Cara Menghentikan Overthinking


Manusia memiliki perasaan dan pikiran yang sangat kompleks. Kadang pikiran-pikiran itu menjelma menjadi sebuah kompleksitas yang mungkin dapat menyebabkan masalah. Salah satu kompleksitas yang ada disebut overthinking ketika kita manusia memikirkan satu hal lagi dan lagi dan lagi ga bisa berhenti.  Mulai dari menganalisis stu hal hingga menyesal atas hal tersebut. Overthinking, pada dasarnya memikirkan sesuatu hingga ga bisa mikir yang lain dan efeknya negative buat pikiran atau bahkan hingga ke badan. Si overthinking inikerap memberikan pengaruh tekanan kejiwaan yang sebenarnya tidak perlu ada. Negatifitas yang timbul juga dapat menyebabkan penyakit lainnya muncul, misalnya sakit kepala, dll. di banyak  kasus overthinking bisa menimbulkan depresi dan cemas berlebihan.

Tentu bagi seorang muslim, overthinking bisa disembuhkan dengan menyerahkan segala sesuatu kepads Allah, meminta pertolongan dan petunjuknya, pasrah ikhlas, dan tawakal. Tapi benar bahwa apa yang dikatakan, bisa jadi tidak semudah itu untuk dilakukan. Makanya effort menghentikan overthinking juga harus didukung usaha nyata. Dan berhubung ini kasus universal, yang ga Cuma terjadi pada satu atau dua orang maka ada banyak hal yang pernah masuk list bagaimana menghentikannya.

Adapun cara yang pernah diidentifikasi untuk dapat menghentikan kebiasaan ini adalah sbb:

  1. Visualisasi, relaksasi, dan meditasi.
  2. Bernafas dalam untuk mengkondisikan badan supaya lebih tenang dan terkendali
  3. Jalan ke luar, liat pemandangan dll
  4. Menulis diary/jurnal
  5. Melakukan penyaluran hobi, menyulam, belanja, dll.. intinya yang bisa mengalihkan pikiran dan membuat bahagia.
  6. Memberikan perhatian penuh pada apa yang sedang dilakukan (tidak kepikiran sumber masalah penyebab overthinking)
  7. Overthinking biasanya adalah kegiatan memikirkan masa lalu atau masa depan, so, be here right now
  8. Mengisi kepla dengan hal-hal positif termasuk dengan kegiatan membaca buku yang berefek positif, atau menonton video inspiratif,
  9. Fokus mengejar target goal yang memang ingin diraih. Ada banyak hal yang menunggu untuk dikerjakan yang pengaruhnya akan berdampak pada kebaikan kita di masa depan. Jadi, daripada berkutat dengan pemikiran negative, mending mengubahnya menjadi positif dengan melakukan apa yang seharusnya kita lakukan saat ini.
  10. Ubah tempat duduk, ubah posisi, dan lakukan sesuatu yang bersifat fisik
  11. Coba lihat hal yang dipikirkan tersebut dari sudut pandang yang lain. Mungkin akan ketemu hal yang bisa melegakan hati dan membebaskan pikiran
  12. Berhenti menuntut kesempurnaan
  13. Sadarlah bahwa kita tidak akan pernah bisa mengubah masa depan.. hanya bisa melakukan dan mempersiapkan yang terbaik saja.
  14. Mensyukuri segala sesuatu yang telah terjadi. Ini prinsip dalam Islam banget lah… mensyukuri artinya kita memenuhi pikiran kita dengan hal positif, membandingkan hidup kita dengan orang yang mungkin kehidupannya jauh lebih tidak baik dari kita. It can release the stress a bit I think.

 

Mungkin ada banyak cara2 lainnya yang bisa dilakukan. List ini hanya sebagian dari apa yang sudah diidentifikasi oleh orang banyak.

Kasus saya sendiri, ada beberapa hal yang sekarang teridentifikasi mudah sekali memicu daya overthinking nya si saya. Cara yang paling sering dilakukan adalah nangis, nulis, sama liat2 foto Alula.. tapi itu saja kayanya ga cukup. Yang paling utama yang harus saya lakukan adalah bertekad hati mengenyahkan overthinking ini demi dede bayi yang iin kandung sekarang. Kasihan kalo harus dibanjiri hormone setres.. kan ga enak juga kepalanya si saya jadi pusing dan pening.

 

https://www.inc.com/lolly-daskal/10-simple-ways-you-can-stop-yourself-from-overthinking.html

http://www.wikihow.com/Survive-Overthinking

http://www.huffingtonpost.com/bob-miglani/mindfulness-practice_b_3976316.html

http://lifehacker.com/how-to-stop-overthinking-everything-and-find-peace-of-m-1609850688

http://www.wikihow.com/Survive-Overthinking

https://www.inc.com/lolly-daskal/10-simple-ways-you-can-stop-yourself-from-overthinking.html

 

 

 

 

Advertisements

About iinparlina

Seorang Insan manusia yang diciptakan Allah dengan segala kekurangan dan kelebihannya, yang mencoba menjadi seorang yang dicintaiNya, dan salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menulis, membagi sedikit sekali ilmu yang dimilikinya. Meskipun sedikit, dia berharap dari yang sedikit itu, ilmu itu bisa bermanfaat untuk orang lain sebagaimana dia pun membutuhkan Ilmu untuk membuatnya bisa menjejakan kakinya di surga.

Posted on May 23, 2017, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: