Pullman dan segala kecantikan untuk dikenang


Ketika pertama kali memutuskan memilih Washington State University, saya sama sekali buta bayangan mengenai kota tempat saya akan tinggali tersebut. Hanya tahu namanya Pullman, dan Bapak Ibu di kantor tertawa karena mereka bilangnya bahwa saya ga ninggalin BPPT melainkan hanya pindah gedung saja karena masih di area Jakarta.. well di Jalan Thamrin memang ada hotel yang namanya Pullman. Dan saat itu, stalking power saya ga nyampe ke google map yang ternyata memiliki kemampuan jauh dari yang saya bayangkan. 

Baru aktif nyari bagaimana Pullman dan Washington State University adalah ketika menginjakan kaki di Lawrence, Kansas, tempat saya belajar sementara selama 6 minggu sebelum turun ke medan laga yang sesungguhnya. Dan hasil browsing saya membawa pada kesimpulan bahwa Pullman dan WSU adalah tempat yang sangat indah. Udah gt doang tahunya ^_^.

Sayangnya kesan pertama saya mendarat di Pullman adalah gelap, karena saya nyampe tengah malam. Baru explor WSU keesokan harinya..dan tadaaaaa…. Cuantik sangat.. jauh lebih cantik dari yang pernah saya liat di gambar2 yang tersebar di google (again belum maksimalin google map hihihi). Hari pertama Cuma bs explor WSU aja dulu dan itu pun ga semua saking luasnya (album completenya saya share di FB).

Washington state university berbeda dengan University of Washington dan tidak berlokasi di Washington DC. Itu yang biasanya jadi kendala si saya ketika orang2 nanya, ntah itu ketika berangkat ke sana ataupun ketika saya kembali menginjakan tanah air.. hehehe.. well saya tahu kampus saya ga terkenal-kenal amat, but I love it so much. Di kampus inilah saya mungkin dapat banyak hal (passion research, kemampuan networking, bercasciscus bahasa inggris, nge-laaaaab, etc.).

Beda jarak antara Washington State ma Washington DC itu ibarat dari Aceh ke Papua New Guinea. Saking jauhnya. Itu dari ujung ke ujung. Kesalahan umum kedua, Washington State University itu bukan University of Washington yang lokasinya di kota Seattle.

Lokasi Pullman ada di ujung timur Washington State, 5 jam dari Seattle dengan menggunakan mobil atau 45 menit kalo pake pesawat. Pullman merupakan area perbatasan antara Washington State dengan Idaho State. Kota Moscow di Idaho yang ada U of I (Bukan university of Indonesia tapi University of Idaho), hanya berjarak 15 menit by car atau 1 jam kalo naek sepeda ^_^.

Pullman adalah kota kecil yang sepanjang mata memandang maka ladang gandum lah yang bisa kita lihat. Kalo lagi spring ma summer warnanya antara cokelat ke hijau, kalo lagi fall cantik banget warna keemasannya.. nah kalo winter, kota ini udah kayak gurun salju ^_^.

20151223_093639

Area Apartment di Pullman kala tertutup salju

20160102_135303

Gurun Salju di Pullman

20160501_074742

Bukit Teletubbies ^_^

DSC05339

cantik banget langitnyaaaaa

DSC03090.JPG

Pullman Islamic Center, tempat para muslim dan muslimah penduduk Pullman shalat,  bertemu , bersilaturahm 😊

Pullman adalah kota yang orang-orangnya sangat ramah (kecuali seorang african american yang bernama neng Sarah). Kota kecil yang kalo summer maka 2/3 penduduknya sirna karena pulang kampung atau liburan ke tempat lain (Jose suka ngamuk soal ini dikira grad stud ga seberharga undergrad karena ga disediain bus yang cukup). Kota kecil yang bahkan ga punya area mall atau sejenisnya wkkwkw. Ross tempat fav iin belanja adanya di Moscow ID ^_^. Tapi Pullman masih punya Walmart kok Alhamdulillah.. dan tetep bisa belanja onlen pake amazon.

Pullman adalah kota yang super dupeer amaaaaan, yang kalo anda liat police lognya Pullman Police Dept dan WSU police, maka jarang banget ada kejahatan serius yang ditemukan (selama saya tinggal cuma ada 2 kasus serius, buronan yang lari dari Idaho ke Pullman sama yang ngacung2 riffle). Jadi kalo liat majalah Evergreen, halaman pertama yang saya buka adalah police log duluan.. dan suka ngikik bareng2 liat isinya.. karena isinya sejenis: penculikan tanaman, orang kekunci di lab, terjadi kegaduhan karena party.. dan sejenisnya. Makanya suka bersyukur Alhamdulillah, karena selama saya tinggal di sana, ga pernah ada kasus2 semengerikan yang biasa terjadi di Ameriki (penembakan, pembunuhan, dan sejenisnya). Atau roommate saya yang pulangnya di luar jam operasi bus juga masih aamaaan kalo mau pulang jam subuh hihihi… tapi kalo  si saya mah ga berani sih tetep wkwkkw… di atas jam 12 biasanya milih nginep di perpus atau nginep di lab..

Meskipun objek wisata Pullman mungkin ga sebanyak kota2 lain di US, tapi bagi si saya, Pullman adalah kota yang walkable dan bikeable. Sering mengembara sendiri hanya untuk muterin di Pullman tanpa ada rasa kawatir kesasar.. pernah sih nyasar juga.. tapi da berhubung Pullman mah sebagian besar adalah ladang gandum, jadi weh ga terlalu kawatir.

DSC05296

Summer d Pullman

DSC04626

GreenBike nya WSU yang selalu menemani petualangan si saya mengembara di Pullman

Satu hal yang saya paling cintai dari Pullman (yang juga saya mention di postingan sebelumnya) adalah langit Pullman (baik langit malam maupun langit siang). Saya di Lawrence 6 pekan, dan sekitar 1 pekan melakukan perjalanan darat dari Pullman-San Fransisco-Seattle pas winter menggunakan jalan darat, tapi rasa-rasanya langit Pullman so far adalah langit terindah yang bisa saya nikmati. Mungkin factor emosi juga terlibat sih, tapi seriusan langitnya clear banget.. Kalo siang bisa terpana banget sama birunya yang bener2 memesona. Kalo malam, bisa lirik-lirikan ma Polaris dengan sesuka hati di sana mah.. bisa ngamatin Polaris posisinya di sini kalo summer kalo winter mah pindah di ujung laingit satunya.

Faktor emosi yang melekat di hati dari langit Pullman adalah ketika misalnya harus bergadang sampe mepet-mepet jam operasi bus selesai, maka itu cape galau semua keresahan seketika sirna kalo liat langit malam pas jalan pulang menuju apartement. Saking indahnya yang si saya ga akan pernah bisa mendeskripsikan itu lewat puisi secantik apapun yang saya buat,.

Makanya, ketika tanggal 11 Mei 2016, pesawat Alaska Air yang saya naiki mengudara, 15 menit pertama si saya habiskan pake nangis menatapi langit cantik Pullman yang biru berpadu dengan hijaunya ladang gandum. Satu pemandangan yang teramat sangat melekat di hati.. 1 tahun 10 bulan di Pullman adalah masa yang sangat berharga yang tak akan pernah bisa terlupakan… banyak hal yang terjadi di sana, ada suka duka, tawa tangis.. kebersamaan, kesedihan, etc.

2016-08-31

pemandangan terakhir Pullman yang saya ambil ketika d dalam pesawat Alaska

Tapi berpisahnya saya dari Pullman bukanlah satu hal yang saya sesalkan.. karena saya yakin dan akan terus yakin skenario kehidupan yang Allah buat selalu beyond my expectation. Takdir saya harus ke Pullman pun adalah sesuatu yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya, yang ternyata kota kecil di state paling ujung kiri atas ini telah melekat dan menjadi bagian kehidupan saya yang teramat berharga.. makanya ada juga saat saat saya kangen dan merasa bahwa keindahan2 itu hanya mimpi.. tapi toh si saya lagi ngudag keindahan yang lain juga ^___^.. kan Surga Allah mah pasti jauuuuuuuuuuh lebih indah…

NB: Akhirnya bisa nulis tentang Pullman jugaaaaa… kangeeeen iiiih..

About iinparlina

Seorang Insan manusia yang diciptakan Allah dengan segala kekurangan dan kelebihannya, yang mencoba menjadi seorang yang dicintaiNya, dan salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menulis, membagi sedikit sekali ilmu yang dimilikinya. Meskipun sedikit, dia berharap dari yang sedikit itu, ilmu itu bisa bermanfaat untuk orang lain sebagaimana dia pun membutuhkan Ilmu untuk membuatnya bisa menjejakan kakinya di surga.

Posted on August 31, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. di foto aja indaaaah… MasyaAllah

    T. T gimana di surga ya In… Mungkin bisa nangis Bombay tiap hari mengaggumi keMahaBesaranNya…

  2. Sugoiii!
    Kapan ya bisa ke Amerika, hihi.
    Tetap semangat, Iin!

Leave a Reply

