Allah akan menuntunmu


Banyak banget hal yang pengen dituliskan namun waktu yang dimiliki terbatas banget. Bukan apa-apa, tapi ini jadwal pra-defense yang akan menentukan si saya lulus Mei atau ngga udah hampir ada di depan mata… dan sekarang si saya lagi memperjuangkannya. Udah ga bisa ngejar odop one day one post tapi ya sudahlah karena juga tulis menulis ini memang tujuan awalnya lebih ke kepuasan pribadi.. Tapi sebenarnya isi kepalanya lagi banyak banget yang mau ditumpahkan.. termasuk di antaranya adalah refleksi diri mengenai beberapa kejadian yang terjadi akhir-akhir ini yang menimpa salah seorang saudari di asrama dulu.. yang lainnya adalah notulensi kajian yang iin dapatkan onlen dr yutub, serta notulensi halaqah terakhir yang sangat menarik tentang bagaimana menjadi pejuang pena.

But di balik menumpuknya tulisan-tulisan itu di kepala, ini yang urgen banget pengen ditumpahkan adalah tentang bagaimana Allah mengabulkan doa orang-orang yang memohon petunjuk..

allah akn mnuntunmu

Akhir-akhir ini banyak melihat meme di instagram yang bertajukan perubahan. Misalnya satu yang berbunyi “Berubah menjadi lebih baik itu adalah mengenal Allah lebih dekat”, dst. Ada banyak heheh.. instagram iin sekarang memang lagi banyak follow akun-akun sejenis itu, jadi agak bertebaran di hp yang membuat saya makin nyaman ga pegang FB hehehe. Well, hp yang selalu saya bawa ke kampus cuma punya 2 sosmed: instagram dan wordpress.. so FB ga pernah dibuka di HP dan itu pun sekarang udah deaktifasi, ga tau akan tahan berapa lama si saya deact ahahha.

Oke balik ke laptop. Jadi begini, salah satu resolusi si saya di tahun 2016 adalah melakukan akselerasi perubahan yang mengantarkan saya menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Agak abstrak emang.. tapi ya begitulah… karena dirasa 2015 teh nampaknya progres improvisasi diri teh ga sesignifikan yang diharapkan tbh. Jadi 2016 ini bener2 pengen mengencangkan ikat pinggang dan melakukan terobosan-terobosan yang efeknya signifikan.

Dan karena diniati secara sangat serius, maka usahanya pun juga mulai serius, doanya ke Allah juga semakin serius hihi. Nah, alhamdulillah Allah ngasih keseriusan itu terpenetrasi cukup baik hingga usaha-usaha yang dilakukan pun nampak terasa sekali diarahkan.

Oke, Bukan pertama kali saya tahu bahwa terdapat buanyaaaak sekali valuable resource bertebaran di Internet yang bisa bikin keimanan kita ter-boost. Udah tahunya sejak masa lalu lah ya.. tapi berhubung si saya mengalami fasa di mana saya ga bisa kontak ketemu orang2 shaleh secara langsung, maka internet ini jadi sumber utama informan saya nimba ilmu agama. Liqa aja bentuknya onlen pake skype, ngajar tahsin pakenya google hangout, dan saling sapa bertausiyah juga dilakukan via whatsapp, whatsapp call, FB hehehe… intinya kegiatan saya didominasi kegiatan berkomputer ria kalo soal urusan begini.

Nah, as all of us know that si bapak juragan internet ini punya dua sisi mata pedang.Sekali kena jeratan kebaikan terjerembab dalam website yang bisa bikin kita makin nambah keimanan maka website2 sejenis akan bermunculan, ntah itu yutub, wordpress, blogspot, tumblr dan website2 sejenis yang beredar. Sama halnya juga kalo terjerembab dalam website yang membuatmu terlena, misalnya onlen striming criminal minds yang bikin ketagihan nonton terus wkkwkw… baik kedua cycle itu bisa terputus tapinya (pernah dibahas di tulisan sebelumnya). So tergantung tekad kita buat serius. Ya enak kejebakdi yang pertama, bisa menyasar ke website2 yang masyaallah bagusnya… jadi bikin minder sendiri ngeliat tulisan2 penyejuk hati yang punya efek bikin deg2an kalo inget Allah. Dan mudah2an kalo yang kejebak di kondisi kedua ntah itu bentuknya website yang mubah atau even haram bisa kembali ke jalan yang benar.

Tapi intinya, sekali kita meniatkan secara serius untuk tetep istiqamah, menjaga kesucian, menimba ilmu agama, ber-ukhuwah, Allah benar-benar akan memberikan tuntunan ke tempat2 yang kita mau tersebut…. bahkan even kejadian yang terjadi di sekitar punya efek yang agak brutal dalam penambahan keimanan even cuma pemandangan langit yang sebenarnya biasa kita liat setiap malam. Dan efek tuntunan ini berantai, seriously.. karena abis itu resource bagus tersebut g akan berhenti muncul di depan mata kita… in the end ngerasa ya Allah alhamdulillah ngerasa kejagaaa ^_^.

Jadi inget ceramah Salim A fillah dalam salah satu videonya yang saya tonton, bahwa Allah itu sesuai prasangka kita.. dan itu jelas. Tapi Imam Nawawi menyebutkan ada prasyarat ini terjadi yaitu ketika kita merasa kurang, merasa lemah, dan kemudaian memprasangkai Allah bahwa Allah akan menolong kita, menguatkan kita, menjaga kita… jadi harus ada feeling kurang dulu baru berprasangka.. bukan berprasangka sebagai alat mewujudkan keinginan kita…

Begitulah… kalo bagi si saya yang lagi haus2an banget sama hal2 begini, rasanya luar biasa banget. But well,my limitation is time management since ada seabreg paper yang butuh diresume dan disarikan ke theses report, ada juga experiment2 yang menunggu untuk disentuh.. so.. gt deh hihi…

 

 

About iinparlina

Seorang Insan manusia yang diciptakan Allah dengan segala kekurangan dan kelebihannya, yang mencoba menjadi seorang yang dicintaiNya, dan salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menulis, membagi sedikit sekali ilmu yang dimilikinya. Meskipun sedikit, dia berharap dari yang sedikit itu, ilmu itu bisa bermanfaat untuk orang lain sebagaimana dia pun membutuhkan Ilmu untuk membuatnya bisa menjejakan kakinya di surga.

Posted on February 15, 2016, in riak-riak jiwa and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: