpa makna yang sanggup  diucapkan siapa saja yang tak mampu memberikan dedikasi sepenuhnya bagi jalan yang telah diambil. Aku pun… pada dasarnya bukanlah sosok yang berkapasitas untuk memanggul definisi-definisi filosofi  tersebut. Hanya saja aku merasa aku sudah bisa paling tidak mendefinisikan kehidupan yang ingin dan berharap untuk kujalani  secara baik….. well yeah, meskipun mungkin masih jauh dari idealism yang diharapkan.

Tulisan ini dibuat untuk menekankan kembali definisi-definisi ini di dalam hatiku, meyakinkan kembali jiwa serta memberikan energy tambahan yang membuatku bisa bersemangat lagi. Di sini mungkin ada ceritaku, cerita yang kudefinisikan untuk diriku, namun sama sekali tak lepas dari apa yang Allah kehendaki, karena pada dasarnya sampai sejauh ini hanya Allah sajalah yang membuat semuanya terjadi. Pun dengan masa depan yang masih tak tahu ku bagaimana perwujudannya… because, well yeah sometimes, unexpected things might occur.

Okay.. here I start…

Sejak aku

 menginjakan di dunia persekolahan, lintasan pikiran untuk menjadi seseorang yang berguna memang sudah ada.. even itu hanya jadi dokter atau guru… yeah..like natural dream for every child. Diriku pun demikian. Meskipun saat itu aku tahu aku belum mampu mendefinisikannya dengan tepat. Namun, seiring waktu berjalan aku berhasil menghimpun definisi akan kehidupanku sendiri. Ketika di universitas (ITB: red) aku menemukan passion yang cukup signifikan, yakni menjadi teknolog pangan yang mampu berkarya bagi daerahnya (Cianjur yang notabene memiliki komoditas pencaharian unggulan di bidang pertanian). Hanya saja, berkutat di bidang bioenergi membuatku jatuh hati. Akhirnya, memutuskan untuk mengambil pathway mirip2 Pak Tatang yaitu menjadi dosen dan ahli bioenergi Indonesia.

Untuk menggapai impian pertama menjadi dosen, aku harus menunggu 6 bulan untuk mengetahui apakah ku bisa mendapat kesempatan untuk meraih gelar master di ITB. Beasiswa master pertama yang kucoba adalah Total EP, dan gagal. Pengen nyoba edulab, sayangnya ga matching sama jurusan yg pengen diambil (belakangan aku tahu, sebenarnya itu ga mutlak, heuheu). Akhirnya plan berubah secara signifikan. Aku memutuskan untuk melamar menjadi PNS BPPT… mengapa BPPT? Well, I have explained about it in my previous posts.

Hampir  tiga tahun berkutat di BPPT dengan subjek biogas memberikan passion tersendiri terhadap bidang bioenergi yang satu ini. Selain karena mendapat kesempatan di proyek internasional yang ngebahas tetek bengek tentang per-biogas-an di Indonesia, akhirnya ya… kecantol juga di sana.. dan inilah my new passion. I hope I won’t change it again.. it is the last and the most intriguing struggle I reckon.

Pembahasan tentang biogas di blog ini juga udah banyak, I just want to emphasis that I want to be a national expert who could optimize biogas utilization in Indonesia. Tepatnya adalah menjadikan biogas sebagai alat dan washilah kontribusi untuk umat. It is that simple.

So, here I am, in the middle of process to pursue scholarship for master degree to US. Why US? There are several reasons why finally i chose Us. Hehehe. After influence from my seniors, and the profile of Us education, and bla bla bla, i choose and commit to get this Fulbright scholarship. After all, it is the only scholarship that I could obtain so far. Not saying that I have been officially nominated by international organization, but well,,,, actually, now I am in the state of applying to universities there, and hope for LOA ^_^.

Pernah nyoba ADS, gagal, tahun ini nyoba lagi dengan pelajaran baru dari tahun lalu, hehe. Monbusho juga gagal (belakangan ngerasa syukur juga gagal monbu, unnn… actually I have an addiction into something in Japan hehehe… but I am not telling you yooo). Dan AMINEF all of those that accepts me so far.

Ngubek2 TOEFL IBT, GRE kayak udah mau nelen kamus meriam Webster,, itulah yang kemarin2 kulakukan, heheh… dan I enjoyed this process so much ^_^

About iinparlina

Seorang Insan manusia yang diciptakan Allah dengan segala kekurangan dan kelebihannya, yang mencoba menjadi seorang yang dicintaiNya, dan salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menulis, membagi sedikit sekali ilmu yang dimilikinya. Meskipun sedikit, dia berharap dari yang sedikit itu, ilmu itu bisa bermanfaat untuk orang lain sebagaimana dia pun membutuhkan Ilmu untuk membuatnya bisa menjejakan kakinya di surga.

Posted on October 10, 2013, in impian jundi and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Semangat teh iin, kalo aku mimpi punya multidisipline venture capital dan worldclass entrepreneur. rintisanku sekarang adalah bimbel dan satu online service di bidang percetakan, dimana kini orang bisa ngeprint t-shirt satuan via online.. Yuuk saling support.

    Adit
    ~mantan anak didik. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: