Review PG6 Pengaruh Media terhadap Fitrah Seksualitas”

Yang namanya manusia ya bayi ya anak ya orang dewasa memiliki kecenderungan dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Tentang apa yang sering didengar, dilihat, dibaca, ditonton, diceritakan, dibahas dan lain sebagainya. Tentu perlu ada saringan dan benteng yang kuat dari dalam atau internal yang bersangkutan, tapi berkembangnya dunia media kini apalagi seiring generasi milenial tumbuh dan berkembang, serta proses digitalisasi dalam revolusi industri 4.0 jelas pengaruh media akan menjadi celah dan potensi.

Lalu apa dampak media bagi perkembangan seksual sesesorang terutama seorang anak? Dalam pembahasan yang dibawakan oleh PG6, media punya peran yang sangat sangat penting dan besar. Misalnya ketika eksposure media kepada anak terutama yang masih kecil banget menjadi sangat besar? (katakanlah ada orang tua yang menenangkan anak2 mereka dengan ngasih game atau yutub di gadget) maka kemungkinan paparan media negatif juga akan besar. Misalnya adanya hidden content yang kadang muncul sebagai advertisement, kalo ga sengaja ke klik trus kecanduan gimana? Atau yutub yang ga sengaja si anak nge-klik recommended link yang ternyata ada muatan yang belum sesuai umur, bisa bisa si anak dewasa sebelum waktunya (ingat pembahasan grup sebelumnya—ketika aqil balig sebaiknya bersamaan). Karena well kita ga bisa menjaga 100% konten media terutama media sosial yang muncul tiba2 bapak ibu. Kurang lebih begitu. Atau misalnya ada temen anak suka kpop sampe yang mengarah ke LGBT, trus bisa aja dia menularkan kesenengannya itu, atau tergila2nya some people towards some idols, trus dibahas bareng.. ah na’udzubillah. Hanya Allah SWT sebaik-baik pemberi perlindungan kepada anak2 kita.

Intinya, media bisa memanjakan bisa menjadi celah dan potensi ke arah negatif, kecuali memang kita punya kemampuan untuk memastikan 100% konten yang muncul adalah ter-filter dengan baik, dan jawabannya adalah? (mangga bapak ibu tahu jawabannya gimana), belum lagi kalau dilihat dari segi kesehatan juga. Maka dari itu, berusaha sebaik mungkin mengandalkan kemampuan membina dan mendidik hanya pada diri kita ya.. maksunya dede nya sebisa mungkin dihindarkan dari gadget kecuali memang untuk keperluan yang memang esungguhnya… misalnya kalo Naya ya video call sama abahnya….

 

#gamelevel11 #fitrahseksual #institutibuprofesional #tantangan10hari #ibuprofesional #kelasbundasayang #harike6

%d bloggers like this: