Monthly Archives: July 2008

SuDah KP sebulan RupaanYa…

Cikarang (Sulphonation Control Room Of PT Unilever NSD factory), 29 Juli 2008 10.05am

Subhanallah Walhamdulillah Walaailaaha Illallah Wallahu Akbar. As Shalatu Wassalamu ‘Ala Rasulillah Sallalahu ‘alaihi Wassalam

Tak terkira rasa syukur meluap dari dalam dada in yang sempit ini. Saat ini diri ini merasa begitu sangat beruntung karena betapa banyak Anugerah Allah Swt yang Dia berikan, begitu banyak kemudahan dan nikmat kecil maupun besar yang semakin membuat in merasa kecil. Hanya berharap semoga rasa ini dapat berwujud menjadi sesuatu yang nyata dalam bentuk amal dan tindakan yang dapat meningkatkan kualitas in dan semakin menambah Cinta Sang Pencinta untuk in .

Sudah hampir sebulan in kerja praktek di Unilever ini, semakin banyak orang yang in kenal, smakin banyak yang in dapet ga hanya pengetahuan secara fikriah akademik tapi juga ruhiyah dan motivasi spiritual yang smakin ngedorong in untuk semakin gigih menjalani perjalanan in sebagai seorang engineering….. banyak sekali yang harus dilakukan dan dibenahi dari masyarakat muslim kita, dan in Allah tempatkan di sebuah jalan bernama kiprah akademisi sebagai seorang calon engineer proses.. dahsyat kan smoga saja bisa……

Secara umum orang-orang Unilever in katakan pada baik, sholeh, dan hanif… iya, bukankah budaya dan karakter masyarakat itu bisa dicirikan dengan muatan obrolan yang ada?? Disini, obrolan orang2nya kejaga banget, banyak sekali pembahasan tentang akhirat, sikap sabar, ikhlas, takwa, ibadah, wahn, qadhoya, sampai Palestina… soal Shalat, pada umumnya lumayan tepat waktu, bahkan beberapa ada yang slalu mendahului kumandang adzan, senangnya in bisa mengenal beberapa orang di antara mereka… Dahsyatnya, bahkan di Control Room Sulphonasi yang biasa in jadikan markas, sering skali diperdengarkan Murratal, dan tausiyah Ustad, ditayangkan film tentang Dakwah, dan penderitaan masyarakat muslim d luar negeri akibat terorisme Amerika dan Yahudi… Bahkan, mereka ga segan2 membaca slide2 religius di sela2 aktifitas kerja mereka, baca slide Palestina yang jumlahnya 204 slide berisi info terbaru dari Ikhwah kita disana… dahsyat kaan?? Ga hanya itu, setiap Jumat, jam 12- 1 siang buat akhwat ada pengajian khusus yang rada mirip halaqah yang biasa membuat in teringatkan peran In sebagai Hamba Allah….. pokonya speechless lah tentang riakan hati in yang senangnya ga ketulungan ini…

Menurut seorang bapak yang in kenal lumayan dekat, saking dekatnya kita sampai bahas harakah, di Unilever ini banyak banget yang memiliki afiliasi Islam yang cukup tinggi, jamaah juga ada beberapa termasuk di dalamnya salafiyah dan tarbiyah walaupun ingkar sunnah pun ada beberapa, bapaknya sendiri ex murabbi yang sekarang sangat intens mengikuti pengajian Ustad Abu Haidar. Sehari setelah ngobral banyak ama si bapak, in juga didatengin seseorang yang tiba2 nanya halaqah di kampus. Beliau adalah seorang ikhwan yang in cukup kenal dekat karena memang sering main ke sana buat nyari data… dan ikhwan ini lagi nyari guru ngaji, di sela-sela waktu makan siang yang memang cukup sering bareng, dia banyak memaparkan materi pokok yang biasa dibahas di halaqah, in yang mendengar cukup bisa tersenyum simpul senang mengetahui semakin banyak yang ngajak in ngebahas masalah agama,. Ya walaupun, ilmu in belum memadai, tapi in merasa cukup termotivasi dengan apa yang ada di sini… bahkan non-I nya pun baik2….

Dari segi penampilan, memang bisa dikatakan in mmng cukup kontras.. di sela2 ikhwan dengan jilbab yang bisa dikatakan lebar, bisa jadi membuat mereka jadi ga segan buat ngajak ngobrol… apalagi sikap in juga yang emang suka banget kenalan sama orang lain mulai dari karyawan, manajer sampai tukang bersih2…kan Cuma ketakwaan yang ngebedain qt d hadapan Allah, ya ternyata di sini banyak sekali org Sholeh, jadi malu rasanya. Shaum sunnah senin kamis pun tak luput dari mereka.. malu kalo ga puasa… fastabiqul khairat-nya krasa pisan…. Kebayang kan in hidup dalam suasana kerja yang seperti apa? Cukup islami lah…

Satu pelajaran yang bisa in ambil hikmah lagi adalah bahwa saat qt menunjukkan identitas diri kita, maka orang pun akan dengan mudah kenal dan bisa jadi itu adalah sebuah jalan untuk mengenal mereka menyentuh hati mereka dan bisa jadi dakwah kepada mereka….

KP yang sangat menyenangkan bukan.. ke-upgrade luar dalam bukan?? Semoga ilmunya bermanfaat dan jadi berkah.. pas keluar dari sini, in jadi orang yang jauh lebih baik percepatannnya dari segi profesi dan juga kualitas keislamannya.. itu aja. Makasih sudah mau baca.. semoga bermanfaat…

Advertisements

ke BeKasi naik kereta apii

ahad 6 juli 2008, jam 12.15 waktu Salman, aq klimpungan. jam12.45 kereta parahyangan yang dipesan sehari sebelumnya akan sgra brangkat. sampai ketinggalan beberapa benda yang cukup penting, ya sudahlah yang penting 12.40 aq nyampe dan segera duduk dengan manis di kursi 9 setelah sebelumnya salah masuk kabin.

subhanallah walhamdulillah. ini pngalaman pertama naik kereta ke tempat jauh sperti Bekasi. untungnya ada yang ngasih tau. deg2an takut salah, takut ga berhenti d stasiun bekasi

waah, subhanallah Maha Agung Allah yang telah ngasih Indonesia kekayaan alam yang begitu melimpah dan panorama yang begitu indahh. pmandangannya keren dahsyat, sampai gabisa tidur ngeliatnya. apalagi saat naik ke jembatan gantung, aq tampak heboh, sampai orang yang duduk disampingq ketawa cekikikan. dasar…

tapi tak apalah, aq hanya coba ungkapkan ekspresi kekagumanku pada Dzat Yang MAHA mENCIPTAKAN.

kreta brangkat dari BANDUNG jam 12.45 tepat, nyampe bekasi jam 15.30 nyampe rumah tegina jam 16.00. legaa nyampe juga, dengan pngalaman yang amat menyenangkan dan mengharukan dan dengan ongkos yang lebih ramah dan dengan kesan bisa kenal orang lain lebih banyak….

semoga berkah perjalanannya Ya Rabb, karena kalo Kau tak ridho buat apa

smoga KP-nya lancar ya, ntar oulang pergi bkasi pake kereta aja.

wallahu’alam bis showab

reAl KerJa Praktek, pngetahuan yang tak diperoleh saat duduk kuliah kaya biasa

apa kabar dunia??apa kabar keimanan dalam dadamu wahai saudara saudariku?

dalam dunia yang cukup berbeda, seminggu ini nampak begitu mengesankan untukku. Mendapatkan Unilever Cikarang sbg tempat KP membuatku banyak terinspirasi dan termotivasi untuk semakin menguatkan pendidikan keteknikkimiaanku sebagai sarana ku untuk dakwah dan memberikan maslahat terbaik untuk umat Islam,

di sana, aku benar2 hidup dalam suasana pabrik, disela desingan suara furnace dan desiran blower, dalam gemuruh fluida pendingin dalam pipa dan reaktor… dahsyat pisaaaannn (haha lebay). setiap hari keliling liat produk bahan kimia dibuat dan memperhatikan bagaimana org2 pabrik ngendaliin kondisi operasi optimum,,,waaah speachless buat iin maah..

orang2nya ramah, baik, mau berbagi ilmu, ga ragu nyediain waktu dan perhatian untuk sekedar ditanya2 olehqu yang masih bodoh dan tak berpengalaman ini. saat dikasih persoalan sama pembimbing, benar2 merasa ketantang karena itu bener2 masalah pabrik, ga cuma tulisan2 yang harus diselesaikan trus liat handbook. wah, aq jadi membayangkan bagaimana kehidupan sebagai seorang engineer yang benar. nampak memang harus menguasai teori dan lapangan.

pembelajaran KP yang baru berjalan 6 hari ini juga banyak ngasih latihan buat perbaikan kualitas diri, Allahu Akbar yang sudah ngasih kesempatan emas buat bisa belajar semakin sabar dan ikhlas. sabar itu ga cuma saat nunggu sesuatu tapi juga saat melakukan sesuatu, thats real i feel, dan bagaimana senyuman bisa membuat hati tersentuh. di control room sulfonasi memang ga semua orang S1 yang tau proses yang lagi mereka jalankan, keberadaan kami yang setaun lagi innsyaallah jadi ST, saat senyum, ramah tamah dan sikap simpati yang baik ada nampak terlihat sekali mereka begitu merasa dihargai.dan mengingat nama2 orang yang baru kita kenal ngebantu bgt buat bisa jadi lebih dekat.of course dekat for Allah.

KP ini masih akan berlangsung dalam waktu 7 minggu lagi, entah berapa banyak pelajaran lagi yang bisa aq peroleh, ntah brapa lagi orang yang bisa kukenal, ntah akan seperti apa lagi kasih sayang yang Allah kasih untukku. alhamdulillah alhamdulillah alhamdulillah, hanya berharap semakin lama di sana aku selalu dalam keadaan makin baik, hingga saat menginjak dunia kuliah sperti biasa, ruh dan keimanannya makin nambah

ga hanya aq, teman2 yang lain yang KP ataupun ga KP juga slalu Allah tarbiyah, slalu Allah kasih kesempatan2 emas buat makin baik dan makin sholeh aj. setiap kesempatan yang Dia kasih always berisi ladang sabar dan ladang syukur

fa bi ayyi aalaa i rabbikuma tukadziban

wahai manusia apa lagi yang membuat diri tak bersyukur padaNya, jangan karena setan yang bercokol dalam diri dan hawa nafsu yang menang atas fikir menjadikan kita tak mampu merasakan nikmatnya mengucapkan Alhamdulillah setap detik hidup kita. sykur nikmat heu euh.

buat para calon cendekiawan muslim yang bergerak di bidangnya masing2, teknik kimia, biologi, elektro, fisika, TL, matematik, geologi, if, kedokteran, pendidikan, jeung saterasna…. mari perkuat langkah kita…. di tangan para cendikiawan dulu (zaman Nabi,tabiin, tabiut tabiin, umayah, abassiyah, jst) ilmu pengetahuan benar2 berada di tangan orang2 muslim. dan tak mustahil zaman seperti itu akan terulang kembali dengan ikhtiar kita yang sungguh2. tetep ingetin iin ya…. sama2 berjuang.

wallhu’alam Bis Showab