BabyCenter, A Useful Resource to Guide Your Pregnancy


Di zaman dengan kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat seperti sekarang ini, masyarakat disuguhkan berbagai resource tentang segala sesuatu dengan mekanisme yang amat menakjubkan. Pun dengan informasi kehamilan. Ada buanyaaak sekali website yang bisa diakses secara free (pake paket data atau wifi) yang bisa digunakan untuk pertambahan pengetahuan. Apa yang boleh atau apa yang ga boleh. Namun overwhelming resource yang ada tersebut, jika tidak dipilih dengan baik maka justru akan bikin setress…

Misalnya ada website yang isinya artikel tentang pantangan-pantangan selama kehamilan. Isinya bikin wow yang sampe saya berpikir “la terus saya makan apa kalo ini ga boleh itu ga boleh?”. Sayangnya kebanyakan website info kehamilan itu banyak yang tidak mencamtumkan referensi terpercaya. Misalnya di mana referensi yang bilang mangga muda ga boleh dikonsumsi karena banyak bakteri nya? Atau bukannya enzim papain itu adanya d pepaya muda, kalo pepaya tua mah udah ga ada. Sementara si website (or**i.magazine.co.id) bilang pepaya mateng juga ga boleh karena ada enzim papain nya.

Sebenarnya asal berpatok pada apa yang dibilang dokter aja sih.. kan mereka belajar S1 atau bahkan studi lanjutan tentang pengetahuan kehamilan pada referensi yang jauh lebih shahih daripada kata orang.. tapi kalo ngerasa ga cukup ya gapapa asal resource nya terpercaya, reliable, dan ga bikin setress. Misal website ibuhamil.com bisa bikin saya setres pake banget di masa trimester pertama yang saya jalani.

Nah, terkait itu. Ada satu resource yang menjadi andalan saya. Resource ini bisa diakses via website ataupun bentukan aplikasi di android HP. Kalo di website, nama websitenya http://www.babycenter.com, kalo di android, tinggal ketik search “baby center” di playstore trus download deh aplikasinya.

Selain menyajikan info-info yang berdasar atas referensi ilmiah, resource ini memiliki forum juga yang bermacam-macam. Forum paling prioritas yang ditawarkan adalah forum bersama ibu2 yang due date HPL nya samaan atau deketan. Misalnya si saya masuk klub “September 2017”. Asyik serasa ada barengan…kalo ada keluhan-keluhan teh kadang ngerasa itu keluhan si saya jg.. misalnya soal mual, muntah, atau pain yang berada di sekitar area perut. Banyak info juga yang menarik, misalnya soal bagaimana sound can achieve si dede bayi… bukan dengan masangin earphon atau headphone ke perut loooo (seperti yang banyak dilakukan orang). Tapi well, di forum ini kita juga bisa liat siapa yang berguguran dan itu yang biasanya bikin sedih dan setres. Tapi juga bikin kita bisa semakin menggantungkan segalanya kepada Allah SWT atas apa yang terjadi pada diri kita dan bayi kita.

Di resource, ini kita bisa tahu perkembangan dede bayi dan juga sebesar apa jadinya.kita bisa tahu juga apakah bayinya bertambah berat sesuai dengan yang seharusnya. Yang paling bikin nyaman ya itu tadi, si website ini menyajikan banyak artikel yang berdasarkan referensi ilmiah, itu yang ga banyak dilakukan website2 berbahasa Indonesia.

Tapi sebenarnya ada 2 website yang saya sering kunjungi juga sih. Pertama, fanpage FB Prenagen World, keduanya fanpage dr. Yudistira SPOg. Lumayan ga bikin setress kayak forum ibuhamil.com. Oh dan tentu saja wag itbmotherhood dari Jaktangsel yang ga segan2 share kisah2 nyata mereka meski si saya cuman nyimak aja wkwkwkw…

Manusia cm bisa berusaha yang terbaik, selebihnya hanya Allah SWT saja Yang Maha Berkehendak yang mengatur segalanya dan menjaga bayi dalam kandungan kita…. I am enjoying this phase so much, when I and my lil bean are togetheeeer for everything for now.. kalo udah dilahirkan kan fasanya beda lagi ^__^ and I will wait for that too excitedly.

Advertisements

About iinparlina

Seorang Insan manusia yang diciptakan Allah dengan segala kekurangan dan kelebihannya, yang mencoba menjadi seorang yang dicintaiNya, dan salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menulis, membagi sedikit sekali ilmu yang dimilikinya. Meskipun sedikit, dia berharap dari yang sedikit itu, ilmu itu bisa bermanfaat untuk orang lain sebagaimana dia pun membutuhkan Ilmu untuk membuatnya bisa menjejakan kakinya di surga.

Posted on May 15, 2017, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: