Salah Satu Metode Belajar Al Quran


Ada banyak cara yang tersedia untuk belajar membaca dan memahami Al Quran. Sarana halaqah Quran yang tersedia offline dan online sudah banyak tersedia, di mana para hamba Allah pejuang Al Quran sedang berlomba-lomba dalam kebaikan menjadi fasilitator hamba-hamba Allah yang lain untuk belajar. Amazed dan envy sama orang-orang keren di luar sana yang beneran dedicated dalam optimizing all of possible resources they have buat menjadi sarana pembelajaran Al Quran.

Bagi sebagian orang, belajar Al Quran offline hadir talaqqi di majelis gabisa digantikan sama belajar di depan computer. Tapi buat sebagian orang media-media online adalah media yang sangat efektif di sela pertarungan dunia digital yang makin luar biasa berkembang. Tapi di sini saya tidak bermaksud membahas persamaan dan perbedaan kedua metode ini ^_^. Saya Cuma mau share satu metode yang saya pakai untuk sedikit menambah pengetahuan dan wawasan ke Al Quran-an yang saya harapkan bisa membawa pertambahan keimanan dan kecintaan Allah terhadap saya. Bagi yang membaca tulisan ini dan ada masukan, silakan bisa dishare juga insight nya ^_^.

2016-08-27

Jadi telah sejak lama sekali (yang saya ga ingat sejak kapan) bahwa saya punya satu folder berisi sejenis program Al Quran dan Hadits (ga yakin namanya program atau software atau installer, saya bukan anak IT, harap maklum). Dan saya ga inget sama sekali gmana cara memperolehnya. Tapi program2 ini teh kalo kata saya mah sangat membantu proses saya untuk menambah pemahaman saya terhadap Al Quran. Bisa jadi obat galau yang mujarab, juga kalo lagi kepengen banget tahu tentang satu topic dalam Al Quran.

Misalnya, ada yang pengen tahu banget tentang sabar dan syukur yang dibahas dalam Al Quran. Tinggal ketik “sabar” atau bisa juga “bersabar” di bagian tab “search”. Maka program ini akan mendeteksi ayat-ayat yang mengandung kata yang sedang kita cari tersebut. Misalnya untuk kata sabar, muncul 39 tampilan, sedangkan bersyabar ada 17 hasil. Dari sana, tinggal di klik ayatnya dan dibaca ^_^. Mudah bukan?

2016-08-27 (1)

2016-08-27 (2)

Dari sini kita tahu bahwa ada yang namanya sebaik-baik sabar “Shabran jamila” yang tertera di QS Al Ma’arij ayat 5 , atau bahwa kata sabar ini seringkali muncul bersama kata “syukur”(seperti di QS Saba ayat 34).

Saya tahu ini mah beneran cara belajar yang beneran simplifikasi karena memang tidak ada pelibatan kaidah bahasa arab nahwu shorof atau kaidah kebahasaan yang mendalam yang bisa membawa kita lebih dalam.  misalnya antara shaabirun dengan halim. Program ini intinya hanya mencoba mendeteksi terjemah indonesia yang mengandung mutlak kata yang kita ketik  di dalamnya. Tapi kalo untuk pencarian topic2 tertentu secara cepat dan kilat, bagi saya, program ini sangat useful.

Contohnya lagi yang lain misalnya pengen tahu tentang syaitan. Caranya sama tinggal ketik syaitan, dan kita bahwa liat bahwa ada beberapa ayat yang menjelaskan syaitan itu begini dan begitu.

2016-08-27 (3)

Ini hanya langkah awal yang mudah, buat temen-temen yang penasaran dengan makna yang lebih mendalam, bisa menggunakan tafsir Quran yang beneran buat memahami secara lebih serius. Bagi yang tertarik memiliki program2 ini, bisa kontak saya di email iin.tkitb@gmail.com.

Semoga yang disampaikan mengandung kebenaran, dikaruniai kebarakahan, dan membawa manfaat. Kalo salah, mohon dikoreksi ^_^.

Advertisements

About iinparlina

Seorang Insan manusia yang diciptakan Allah dengan segala kekurangan dan kelebihannya, yang mencoba menjadi seorang yang dicintaiNya, dan salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menulis, membagi sedikit sekali ilmu yang dimilikinya. Meskipun sedikit, dia berharap dari yang sedikit itu, ilmu itu bisa bermanfaat untuk orang lain sebagaimana dia pun membutuhkan Ilmu untuk membuatnya bisa menjejakan kakinya di surga.

Posted on August 27, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: