Laporan Ketua Panitia Kick off meeting

Laporan Ketua Panitia Kick off meeting

dengan Tema:

“PENGEMBANGAN BIOGAS DARI LIMBAH INDUSTRI TAHU

UNTUK MENDUKUNG DESA MANDIRI ENERGI

DAN MITIGASI GAS RUMAH KACA”

Assalaamu’alaykum Wr wb

Assalamu’alaikum Wr.Wb. Salam sejahtera untuk kita semua.

Bapak-bapak, Ibu-ibu, serta Saudara peserta kick off meeting yang terhormat,

Yang kami hormati

  • Bapak Ridwan Djamaludin selaku Deputi TPSA BPPT
  • Ibu Maritje Hutapea selaku Direktur Bioenergi, Kementrian ESDM
  • Ibu Wahyuningsih Darajat selaku Direktur Lingkungan Hidup, Bappenas
  • Bapak Agus Purnomo dari DNPI
  • Ibu ….. KLH

Serta Ibu dan Bapak hadirin yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu,

Selamat datang kami sampaikan kepada seluruh peserta kick off meeting bertemakan “pengembangan biogas dari limbah industri tahu untuk mendukung desa mandiri energi  dan mitigasi gas rumah kaca” yang kami selenggarakan pada hari ini. Kami sampaikan bahwa kick off meeting ini diselenggarakan dengan dukungan dana dari lembaga partnership internasional di bidang energi terbarukan dan efisiensi energi yaitu REEEP, renewable energy and energy efficiency partnership sebagai upaya untuk menjadi solusi atas permasalahan indonesia di bidang lingkungan dalam hal ini masalah pengolahan limbah dan produksi energi terbarukan.

Dengan berbekal pengalaman yang ada dan berdasar pada permaslahan serta potensi solusi yang menyertainya, kami Pusat Teknologi Lingkungan BPPT mencoba menangkap kesempatan untuk bisa berkiprah lebih banyak dalam mengatasi persoalan lingkungan yang kini tengah melanda bangsa kita. Workshop ini kami selenggarakan dengan mengerucut pada persoalan pengolahan limbah tahu yang dapat menjadi potensi produksi energi terbarukan seperti yang telah kami laksanakan pada program sebelumnya bersama kementerian Riset dan Teknologi di Desa Kalisari, Kabupaten Banyumas. Berdasarkan pengalaman tersebut yang disertai dengan analisis kondisi eksisting terhadap pengolahan limbah industri kecil tahu yang memiliki jumlah yang cukup banyak di Indonesia, maka kami memberanikan diri untuk mengundang Bapak dan Ibu sekalian di sini sebagai langkah awal untuk mewujudkan impian kami dalam menyediakan teknologi lingkungan yang memiliki peran yang cukup signifikan.

Workshop atau kick off meeting yang mengambil tema “pengembangan biogas dari limbah industri tahu untuk mendukung desa mandiri energi  dan mitigasi gas rumah kaca” memang difokuskan ke dalam sektor industri kecil khususnya industri tahu yang pengolahan limbahnya dapat digunakan untuk produksi biogas yang mampu memenuhi bahan bakar bagi warga sekitar. Workshop ini mengharapkan adanya kisah kisah sukses pengolahan limbah industri kecil tahu dapat dibagikan dari satu daerah ke daerah yang lainnya sehingga teknologi pengolahan limbah tahu penghasil biogas dapat menjadi teknologi yang memasyarakat di seluruh Indonesia dan dapat membantu warga melakukan substitusi bahan bakar fosil yang kian lama jumlahnya kian terbatas.

Oleh karena itu, kami sampaikan di sini bahwa tujuan dari program kami adalah :

  • Mengembangkan perencanaan untuk menghasilkan sumber energi terbarukan yaitu biogas dari industri kecil tahu
  • Mendorong penggunaan biogas untuk mengganti penggunaan bahan bakar fosil di industri tahu  dan rumah tangga
  • Mengembangkan kebijakan yang mendukung produksi biogas serta penggunaannya
  • Mengembangkan perencanaan untuk menghasilkan sumber energi terbarukan yaitu biogas dari industri kecil tahu
  • Mendorong penggunaan biogas untuk mengganti penggunaan bahan bakar fosil di industri tahu dan rumah tangga
  • Mengembangkan kebijakan yang mendukung produksi biogas serta penggunaannya

Untuk dapat melaksanakan program ini secara baik dan menyeluruh, tentu tidak mudah. Banyak halangan dan rintangan yang dapat menjadi hambatan terlaksananya program ini yang tentu dapat diminimalisasi dengan adanya bantuan dari Bapak dan Ibu hadirin sekalian. Dan program ini pun tidak hanya berhenti pada workshop ini saja. Terdapat beberapa program ikutan yang juga membutuhkan partisipasi dan kerjasama Bapak dan Ibu sekalian, sehingga izinkanlah kami di sini menyampaikan permintaan kepada Bapak dan Ibu sekalian agar dapat turut serta dalam program ini ke depannya.

Kami sampaikan terima kasih kepada segenap pihak yang membantu terlaksananya acara hari ini. Dengan jumlah peserta sekitar ???? orang yang hadir di sini mewakili berbagai instansi yang tersebar di Indonesia mulai dari Jawa Barat, hingga Kalimantan, semoga acara ini dapat terselenggara dengan baik hingga akhir.

Demikian kami sampaikan laporan kegiatan workshop. Selamat menikmati acara dan semoga keberkahan aktivitas menyertai kita dan tujuan mulia kita berada di sini.

Sekian, saya sampaikan terima kasih atas kehadiran Bapak dan Ibu Hadirin sekalian. Mohon maaf jika ada yang tidak bekenan, mari kita mulai saja acara hari ini.

Wassalaamu’alaykum wr wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: