Menuju Ibu yang Produktif, Fokus pada Kekuatan Siasati Keterbatasan


Menjalani sepekan dalam kondisi dibersamai suami memberikan gambaran kondisi semi real how I should manage my activity.  Intinya si saya harus setrong bingit pake bingit dan kuat dan jago ngatur diri dan aktifitas di rumah. Beneran ya,, namanya jadi seorang istri dan seorang ibu teh memang pekerjaan yang sangat sangat luar biasa to the point that balasan buat yang sukes menjalani peran tersebut adalah surga.

Dikaitkan dengan tulisan saya sebelumnya tentang bagaimana si saya belajar jadi ibu yang handal, pekan ini dikasih tahu fasilitas yang bisa dipake buat menganalisis potensi diri untuk memaksimalkan peran jadi seorang Ibu yang profesional. Karena manusia adalah makhluk tidak sempurna.. adaaa aja kurangnya… dan tidak semua hal bisa diketahui dan dilakukan.. makanya tagline pada judul ini yang juga katanya bisa jadi solusi yaitu “fokus pada kekuatan siasati keterbatasan”.

Firstly, izinkan saya share hasil analisis dari ST30 yang sudah pernah saya lakukan pekan lalu di website temubakat.com.

iin's strength

Personal Branding

Strength Cluster

Potensi Kelemahan saya ialah :
1. ADM – ADMINISTRATOR
2. AMB – AMBASSADOR
3. ARR – ARRANGER
4. DIS – DISTRIBUTOR
5. RES – RESTORER
6. TRE – TREASURY

IIN PARLINA, anda adalah orang yang berani menghadapi orang secara empat mata,keras kepala, berani mengambil alih tanggung jawab , banyak ideanya baik yang belum pernah ada maupun dari pikiran lateralnya , selain memiliki sifat analitis juga banyak idea , senang mengkomunikasi ideanya , suka mengumpulkan berbagai informasi atau teratur , senang memotivasi dengan berbagai cara ada yang melalui sifat periangnya ada yang melalui sifat empatinya ada juga karena selalu ingin memajukan orang lain , suka berhubungan dengan orang , baik utk mempengaruhi, bekerjasama atau melayani, dan bertanggung jawab , senang menggabung-gabung kan beberapa teori atau temuan menjadi suatu temuan baru.

Itulah bunyi hasil ST30 yang saya dapatkan. Well yes sebagian besar saya akui kebenarannya misalnya si saya yang paling anti soal administrasi atau soal keuangan. ini yang kemudian menjadi PR besar bagaimana si saya manage keuangan si saya dan keluarga hehhee… so far mah jago sih soal hemat2an tapi untuk manage dalam kondisi overall rada suka gimanaa gitu. Trus bener juga sih soal ide.. misalnya kalo di kerjaan idenya memang suka agak banyak hehhe.. oiya dan satu hal yang paling saya jago kayanya dan ini saya akui adalah how I collect data… seriusan.. jangan tanya kalo soal ngumpulin literatur, jurnal, artikel dst.. hihi… (kalo yang kaya gini mah banyak ya…), tapi sayangnya kurang bisa ngelola kalo udah kekumpul wkkwkw…. Nah tapi ada yang ga benernya juga sih.. si saya katanya seller tapi paling gabisa dan ga suka jualan hehe. designer yess.. journalist juga yess..

Oiya,,, dulu pernah ikut talent mappig juga,.. ini hasilnya:

  1. Relator
  2. Developer
  3. Empathy
  4. Positivity
  5. Connectedness
  6. Learner
  7. Intellection
  8. Input
  9. Communication
  10. Achiever
  11. Analyctical
  12. Futuristic
  13. Ideation
  14. Woo
  15. Focus
  16. Activator
  17. Maximizer
  18. Adaptability
  19. Significance
  20. Restorative
  21. Belief
  22. Strategic
  23. Command
  24. Individualization
  25. Harmony
  26. Arranger
  27. Responsibility
  28. Self-assurance
  29. Consistency
  30. Includer
  31. Discipline
  32. Competition
  33. Deliberative
  34. Context

Keliatan banget si saya kurang disiplin hehhehe…

Oiya. selain soal temubakat, diminta menganalisis kuadran bisasuka juga seperti yang tergambar di bawah ini:

kuadran

Well.. itu piranti-piranti yang bisa digunakan untuk menganalisis diri.. selanjutnya yang penting adalah mem-follow up si analisis ini menjadi landasan yang bisa jadi kekuatan untuk mengoptimalkan peran. Percuma dibikin kalo ga dipake.. intinya mah gitu hehe,.

nah,, si saya juga masih dalam kondisi belajar bagaimana bisa nih si saya mengoptimalkan potensi saya dengan segala keterbatasan yang saya miliki… selalu mencoba berusaha.. tapi ya kembali ke laa hawla wa laa quwwata illa billah.. sungguh segala kekuatan datang dari Allah.. hanya kepadaNya lah semua kembali dan kepadaNya lah saya memohon perlindungan…………………

Advertisements

About iinparlina

Seorang Insan manusia yang diciptakan Allah dengan segala kekurangan dan kelebihannya, yang mencoba menjadi seorang yang dicintaiNya, dan salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menulis, membagi sedikit sekali ilmu yang dimilikinya. Meskipun sedikit, dia berharap dari yang sedikit itu, ilmu itu bisa bermanfaat untuk orang lain sebagaimana dia pun membutuhkan Ilmu untuk membuatnya bisa menjejakan kakinya di surga.

Posted on March 12, 2018, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: