Iedul Adha di Pullman, Washington


Bagi masyarakat Indonesia dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia, hari raya Islam yang paling besar adalah hari raya Iedul Fitri. Ada cuti bersama, ada kegiatan mudik, dan serangkaian feature khas lebaran lainnya. Tapi, ternyata setelah saya menginjak tanah Amerika, saya cukup terkejut karena ternyata Iedul Adha di luar Indonesia dianggap sebagai hari raya yang lebih besar. Indikatornya misalnya kalo di Pullman, panitia sampai menyewa gedung khusus yang cukup memuat Muslim yang bermaksud shalat ied. Not to mention, buanyak dan beragamnya makanan yang dibawa oleh masing-masing orang ke tempat shalat ied. Indikator yang lain adalah seriusnya mereka menyiapkan kostum special dan bahkan ada performance berupa tarian ala middle east ^_^ (sayang yang pas mereka menari, si saya ga foto wkkwkw). Nah kalo Iedul Fitri relative lebih tiis.. shalat ied dibagi 2 shift karena Pullman Islamic Center ga muat menampung semua yang mau shalat ied, dan well tak ada special performance.

20141004_084250.jpg20141004_084425.jpg20141004_084041.jpg20141004_085228.jpg

Di perantauan ke Negara non Muslim seperti Amerika, tentu rasa  kebersamaan selalu ngasih feeling yang teramat berbeda kesannya jika dibandingkan dengan perayaan lebaran di Indonesia. Namanya minoritas, terasa saudara seperjuangan ^_^. Di sini juga gt, Pullman Islamic Community yang selalu menjadi penghibur karena paling tidak si saya masih bisa merayakan lebaran sesuai dengan asholahnya (deuh asholah bahasanya wkkwkw). Dan tidak lupa dan ini yang biasanya paling bikin seneng adalah Indonesian Community di Pullman yang bisa dikatakan selalu ngumpul kalo lebaran tiba.. ntah itu Lebaran Iedul Fitri maupun Iedul Adha, Yang paling bikin seneng, tentunya adalah bisa diskusi curhat ngobrol ngaler ngidul melepas penat di lab dan terutama adalah masakan INDONESIA yang ga ada duanya.. for me, kalah lah itu masakan Mesir, Iran, Libya, Bangladesh juga makanan Amerika kalo dibandingkan dengan makanan Indonesia.

20141004_17431120141004_180949

Kadang, kalo lagi sempet (dan biasanya selalu pada sempet wkwkkw), kumpul-kumpul lebaran ini selalu dilanjutkan sesi kewanitaan (buat para ladies), misalnya penataan gaya rambut, melukis hena, acara bikin bros dan kerajinan tangan bareng, juga ngobrol2 seputar dunia wanita (masak-memasak dan kosmetik wkkwkwkw).

Dan sekarang si saya ternyata kangeeeen juga masa2 itu hihihi… memang segala moment indah yang pernah terjadi teh harus bisa disyukuri..

Btw, selamat hari raya Iedul Adha 1437 H temen2 semuaaa..

About iinparlina

Seorang Insan manusia yang diciptakan Allah dengan segala kekurangan dan kelebihannya, yang mencoba menjadi seorang yang dicintaiNya, dan salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menulis, membagi sedikit sekali ilmu yang dimilikinya. Meskipun sedikit, dia berharap dari yang sedikit itu, ilmu itu bisa bermanfaat untuk orang lain sebagaimana dia pun membutuhkan Ilmu untuk membuatnya bisa menjejakan kakinya di surga.

Posted on September 12, 2016, in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: