PP No 11 th 2017, Obrolan Kita dan Mengejarmu


Pagi itu, 2 hari pasca Iedul Fitri 1438H, kau datang ke kamar Irma di mana aku sedang membaca buku elok yang kau tugaskan untuk kutuntaskan sebelum kita kembali ke rumah dan dunia nyata kita.

Berawal dari obrolan ringan yang kubuka dengan cerita bahwa tadi malam aku dan adiknya membicarakan bukaan CPNS di website yang ternyata hoax yang membawaku membuka peraturan baru mengenai ASN yang tercantum dalam PP No. 11 tahun 2017 yang memang baru dikeluarkan bulan April yang lalu. Peraturan yang sama yang membuat salah dua dari senior ku di BPPT terancam pensiun mendadak. (peraturan lama untuk peneliti madya pensiun pada usia 65 tahun, sementara di peraturan ini bilangnya 60 tahun).

Dan kau bertanya tentang apakah ada perubahan peraturan tentang cuti. Dan aku bilang g ada. So far, isi peraturan cuti masih sama dengan PP lama tahun 1974 yang sampe sekarang masih dipakai. hanya beberapa point yang mungkin ada tambahan misalnya di bagian Cuti di Luar Tanggungan Negara (CLTN) yang aku pantau terus perkembangannya. di PP sebelumnya tidak ada pernyataan tentang kosongnya formasi, tapi di PP ini ada.

Obrolan menjadi bertambah serius dengan ditandai ekspresi raut mukanya yang berubah.

“dan atasannya iin masih belum ngasih lampu hijau atau tanda-tanda mau ngasih CLTN?” dan aku mengangguk pelan.

“udah diskusi sama Bapak Kabagpro juga sama. Adanya kesulitan kembali pasca CLTN apalagi ketika formasi memang benar-benar diisi orang lain”

“resikonya terlalu tinggi. udah fokus nyari sekolah aja.”

“tapi tetep ga boleh LPDP kan? haha”

“iya cari yang lain”

“tapi UK mah ga banyak beasiswa nya. Chevening cuma buat master aja. paling grant proyek dari prof aja”

“tapi ga mustahil kan?”

“ngga…  meski artinya harus kerja keras. Tapi sebenarnya ada opsi ketiga sih a. yang belum pernah kita diskusikan”

“apaan?eh tapi opsi 2 nya apa?”

“mengingat terbatas bisa dapat bsw ke UK, kebayangnya mampir ke negara tetangga. itu opsi ketiga. Opsi keduanya kan udah pernah dibahas, nyari k univ sekitar Bath”

“negara apa emang?”

“Jerman, pake DAAD. at least chance nya bs dari univ bs dari govt”

“Boleh itu juga dikejar, paling ngga masih bs ketemu 3 bln sekali di banding ketemu setahun sekali”

(kok berat bangeeet yaaa hiks)

Di satu sisi lega dapat approval, di satu sisi ada semangat baru menggelora mengejar cita-cita yang pernah lama terkubur. Jerman adalah negara state of the art nya biogas bahkan mengalahkan US sekalipun. Dan fakta bahwa kalo aku bisa masuk ke sana bisa memperkecil peluang LDR yang super lama.

kesimpulannya si aku harus dapat sekolah, S3 ke Eropa dengan status yang baru yang juga ada tantangannya yang bukan berarti aku gabisa, wong kamu aja percaya ma aku.

Si aku pun mulai ngelist dan mulai serius lagi supaya bisa sekolah lagi. Meskipun masih tahu depan kan harus disiapin dari sekarang, apalagi nanti mungkin ada dede kecil barengan pasti seru.. di sini ku ngerasa barengan sama kamu teh memang ngerasa kepicu terus buat maju…

dan 2 hari yang lalu dikasih petunjuk sama Allah, selain DAAD kalo mau ngejar opsi 1 dan 2 mungkin beasiswa IDB ini bisa juga dipake.. who knows,, kamu kan dapat nya dari IDB juga meski pake mekanisme universitas-Kemenristekdikti

siapa tahu si aku juga bisa 🙂

Semangaaaaaat

idb

Advertisements

About iinparlina

Seorang Insan manusia yang diciptakan Allah dengan segala kekurangan dan kelebihannya, yang mencoba menjadi seorang yang dicintaiNya, dan salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menulis, membagi sedikit sekali ilmu yang dimilikinya. Meskipun sedikit, dia berharap dari yang sedikit itu, ilmu itu bisa bermanfaat untuk orang lain sebagaimana dia pun membutuhkan Ilmu untuk membuatnya bisa menjejakan kakinya di surga.

Posted on July 14, 2017, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: