Review PG2 Pendidikan Fitrah Seksualitas Sejak Dini

Menyambil menyimak presentasi PG2 di jam di mana saya harus nge-lab (proudly return from my hiatus) membuat saya kurang fokus nih nyimak, akhirnya mau ga mau manjat dikit-dikit di sela nunggu analisis lagi disambung dengan manjat di masa nunggu absen mau jemput bocah.

Well di edisi hari kedua presentasi tema adalah kelanjutan dari tema kemarin, of course masih tentang fitrah seksualitas, namun penekanan di hari kedua ini adalah mengapa dia harus dilakukan sejak dini.

intinya fase pembinaan dan pengenalan sejak awal akan sangat berpengaruh pada pemahaman bocah mengenai jati dirinya, dan bagaimana nantinya dia akan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. so. this is a crucial step gaes. di sini tahap ayah dan ibu yang berperan akan memberikan warna dan pemahaman pada sang anak. Nah jika dilakukan sejak dini, anak mengenali identitas seksualnya sehingga akhirnya dia berperan sesuai fitrah seksualnya sehingga jadi pribadi yang bertanggung jawab atas fitrah seksualnya.

Misalnya kalo saya bayangkan penerapannya pada Naya adalah gimana Naya bisa kenal bahwa Naya itu perempuan dan ada temen2nya di daycare yang juga perempuan, tapi ada juga yang laki-laki dan bagaimana naya akan bersikap kepada mereka. Hal ini juga nanti yang akan membentuk pemahaman Naya akan bagaimana Naya bersikap ke depannya, karena jelas dalam Islam ada batasan interaksi antara laki-laki dan perempuan, dan untuk bisa melaksanakannya Naya harus paham dulu.

Kurang lebih begitu analogi yang bisa saya terapkan ke Naya tentang urgensi mengapa si pemahaman fitrah seksualitas ini harus dimulai sejak awal yang saya bisa lakukan.

 

#gamelevel11 #fitrahseksual #institutibuprofesional #tantangan10hari #ibuprofesional #kelasbundasayang #harike2

%d bloggers like this: