Dear Diary,,,,,,,,,,,,,

Dear diary….

adalah kata-kata yang sangat familiar bagi beberapa orang yang memiliki kebiasaan menulis diari, termasuk diriku, mungkin ini yang pernah menjadi bagian hidupku di masa lalu.. tersenyum ketika kutemukan diari yang pernah kutulis sejak akhir tahun 2000 hingga akhir tahun 2001. diari ini adalah diari yang kutulis ketika menjalani masa SMP kelas 2 dan 3. tersenyum sendiri ku dibuatnya. Menyadari betapa lucu diriku dulu.. bercerita ini itu, kesedihan, kegembiraan, kisah bersama teman-teman, rasa marah karena nilai ulangan tidak lebih baik dari teman-teman yang lain….

Dear diary…

Menggemaskan, itulah yang kurasakan. Memoriku seketika terbang menuju masa lalu, mencoba menggali kembali suasana dan detail yang terjadi pada kisah yang kutuliskan setiap hari. Menggelitik, karena kurasakan beberapa emosi yang mengalir melalui tulisan tulisan itu. Perca-perca kisah yang menyusun pribadiku masa lalu dan mungkin masa kini.. artefak artefak yang meninggalkan fosil fosil kehidupan bahkan yang masih bisa kusaksikan hingga saat ini. Siapa pernah menebak bahwa tanda tangan yang kugunakan hingga saat ini memiliki sejarah yang kuukir pada tahun 2001 tersebut. Logo paling kanan dari tanda tanganku merupakan sebuah inisial yang kubuat ketika itu.. karena sudah masuk menjadi tanda tangan yang digunakan pada ijazah kelulusan smp, maka mau ga mau kugunakan hingga saat ini.. dan cukup aku saja yang tahu arti dari logo tersebut, cuma lucu aja kalau ingat sejarah pembuatannya.. hehehhe…

Dear diary..

banyak hikmah yang bisa kuambil dari membaca kembali kisah-kisah ini. Banyak hal yang telah berlalu yang tak bisa kuingat dengan detail karena telah banyak memori yang masuk ke dalam kepalaku, namun dengan membacanya kembali aku bisa mengingat masa-masa itu, Bahwa ternyata pada hari Kamis, tanggal 11 Januari 2001, aku telah mendaftar sahabat terbaiku. Mau tahu siapa nomor 1?? beliau adalah sahabat sekaligus juga saingan paling berat yang pernah aku punya. Bahkan hingga sampai masuk universitas, meskipun SMU kami berbeda. Siapa sangka nasib kami sebagai seorang sarjana teknik kimia kini menjadi abdi negara. Aku di BPPT dan beliau di Kemenperin. Si jangkung yang baik dan ramah yang simple dan sangat menyenangkan… aaah Flor, aku kangen Flor nih jadinya..No 2 nya adalah sahabat cantik yang sangat fasih berbahasa Jepang..ah Muna.. kangen juga nih bareng Muna..

Dear diary,

masih banyak kisah yang lain.. seperti pada tanggal 23 Jan 2001 saat itu kelas kami, di-pundung-i oleh guru bahasa Sunda, beliau mogok masuk kelas karena kelas kami yang nakal dan mungkin telah menyakiti hati beliau secara tak sengaja,,Selasa, 3 Juli aku menulis resensi film yang kutonton di Indosiar hehehe..Tanggal 13 Juli 2001 aku menjadi panitia MOS untuk siswa baru, ada banyak yang lucu dari kisah hari tersebut…Pada tanggal 29 Agustus mulai deh kisah bersejarah penulisan logo tanda tangan hehehhe…. Pada tanggal 2 Okt 2001, merupakan hari pelantikan pengurus OSIS TP 2001-2002 yang berarti juga hari demisionernya kami menjadi pengurus OSIS. Ada banyak kisah yang membuatku tersenyum dan tersenyum, dengan gaya belepotan bahasa inggris yang ga bener grammarnya, tulisan2 itu kubuat 10 tahun yang lalu..

Dear diary,

Aku pun bisa melihat perkembangan emosi kejiwaanku saat itu, bener2 labil gaya anak muda, meskipun dibandingkan yang lain mah masih terstabilkan oleh kondisi akademik. Aku bisa melihat betapa aku mencintai setiap pelajaran-pelajaranku, dan akan sangat ngamuk bila ada satu saja nilai ulangan atau tugas yang nilainya kesaing sama nilai temen2 yang lain. Lalu bakat teriak-ku juga ternyata muncul kelas 3 tersebut, hehehhe.. tepatnya pas ulangan Geografi sama Bu Acih.. hihihi..

Masih ada cerita ketika sanlat di mana aku nyesel banget ga bisa jadi santri terbaik padahal aku yang di awal jadi perwakilan teman-teman untuk penyematan tanda peserta. Betapa ambisiusnya yaaa,,,, kok sekarang ga ambisius lagi nih??

Dear Diary…

aku merasa dulu aku hanya pribadi remaja biasa yang memiliki segudang cita-cita, ingin ini ingin itu, ingin jadi dokter, lalu berubah jadi guru, pas ditanya pengen kuliah atau nggak, aku jawab sekenanya iya dan ke ITB tanpa tahu ITB itu bagaimana dan seperti apa… aku sendiri bingung mengejawantahkan kata-kata yang seperti apa yang tepat untuk menggambarkan pergolakan emosi dan kematangan jiwaku saat itu.. intinya mah happy as teenager. Mungkin yang spesial memang cuma semangat belajarnya yang agak di atas rata-rata, meskipun itu juga ga mulus, hehhe.. kalaupun di ujung masih bisa tetep jadi juara umum kadang mah giliran ma Flori ^__^, tapi di prosesnya mah jatuh bangun juga mempertahankan kondisi, terlebih semangat ga mau tersaingi yang lain juga agak tinggi heuheu…

Dear diary…

kurasakan apa yang menjadi kisahku masa lalu adalah hikmah yang masih bisa kuambil hingga saat ini. Keinginan-keinginan yang telah terkubur waktu atau karakter yang telah berubah menjadi semakin baik atau sebaliknya. Namun perlu juga proporsionalitas agar diriku kini tak hanya berorientasi masa lalu melainkan juga sosok yang berorientasi masa depan, yang mampu menyeimbangkan antara kisah masa lalu dengan harapan masa depan yang terintegrasi menjadi sosok visioner yang matang dan bijak… memenuhi setiap poin muwashafat kader dasar dengan ikhtiyar terbaik.

Dear diary,,,

sejak masuk kuliah mungkin aku tidak pernah menulis diary secara khusus.. dan baru tahun 2008 aku pun menggunakan fasilitas blog yang kurasakan tak hanya bisa berbagi untuk diri sendiri tapi mungkin juga bermanfaat untuk orang lain.. dan aku pun ingat bahwa masih banyak diary lain yang pernah kutulis yang entah kini tersimpan di mana… mungkin tersimpan di sela buku-buku pelajaran SD, SMP dan SMU lainnya.. mungkin ketutup oleh buku kuliah yang juga banyaknya minta ampun……heheh.. tapi yowes, kayanya mah bakal ngebiasain lagi setor kondisi, ya minimal bikin memo 1 paragraf setiap hari, berhubung sekarang juga udah didukung teknologi memo-gadget samsung android hehehhe..

  1. terus berkarya teteh…
    salam blogging

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: