Awal Mula Tahu Fulbright dan Bagaimana Saya Memulainya

Ini adalah sebuah cerita sepenggal kehidupan si saya dalam memperjuangkan salah satu mimpi yang bernama “menggapai ilmu sampai ke negeri china”. Jadinya sebenarnya sih bukan China hehehhe.. cuma kiasan aja kalo si saya pengen punya kesempatan belajar lebih banyak dalam kondisi yang bisa memaksimalkan upaya pencapaian kondisi tersebut. Allah Maha Mengetahui dan Maha Memberi Rizki, ada banyak anugerah yang saya rasakan yang diberikan Allah yang efeknya luar biasa signifikan, misalnya diberikan rasa penasaran terhadap ilmu pengetahuan sejak kecil adalah kunci dari perjalanan ini. Siapa sangka anak petani di sebuah desa bernama Cipendawa yang tersembunyi di suatu area bernama Cianjur ini bahkan udah sangat penasaran sama buku anatomi ketika tidak sengaja pas kelas 3 SD, anak ini menemukan buku yang bermaksud untuk dibuang oleh sekolah karena udah terlalu tua. Dari curiosity ini semuanya bermula. Menempuh perjuangan ke SMP Negeri 1 Pacet lalu SMUN 1 Cianjur, dan akhirnya menempuh studi di ITB adalah anugerah yang Allah berikan berbekal dari rasa itu.. eeeaaa…

fulbright_logo

8 Agustus 2014 kini si saya lagi ngubek2 komputer Mac nya Naismith Hall, di suatu kota bernama Lawrence yang terletak di bagian tengah (Midwest) sebuah Negara Adidaya bernama Amerika Serikat. Jujur, sampai saya SMU ga pernah bisa memimpikan bisa berdiri di tanah Paman Sam ini. Tapi Alhamdulillah sekali lagi barakah dari Allah… semoga aja bisa jadi hamba yang terus bersyukur dan mampu mengaktualisasikan syukur itu menjadi jerih payah yang hasilnya juga signifikan buat Agama, bangsa, Negara, dan keluarga.

Say it, pada awalnya tepatnya sampai pada tahun 2011 ga pernah muncul nama Amerika di list Negara yang ingin saya kunjungi. Saya tahu Jepang sejak kecil (karena komik dan anime Jepang yang banyak saya tonton, hehehhehe..). Saya juga tahu Belanda, Jerman, Amerika, dan negara2 lainnya dari pelajaran IPS. Tapi ga pernah terbersit pun sedikit keingingan pengen bisa ke Amrik hehhehehe…

Tahu beasiswa Fulbright sebenarnya baru tahun 2011, saat Pak Deputi TPSA BPPT mengundang salah satu officer dari Aminef buat memberikan presentasi untuk pegawai TPSA. Tahunya selama ini beasiswa yang saya dapat ini adalah beasiswa AMINEF. itu yang paling tidak yang pernah saya lihat di papan pengumuman beasiwa di loket beasiswa ITB tahun 2009. Tapi ternyata baru tahu kalo nama yang benerannya kalo beasiswanya namanya Fulbright dan lembaga yang mengelolanya di Indonesia namanya AMINEF.

Jadi sebenarnya dorongan awal masukin aplikasi beasiswa Fulbright ini datang dari luar. Si saya saat itu pengen nerusin belajar tentang bioenergy ke Jepang, Belanda, atau Jerman. That’s all. Tapi setelah presentasi AMINEF di BPPT, dorongan dari deputi dan Ibu Menik, akhirnya tahun 2013 saya masukin aplikasi juga ke AMINEF.

Tahun 2011 ga masukin karena baru masuk BPPT dan emang masih nimbang2 beneran US gitu? hehhehe, Tahun 2012 gamasukin karena masih setengah hati, akhirnya ga kekejar ngisi aplikasi dan nyiapin semuanya…tahun 2011 saya masukin ADS tapi gagal karena ga ngisi part 23 di form aplikasi ADS yang harus diisi pake ttd dan cap Pusbindiklat hahhaha.. emang takdir sih, tapi belakangan emang baru tahu kalo tanpa diisi Pusbindiklat, (lembaga yang berwenang buat izin dan rekomendasi, karena ADS ini sifatnya G to G). dan katanya untuk pelamar dari sector public. aplikasi ADS saya bahkan katanya ga akan dilihat sama sekali kalo ga ada ttd atau cap dari lembaga yang berwenang. Aplikasi ADS tahun 2011 ini adalah yang aplikasi pertama beneran saya hehhehe..

Tahun 2012 saya focus ke peningkatan kemampuan bahasa inggris sembari memperdalan materi biogas di tempat kerja. karena bahasa inggris buat saya adalah isu yang sangat besar. Hehehhe, sacara dari awal ga terlalu bisa (meskipun di smu beberapa kali ulangan harian dan umum dapet nilai yang memuaskan sih heheheh). Tapi ketika di universitas, pemakaiannya hanya terbatas pada reading aja. That’s all. Lagian saya bukan tipe yang suka mengglobal saat itu hehhehe.. jadi ngerasa bahasa inggris ga begitu penting. Dan akhirnya pas masuk BPPT keteteran deh, wong laporan2nya kebanyakan ditulis pake bahasa Inggris. Sementara saya yang paling muda, beban pembuatan laporan always becomes my responsibility.

Ibu Bos saat itu semangat banget ngejurung-jurung saya buat daftar Fulbright. Tahun 2012 iin bilang ga keburu, akhirnya 2013 dengan kesadaran sendiri, mulai nyiapin semuanya. Termasuk nulis study objective yang Bahasa inggrisnya juga masih agak2 level pas-pasan begitu hahahah.. tapi karena dorongan dari kantor kuat.. pada seneng gitu keliatannya ada yang apply Fulbright dari TPSA BPPT.

Jadilah saya apply hari Jumat tanggal 13 April 2013.. barengan sama apply beasiswa PRESTASI-USAID. Formulir beasiswa PRESTASI lebih banyak. Lebih ga pede, hahahha.. tapi weslah, submitted..

Berkas yang saya pake buat apply beasiswa Fulbright dan PRESTASI saya pake juga buat apply Monbusho. Ini adalah part yang sangat penting karena sekali kita bikin aplikasi buat satu beasiswa, berkas2 yang ada bisa dipake buat apply beasiswa yang lainnya. Trus pengalaman wawancara beasiswa yang satu juga bisa dipake buat wawancara beasiswa setelahnya…. Ini point penting lhooo ^_^. Heheheh..

Yang duluan kepanggil wawancara adalah Monbusho. Saya baru nerima panggilan wawancara dari Fulbright tanggal 21 Juni 2013. Wawancara Fulbright akan diadakan pada tanggal 2 Juli 2013 sementara si saya wawancara Monbusho sekitar akhir Juni 2013. Kalo lulus Monbusho, saat itu ga ada pilihan harus ngambil monbusho karena adanya system black-list institusi. Tapi akhirnya maju juga wawancara Fulbright dengan pengalaman yang sangat minim yang didapat dari pengalaman wawancara Monbusho. Saat itu Monbusho janji mau ngumumin hasil wawancara pada tanggal 6 Juli, tapi mundur ampe 3 minggu heheheh… tapi ternyata Monbusho saya GAGAL…

Dan tadaaaa… tanggal 3 September 2013 setelah menunggu cukup lama, habis masukin aplikasi ke ADS juga (Agustus 2013) dan setelah rumah kebakaran (18 Agustus 2013), adalah anugerah Allah SWT bagi saya bahwa saya dinyatakan sebagai principal candidate FULBRIGHT MS FIRST 2014….

 

TO BE CONTINUED……………………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: