Melatih Kemandirian Anak-2

Belajar berjalan adalah sebuah proses yang membutuhkan kemampuan motorik anak yang cukup besar jika dibandingkan dengan ketika mereka belajar berguling atau merayap, karena kebutuhan penggunaan sensor, otot, serta faktor psikologis nya si anak diberdayakan secara luar biasa. Karena mau ga mau kan harus ada super bravery yang muncul dari dalam diri si anak untuk bisa berdiri di atas kaki sendiri melangkah, despite the fear of falling. Mungkin inilah fase mereka untuk mencoba nyali mereka tidak untuk tidak mengandalkan kekuatan orang lain. Well kalo dianalisis menarik inih.. sayangnya si saya belum liat referensi saintisnya.  cuma baru sempat baca sekilas dan liat serta observasi how naya is dealing with her fear to be able to stand and walk by herself.

Selama ini kemajuan Naya kalo saya bilang mah alhamdulillah… sekarang kecepatan merambat di dindingnya udah mulai bertambah dan frekuensi ngelepas tangannya ketika berdiri juga udah sering, namun nampaknya belum ada keberanian yang full untuk membuatnya bisa berdiri dan berjalan sendiri. hehehe.. tapi yang seru adalah bahwa kemampuannya berjalan ini kayanya bakal barengan sama kemampuan ngocehnya yang luar biasa.

Yang saya lakukan kini terkait ini adalah mensugesti dan memperkuat keberanian Naya shalihah untuk berani mengambil langkah itu, juga secara responsive melihat how she is enjoying the process serta kendala apa yang terjadi. Kalo misalnya bosen dengan si kursi hijau mungkin harus nyoba dengan alat lain galon misalnya,.. alat2 yang memang Naya is keen on.

#Harike2
#Tantangan10Hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional

Advertisements
%d bloggers like this: