Teknologi

Berbicara teknologi, ada banyak buku tebal yang bisa memperkaya kepala kita dengan khazanah teknologi, entah itu definisinya maupun perwujudannya.. teknologi seperti semacam perangkat yang bisa membuat semuanya menjadi lebih mudah, lebih canggih dan lebih keren, haha..

Berhubung aku berasal dari Institut TEKNOLOGI Bandung dan sekarang bekerja di Badan Pengkajian dan Penerapan TEKNOLOGI, otomatis, kata teknologi menjadi satu makanan sehari hari yang mampir di kepalaku, di hatiku dan di tindak tandukku hahaha… ga segitunyaa kalii ^_^. Bukan apa-apa, sejak SMU yang disuburkan lagi perasaannya ketika kuliah, aku ingin menjadikan perangkat ini menjadi jalanku untuk memberikan kontribusi maksimalku… meningkatkan kesejahteraan keluarga khususnya, masyarakat Indonesia pada umumnya..dan menjadi bagian dari para pahlawan di masa keemasan sejarahku..

Kembali ke teknologi,, teringat ketika debat bahasa Inggris antara Etos Bandung (ITB, Unpad:red) dengan Etos Maksar (Unhas:red).. ketika konten yang diberikan adalah masalah dampak positif dan negatif teknologi.. kami (Bandung) mengalami kesulitan yang sangat berarti ketika harus menjadi pihak yang kontra terhadap teknologi, karena kami sadari bahwa teknologi mau bagaimana pun juga memiliki nilai positif yang sangat jauuuuuh dibandingkan sisi negatifnya.. la wong kita belajar bagaimana karakter teknologi dan bagaimana teknologi menjadi satu perangkat yang akan sangat mudah kita temukan di sekitar kita mulai dari baju yang kita pakai, rumah yang kita tinggali, jam tangan yang melingkar di tangan, gadget yang mengiringi aktifitas sehari-hari dan lainnya.. atau bahkan ekstrimnya dikatakan bahwa kita ga akan bisa hidup tanpa teknologi.

Teknologi merupakan satu wujud ilmu pengetahuan yang berupa tataran aplikasi. Maksudnya karena dasar kata etimologisnya sendiri yang menyangkut hal teknis maka teknologi adalah salah satu perwujudan ilmu pengetahuan yang langsung kita gunakan. Misalnya ada yang namanya ilmu matematika, yang kita kira akan berbicara banyak hal tentang angka, rumus, dan sejenisnya. Perwujudan ilmu matematika yang kita gunakan misalnya software komputer yang memiliki dasar ilmu basis. Penggunaan ilmu matematika menjadi software aplikasi komputer, itulah yang disebut teknologi komputer… haha aku berikan contoh ilmuku deeh..

Aku berasal dari teknik kimia ITB, yang kesehariannya belajar tentang ilmu transport fenomena, mekanika fluida, teknik reaksi kimia dll… ilmu-ilmu yang luar biasa tersebut kemudian diwujudkan menjadi produk produk yang nyata dan berguna dengan teknologi bernama teknologi kimia.. bagaimana kita bisa memakai detergen, sementara deterjen adalah bahan yang dibuat secara proses kimiawi menggunakan reaksi eksotermik yang kompleks. Atau bagaimana kita bisa menggunakan plastik yang biasa kita pakai untuk apapun laah yaa, sementara produksi plastik adalah serangkaan proses kimia dan fisika yang sangat kompleks melibatkan banyak peralatan dan bahan. Tidak hanya itu, bagaimana membuat produksi plastik yang awalnya berasal dari penemuan di laboratorium menjadi sebuah pabrik besar yang setiap harinya memproduksi ribuan ton bijih plastik per hari,, ini juga punya ilmu dan teknologi tersendiri yang membuat hal2 tersebut mungkin untuk diwujudkan.

Teknologi Indonesia? Teknologi yang dimiliki Indonesia banyaak!! Indonesia mempunyai banyak sumber daya manusia berkualitas yang mampu membuat karya karya teknologi mengagumkan yang bisa membuat dunia internasional pun berdecak kagum. Sebutlah seorang teknolog kebanggaan Indonesia yang pernah menjadi Menristek dan Kepala BPPT , yang terkenal dengan IPTN dan dengan keilmuan yang dimilikinya, bisa membuat rancangan pesawat sendiri N235 dan N250.. yang hampir membuat Indonesia jaya dengan teknologi dirgantara-nya. Sayang perkembangannya tersendat dengan teknologi  politik yang diwarnai oleh teknologi korupsi oleh manusia Indonesia yang lainnya yang sebenarnya juga menyimpan potensi teknolog ^_^.

Yang lain-lain?? Banyak!! Sebutlah seorang teknolog Indonesia yang menggemparkan dunia membran internasional dengan hukum yang dibuatnya: Hukum Wenten I dan II,, haha jadi inget hukum Newton I dan II.. keren kaan?? Dan ada lagi seorang teknolog intensifikasi proses kimia yang berhasil membuat reaktor Reverse Flow. Dan yang lain yang paling kukagumi adalah seorang teknolg kemurgi Indonesia yang sekarang menjadi Dewan Energi Nasional dan Pakar Biodiesel Indonesia yang sangat terkenal. Teknologi kemurgi yang diperkenalkannya berhasil membuatku berpikir bahwa Indonesia dengan kekayaan biodiversitasnya yang bikin negara lain mupeng sangat bisa diberdayakan. Satu produk kemurgi yang sudah kita rasakan manfaatnya adalah biodiesel. Pasti udah pada tahu lah yaaa…

Aku sendiri.. mengingat latar belakang pendidikanku yang belajar bagaimana ilmu kimia diwujudkan menjadi produk teknologi, memiliki minat yang sangat besar meskipun diakui hehehe buat mengingat semuanya agak susah ternyata,, maka pecahan teknologi kimia yang kini menjadi keahlian mungkin ya sebenarnya ada 3: teknologi pangan—karena minor di TK dulu, teknologi energi—yang menjadi penelitian tugas akhir, dan teknologi lingkungan—spesifiknya di pengolahan limbah cair menjadi biogas..

Jika dirinci, memang teknologi kimia ini banyak macamnya: teknologi polimer, teknologi material, teknologi kemurgi, teknologi keramik, teknologi energi, dan lain sebagainyah.. makanya mungkin keahlian para teknolog adalah spesifik. Akupun tidak menguasai semuanya.. hanya beberapa.. hanya saja, cita-cita yang ingin kuraih adalah penguasaan teknologi kemurgi dan teknologi pangan yang merupakan kombinasi ilmu untuk permberdayaan SDA Indonesia. Hehe tak apa, masih mungkin dikejar sembari mendalami juga teknologi lingkungan yang sekarang menjadi makananku sehari-hari. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: