Nasehat Rasulullah terkait tahun politik

Mari ingat pesan-pesan Rasulullah saw :

1. Berkatalah baik atau diam (riwayat Al Bukhari dan Muslim)

Konsekuensi : tidak ada pilihan ketiga.

2. Di antara tanda baiknya Islam seseorang itu adalah meninggalkan apa yang tidak penting baginya (riwayat At Turmudzi)

Konsekuensi: Kalau mau baik dalam penilaian Allah, kita harus selektif terhadap isu di medsos. Abaikan isu ga penting, walaupun rame.

3. Ghibah itu membicarakan sesuatu yang benar-benar ada pada diri seseorang tanpa kehadirannya, yang andai dia tahu, dia tidak suka. (riwayat Muslim).

Ghibah ini begitu buruk dalam penilaian Allah, seperti buruknya memakan daging mayat orang yang dibicarakan (Al Hujurat:12).

Konsekuensi: Hindari ngomongin keburukan orang dengan menyebut identitasnya, kecuali terpaksa. Kalau ngomongin fakta yang buruk aja sejelek itu nilainya di hadapan Allah, apalagi ngomongin hoax terkait orang.

4. Ada orang yang mendapat siksa kubur yang sangat berat akibat melakukan namimah (riwayat Al Bukhari dan Muslim).

Menurut para Ulama, namimah artinya menyampaikan perkataan satu golongan ke golongan lain untuk mengadu domba
keduanya.

Konsekuensi: hindari share, tag, mention sebelum kita pastikan bahwa info yang akan kita sebar tidak menimbulkan permusuhan. Walaupun itu fakta, kalau berpotensi menimbulkan permusuhan, jangan sebar.

5. Pihak yang menuduhlah yang harus menunjukkan bukti, sedangkan yang dituduh, apabila mengingkari tuduhan, cukup bersumpah (riwayat Al Baihaqi).

Konsekuensi: kalau ada tuduhan tanpa bukti, tuduhan itu gugur, siapapun pihak yang menuduh. Keliru kalau kita percaya dulu tuduhan itu, sambil menunggu tertuduh membuktikan bahwa tuduhan itu tidak benar.

6. Ada perkataan baik yang si pengucapnya tidak terlalu memikirkan dampaknya, ternyata membuat Allah ridha, hingga mengangkat derajatnya beberapa derajat di surga. Ada perkataan buruk yang si pengucapnya tidak terlalu memikirkan dampaknya, ternyata membuat Allah murka, hingga menjatuhkannya ke Jahannam (riwayat Al Bukhari)

Tiap kata ada akibatnya.
Konsekuensi : investigasi jenis2 perkataan yang sangat disukai Allah, lalu seringlah mengatakannya. Bisa jadi, perkataan jenis ini ga panjang, ga perlu ilmu banyak, tapi maknanya benar2 sangat istimewa.

Investigasi jenis2 perkataan yang sangat dibenci Allah, lalu jauhi.

%d bloggers like this: