About

Iin adalah seorang yang memiliki mimpi yang cukup banyak, memiliki harapan yang cukup bertebaran, dan memiliki keinginan yang cukup kuat untuk mewujudkan harapan dan impian tersebut.

Iin Parlina dibesarkan dengan hangatnya kasih sayang kedua orang tuanya. Meskipun ada pencampuran antara rasa kawatir yang berwujud menjadi sebuah rasa perlindungan yang agak berlebihan. Iin Parlina memakluminya, karena sebuah kewajaran akan kehilangan yang amat sangat yang dirasakan kedua orang tuanya. Apa pasal?? Iin Parlina adalah anak pertama yang berhasil hidup sampai usia 23 Tahun kini setelah sebelumnya keempat kakaknya harus menghadap ke hadirat Illahi Rabbi karena sakit dan tidak ada yang bertahan lebih dari 2 tahun. Keluarga yang membesarkan Iin Parlina adalah keluarga yang cukup taat beribadah sebenarnya, namun sayang ranah dakwah dan pergerakan belum dapat dilakoni keluarga tersebut. Hal inilah yang juga memberikan efek yang cukup baik kepada seluruh anggota keluarga termasuk Iin Parlina yang terkondisikan untuk tidak pernah meninggalkan Ibadah Wajib dan malah melakukan beberapa amalan sunnah. Namun untuk terjun ke dalam aktifitas dakwah yang lebih luas, keluarga ini belum dapat melakukannya. Mudah2an anak kecil bernama Iin Parlina inilah yang akan menjadi pionir di keluarganya..

Iin Parlina adalah seorang yang berasal dari bumi pertanian Cianjur yang sangat subur, oleh karenanya ia berniat untuk menggunakan keilmuannya untuk mengembangkan daerah asalnya tersebut. Namun sayang, untuk melangkah ke arah sana, masih banyak perjuangan yang harus dilakukannya. Mengenyam pendidikan di SDN Cipanas 2, SMPN 1 Pacet dan SMUN 1 Cianjur, dengan prestasi yang cukup lumayan-gelar juara umum yang selalu setia menemani perjuangannya di sekolah. Sehingga ketika lulus SMU semua guru-guru yang menyayanginya mendukung dengan penuh untuk dia dapat masuk ke dalam ranah perguruan tinggi. Maka jadilah ia menjadi salah satu bagian keluarga kampus Ganesa yang kata orang adalah kampus terbaik yang dimiliki Indonesia.

Teknik Kimia ITB adalah bidang yang dipilih oleh Iin Parlina yang berhasil dilewatinya dari kampus Ganesa pada April 2010 dengan pertolongan Allah via Beasiswa IA ITB 1978. Merasakan derap dinamika aktifitas akademik sebagai seorang mahasiswa teknik kimia merupakan tantangannya yang cukup besar sekaligus kesempatan yang baik untuk berkiprah dan berkontribusi untuk mewujudkan visinya menjadi manusia yang bermanfaat… kembali berharap, semoga dapat terealisasi…. ga hanya baik di mulut tapi nyata di lapangan.

Hal yang sangat disukai Iin Parlina adalah jalan-jalan..oleh karena itulah blog ini dinamakan “sebuah perjalanan”. Sangat suka menjelajahi tempat yang belum diketahuinya, tracking, outbond, dan kegiatan sejenis yang biasanya selalu dapat memberikan pengalaman dan hikmah baru bagi dirinya. Inilah pula yang menyebabkan Iin Parlina memilki keinginan menjelajah seluruh Indonesia, plus menjelajah ke belantara dunia yang lainnya (luar negeri:red, bukan karakter orang sunda katanya ya??). Hal lain yang disukainya adalah belajar, mengajar, membuat jaringan, menulis, membaca, bergerak, fotografi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Beberapa organisasi pernah diterjuninya, mulai dari OSIS, Pramuka, KIR, Rohis (meskipun gadungan hehehe), Gamais ITB, Mata’ Salman ITB, Asrama Salman ITB, kaderisasi Salman ITB, gamistek ITB, Himatek ITB, ALC, BTA, Edulab, dsb, dan yang sekarang sedang dijalani adalah Etos Bandung sebagai Supervisor asrama akhawat, yang merangkap sebagai bendahara.

Perpaduan yang menarik antara sanguinis dan melankolis yang dua-duanya merupakan tipikal kepribadian dengan emosi yang cukup labil. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa Iin Parlina nampak selalu punya energi lebih untuk terus semangat, ekspressif, dan di sisi lain punya kepekaan perasaan yang cukup baik, atau kadang berlebihan hehe.. hal ini juga yang menyebabkan Iin Parlina nampak selalu ceria, tapi ketika menulis, yang ada adalah rangkaian kata melankolis dan perfeksionis..

ya, namanya juga manusia, tidak ada yang sempurna, hanya mencoba untuk selalu megikhtiarkan yang terbaik dengan memilih opsi-opsi yang paling utama di antara yang utama, dan hanya berharap Rabbnya selalu meridhoi dan menuntun langkahnya.

Warna kesukaannya adalah biru muda dan cokelat, tapi setahun belakangan ini juga menyukai warna merah maroon dan merah muda. Makanan kesukaannya adalah masakan yang ia masak sendiri, masakan yang dimasak Umminya, masakan yang dimasak bersama keluarganya (Etoser dan Salman-er: red), selain itu juga masakan Padang, mie Bakso dan lain-lain (heu bilang aja semuanya suka: hehe). Sangat menyukai buku2 karangan Salim A fillah (kalo baca buku lain kadang ga tuntas, tapi kalo baca buku Salim A Fillah selalu tuntas), plus buku karangan Anis Matta, Ustad Abdul Azis Abdur Rauf, dan Ustad Rahmat Abdullah, alm.sangat menyukai buku2 terbitan Era Intermedia dan Pro U. Sangat suka baca cerita kisah dan pengalaman orang2.. makanya sangat menyukai buku Bukan di negeri dongeng, dll.

Dan kehidupan Iin Parlina pernah dikelilingi 19+36 orang adik-adik lucu dan menggemaskan, jail, dan sangat suka bercerita.. tipikal anak2 sanguinis memang.. ada juga adik2 binaan yang cerewet, kritis, suka bercanda, tapi mudah banget penasaran, masih ada lagi adik2 yang lainnya: adik2 di Mata, adik2 di tempat ngajar, adik2 di prodi,, dan masih banyak lagi.. huhuhu..selain dikelilingi adik2, kehidupannya juga diisi teman2 seangkatannya yang sebagian besar udah pada kabur, dan juga kakak2nya (apalagi yang ini).. tapi semuanya adalah amanah Allah yang luar biasa yang Iin Parlina miliki dan syukuri, yang menjadi bagian dari perjalanan kehidupan Iin Parlina….

Kini,… kehidupan Iin Parlina diisi dan dihiasi dengan celah dan kesempatan untuk berkontribusi untuk kemaslahatan umat lebih banyak lagi. Allah telah memberikannya amanah unutk menjadi bagian kecil dari pemerintah Republik Indonesia. Lembaga yang sebenarnya sudah sangat tidak asing baginya, lembaga tempat menimba ilmu dan tempat mengaktualisasikan kemampuan diri yang sudah dibina selama berjuang di kampus ITB tercinta. Lembaga itu adalah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang bertempat di Jalan MH Thamrin No 8, Jakarta Pusat. Jakarta yang menjadi kota yang dihindari oleh seorang Iin Parlina, ternyata kini menjadi tempatnya ber-tadrib amal. Jakarta yang kini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari seorang Iin Parlina… impian impian baru, perjuangan baru, orang-orang baru.. itulah yang dia dapatkan ketika memasuki dunia BPPT.. sungguh tersimpan niat dalam hatinya untuk menjadikan kesempatan ini sebagai ajangnya beramal dan beternak unta merah.. semoga saja keistiqamahan senantiasa mengiringinya..

Tak ada gading yang tak retak, begitulah manusia termasuk Iin Parlina, ada banyak kekurangan yang dimiliki, semoga teman-teman dapat menerima, karena Iin sendiri sedang mencoba dan terus mencoba menjadi Iin terbaik yang dia pernah bisa menjadi…..

 

  1. suka menulis? tertarik ikutan lomba blogging? total hadiah senilai jutaan rupiah dengan pendaftaran gratis. cari tahu di http://compfest2011.com/?id=b

  2. woo,, ganti teh templatenya? mantef lah

  3. siti nur hayah isfandiari, SKM

    assalamualaikum Bu Iin, saya sangat tertarik ilmu dan informasi ibu ttg dioksin.bagaimana saya bisa mengakses lebih banyak ilmu lagi ttg dioksin,terutama yang bersumber dari incenerator rumah sakit?bagimana mengestimasi keluarannya ? TK

    • wa’alaykumussalaam warrahmatullahi wabarakatuh.
      sebenarnya literatur tentang dioksin sudah cukup banyak tersedia di internet Ibu. saya sendiri banyak mengunduh jurnal di science direct.
      atau sebenarnya mas google pun sudah banyak menyediakan info tentang dioksin kok. paling Ibu bisa modifikasi keyword pencarian saja, dengan menggunakan bahasa inggris atau sejenisnya.
      pembahasan dioksin saat ini ada di BPPT dan kemenLH. mungkin Ibu juga bisa mencari langsung ke 2 lembaga tersebut.
      Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga Ibu diberi kemudahan.
      Terima kasih

  4. Blogwalking, salam kenal dari hero city..🙂

  5. Hi, kalau mau menghubungi mba iin kemana ya? Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: